Daftar Printer Foto Terbaik Dengan Harga Murah

0
378

Bagaimana cara memilih printer foto terbaik tapi harga terjangkau untuk kebutuhan cetak foto? Yuk kita simak penjelasannya!

Dulu ketika kita ingin mencetak foto maka kita harus pergi ke tukang foto. Kemudian menunggu sampai beberapa hari baru mengambil hasil foto. Tapi cara seperti ini sekarang tidak lagi terjadi. Perkembangan teknologi tidak hanya mengembangkan komputer dan alat-alat komunikasi lain. Sekarang untuk mencetak foto bisa dilakukan dengan langkah yang sangat mudah.

Anda bisa mencetak sendiri di rumah dan hasilnya akan langsung bisa jadi. Tidak perlu menunggu dan tidak perlu antri. Kemudian jelas kualitasnya jadi lebih baik. Dimensi dan tingkat ketajaman foto bisa diatur sedemikian rupa.

Nah untuk bisa mencetak foto dengan cepat ini maka ada alat yang dinamakan printer. Printer atau mesin pencetak ini bisa digunakan untuk mencetak foto secara khusus.

Tentunya kita sudah mengenal penggunaan printer sebagai mesin pencetak. Beberapa merek printer yang awalnya membuat mesin cetak kertas dan media lain sekarang mulai khusus membuat printer foto.

Baca juga: Mengenal Jenis Jenis Printer, Fungsi dan Contohnya

Mesin printer foto ini sangat diminati karena sekarang usaha atau bisnis yang menggunakan foto juga sangat berkembang. Jika Anda sedang mencari mesin printer foto maka lebih baik untuk menggunakan versi-versi terbaru dan terbaik. Kualitas dan harga bisa dibandingkan sehingga Anda puas dengan hasilnya.

Berikut ini adalah daftar printer foto terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Canon ImagePrograf Pro 500

rekomendasi printer foto terbaikPrinter yang memiliki ukuran desain yang cukup lebar ini ternyata sangat menarik dalam industri cetak foto. Sesuai dengan ukuran badannya, printer bisa mencetak sampai ukuran kertas 2A.

Printer bisa menghasilkan kualitas cetak foto yang sangat baik dan tajam. Anda bisa menggunakan beberapa jenis kertas untuk mencetak foto dengan printer ini seperti kertas glossy, kertas foto biasa, kertas kanvas, kertas Japanese.

Kemudian dari segi ketajaman warna memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena printer sudah dibekali dengan teknologi 12 warna untuk Chroma Optimizer. Hasilnya tingkat warna menjadi sangat akurat.

Printer bisa bekerja dengan baik untuk pekerjaan desain, desain grafis dan media lain. Namun sayangnya mesin printer yang berukuran lebar 43,1 cm ini memang khusus untuk cetak foto saja. Fungsi tambahan lainnya hanya untuk scan.

2. Canon imagePROGRAF PRO-1000

rekomendasi printer foto terbaikKemudian pada kelas selanjutnya diluncurkan seri Canon imagePROGRAF PRO-1000. Dibandingkan seri 500 sebelumnya, printer ini memang lebih canggih dan memiliki teknologi terbaru.

Printer ini bisa menghasilkan warna yang sangat alami dan kualitas warna yang sangat akurat. Adanya Lucia Pro Ink System telah mengatasi keluhan pelanggan tentang warna yang tampak gelap dari seri sebelumnya.

Kemudian printer ini juga memiliki sistem Full-Photolithography Inkjet Nozzle Engineering atau FINE sehingga bisa mencetak foto dengan resolusi sampai 4.800 x 2.400 dpi. Jadi bisa dilihat hasil cetak fotonya sangat akurat dan alami.

Selain itu printer bisa digunakan untuk membuat foto cetak dengan ukuran sampai 17×22 inci tanpa merusak kualitas warna setiap detail foto.

Dibandingkan seri sebelumnya, sebenarnya printer ini hanya menggunakan 11 jarum tinta warna dengan bekal teknologi Chroma Optimizer. Tapi ternyata hasil foto cetaknya sangat maksimal dan bisa membuat foto terlihat sangat nyata.

Kemudian dari segi kecepatan sebenarnya printer ini cukup bisa diandalkan. Dalam sebuah pengujian terbukti jika printer bisa mencetak foto ukuran A3 dengan waktu kurang dari 180 detik saja. Kemudian untuk transfer data sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti koneksi dengan ponsel, laptop, tablet dan jaringan WiFi.

Jika Anda mencari sebuah printer yang benar-benar berkualitas dan mampu menghasilkan cetak foto yang tajam maka model ini bisa Anda pilih.

3. Canon PIXMA Pro-100

rekomendasi printer foto terbaikBeda lagi dengan salah satu seri dari pabrikan Canon yaitu PIXMA Pro-100. Model printer ini bisa Anda gunakan untuk membuat cetak foto monochrome.

Mesin printer ini sudah dibekali dengan 8 catridge tinta seri CLI-42. Tiga diantara jarum catridge ini digunakan untuk mencetak foto model monochrome.

Hasil warna foto ini dikatakan tidak akan rusak dan tetap alami karena perpaduan warna yang sempurna. Beberapa diantaranya seperti warna hitam, abu-abu, abu abu cerah, magenta, kuning, cyan, photo cyan, dan photo magenta.

Kemudian untuk memberikan efek foto yang sangat nyata maka perpaduan foto abu-abu, hitam dan abu abu cerah bisa membuat foto menjadi sangat menarik. Tentu saja dengan adanya selipan teknologi ChromaLife100+ bisa membuat sebuah warna dari semprotan tinta menjadi sangat tajam.

Kelebihan lain dari model printer ini adalah ketika tinta habis maka Anda hanya perlu mengganti catridge tinta yang habis saja, jadi memang sangat hemat. Kemudian untuk hasil cetakan dengan teknologi FINE memang membuat hasilnya lebih tajam.

Printer ini bisa bekerja maksimal untuk kertas ukuran A3 dan katanya hasil cetakan bisa bertahan selama kurang lebih 20 tahun.

4. Canon PIXMA PRO-10

rekomendasi printer foto terbaikLalu pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah model dari Canon PIXMA PRO-10 yang memiliki kemampuan mencetak 10  warna gradasi. Hal ini karena printer telah diselipi dengan teknologi 10 color ink system.

Dimana ketika printer digunakan maka bisa memberikan hasil yang sangat halus, gradasi warna yang maksimal dan cocok untuk fotografer profesional.

Teknologi lain yang berbeda dengan model printer lain adalah pemakaian chroma optimizer dan kombinasi dari tinta monochromatic.

Sama seperti seri Pro-100, maka hasil cetak foto dari printer ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan gradasi warna monokromatik. Namun hasilnya lebih tajam, lebih hitam dan tidak kusam. Jika dicetak di kertas foto maka hasil juga lebih bercahaya.

5. EPSON Stylus Photo R2000

rekomendasi printer foto terbaikBerbeda dengan produsen CANON maka EPSON juga menghadirkan salah satu seri printer foti terbaik. Seri EPSON Stylus Photo R2000 dikatakan bisa membuat hasil foto tampak sangat asli dan warna yang lebih tajam dibandingkan printer lain.

Meskipun masih menggunakan 8 tinta set mulai dari hitam, biru, magenta, kuning, orange, kuning dan mate black ternyata hasilnya memang sangat tajam.

Perbandingan warna ini menjadi lebih menarik dengan adanya teknologi gloss optimizer sehingga hasil foto menjadi berkilau dan tebal. Bahkan meskipun Anda menggunakan printer rumahan ini hasilnya seperti ketika Anda mencetak di tempat cetak profesional.

Tambahan lagi dengan teknologi Epson UltraChrome Hi-Gloss® 2 yang membuat pengaturan warna menjadi sangat seimbang. Tampilan warna tidak akan berbeda dan sama persis seperti foto di kamera Anda.

Kelebihan lain dari model printer ini adalah bisa digunakan untuk kertas berukuran besar. Hal ini sesuai dengan kapasitas catridge yang mencapai 1,5 kali dibandingkan printer foto lain. Untuk kertas yang bisa digunakan bisa sampai A3 dan printer ini sudah terkoneksi secara nirkabel.

Jadi bekerja dengan printer ini memang akan lebih mudah.

6. EPSON L850

rekomendasi printer foto terbaikJika Anda memilih printer yang memiliki kecepatan tinggi maka jangan melupakan model printer EPSON L850.

Mengapa? karena kemampuan printer ini yang dirancang untuk bisa mencetak foto ukuran 4R hanya dalam waktu 12 detik. Bayangkan, betapa cepatnya mesin printer ini bekerja.

Meskipun printer ini bisa bekerja dengan cepat ternyata juga mampu menghasilkan cetak foto dengan tingkat resolusi sampai 5.760 x 1.440 dpi. Kemudian dengan teknologi khusus ternyata printer bisa menghasilkan warna tajam dan dinamis. Ini karena printer bisa bekerja sampai 4.8 ppm untuk foto berwarna dan 5 ppm untuk foto monochrome.

Tapi dibandingkan dengan model printer lain, memang penyimpanan tinta warna untuk printer ini hanya berjumlah 6 saja. Meskipun hanya 6 tinta tapi hasil warnanya sanggup memuaskan para fotografer.

Belum lagi ditambah dengan adanya sistem port USG 2.0 sehingga printer bisa dihubungkan dengan gadget. Lalu ada juga sistem Pictbridge yang membuat cara mencetak foto dilakukan dengan sangat mudah. Dengan adanya layar LCD ukuran 2.7 inch ternyata printer juga bisa melakukan fungsi lainnya untuk memindai foto.

7. CANON PIXMA PRO9500 MARK II

rekomendasi printer foto terbaikBeda lagi dengan model printer Canon Pixma PRO9500 MARK II yang sebenarnya dirancang untuk memperbaiki model sebelumnya.

Printer ini bisa membuat hasil cetakan foto menjadi sangat akurat dan sama persis dengan sumber aslinya.

Apapun sumber foto entah itu dari kamera, kamera ponsel, tablet atau kamera DSLR, semua akan membuat foto sangat nyata.

Selain itu juga dilengkapi dengan teknologi untuk membuat kecepatan printer menjadi lebih maksimal.

8. Epson Stylus Photo T60

rekomendasi printer foto terbaikModel Epson Stylus Photo T60 sebenarnya memiliki kelebihan yang mirip dengan model EPSON L850, yaitu bisa mencetak foto hanya dalam waktu 12 detik untuk ukuran 4R.

Tapi kelebihan lain dari model ini adalah bisa membuat kecepatan cetak kurang dari 12 detik jika menggunakan desain garis tepi. Bisa dibayangkan kalau mesin printer foto ini memang sangat cepat.

Lalu jika digunakan untuk mencetak foto hitam putih dengan ukuran A4 bisa membutuhkan waktu selama 27 detik. Dengan kecepatan tersebut ternyata tidak mempengaruhi hasil cetak fotonya karena sudah memiliki resolusi sampai 5.760 x 1.440 dpi.

Bedanya dengan model printer lain adalah model printer ini hanya menggunakan 6 jenis warna tinta yang berbeda. Semua tinta akan membutuhkan tempat catridge yang berbeda. Jadi kalau kehabisan warna salah satu tinta maka cukup diganti satu saja, tidak perlu semua ganti.

Dengan pertimbangan tersebut, printer foto ini lumayan hemat dan hasilnya tidak kalah dengan model lain. Ditambah lagi, printer ini sudah memiliki koneksi dengan Wi-Fi, USB port 2.0 dan Ethernet.

9. Canon Selphy CP1200

rekomendasi printer foto terbaikModel printer portabel sekarang juga banyak digunakan oleh para fotografer. Semua juga karena mudahnya menggunakan model printer ini. Salah satu printer portabel yang bisa Anda pilih adalah seperti Canon Selphy CP1200.

Model printer ini sangat mudah digunakan dan memiliki sistem jaringan yang sangat lengkap mulai dari jaringan Wi-Fi, USB, kartu memori dan PictBridge. Kemudian sebuah sistem bisa diinstal di ponsel iOS dan Android, dimana ini akan membuat Anda bisa mencetak foto dimana saja dan kapan saja.

Nah yang lebih menarik lagi, karena ini namanya printer portabel sehingga Anda tidak harus menggunakan listrik untuk mencetak foto.

Printer ini sudah menggunakan teknologi baterai, dimana baterai bisa diisi ulang dan ketika kapasitas baterai penuh maka bisamencetak foto sampai 54 lembar. Jika Anda melihat para fotografer di tempat wisata, maka mereka kemungkinan menggunakan model printer portabel ini.

10. Canon Pixma iP8770

rekomendasi printer foto terbaikLalu ada juga model dari Pixma iP8770 dimana printer ini menggunakan enam tempat tinta. Empat diantaranya adalah warna standar untuk printer foto yaitu cyan, kuning, magenta, dan hitam.

Kemudian ada dua tambahan warna yaitu abu-abu dan hitam pigmen. Jika dilihat dari kombinasi warna yang menggunakan warna abu-abu maka sebenarnya model printer ini juga unggul untuk cetak fofo monochrome.

Printer ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi My Image Garden dan Print Your Days, sehingga printer bisa terhubung ke beberapa perangkat seperti komputer dan ponsel. Anda bisa mencetak foto berdasarkan hari, peristiwa, orang dan lain-lain. Dan tambahan lagi dari model printer ini adalah bisa digunakan untuk mencetak dari beberapa media termasuk CD dan DVD.

11. Fujifilm INSTAX SHARE SP-2

rekomendasi printer foto terbaikBerbicara mengenai cetak foto maka kita tidak bisa melupakan kejayaan Fujifilm. Sekarang Fujifilm membuat sebuah printer dengan nama Fujifilm INSTAX SHARE SP-2 yang merupakan seri lanjutan dari generasi Instax Share SP-1.

Jika dilihat dari bentuk printernya memang model ini lebih kecil dan terlihat dengan desain minimalis. Bentuknya yang sangat kecil dan ringan bisa membuat printer mudah dibawa kemana saja. Dengan hasil kualitas foto 320 dpi ternyata bisa bekerja dengan sangat cepat hanya 10 detik.

Untuk menggunakan mesin printer ini maka Anda harus memasang aplikasi Instax Share dari App Store atau Google Play. Kemudian Anda hanya perlu membuat Wi-Fi menyala dan cetak foto sesuai keinginan Anda. Tentu saja Anda bisa memeriksa apakah perangkat ponsel Anda kompatibel dengan printer ini atau tidak.

Dari segi daya ternyata model terbaru ini sudah menggunakan sistem baterai isi ulang. Hanya dengan memenuhi isi baterai selama 90 menit saja sudah bisa mencetak foto sampai 100 lembar. Nah untuk Anda yang senang dengan edit foto maka printer ini menyediakan fasilitas seperti mengatur kontras, tingkat kecerahan dan saturasi. Ada juga model template foto seperti Collage dan Split.

12. Polaroid ZIP

rekomendasi printer foto terbaikSaat ini banyak kaum muda yang menyukai fotografi dan mencetak hasil fotonya sebagai kenang-kenangan. Salah satu tren yang tidak bisa ditinggalkan adalah model foto polaroid.

Sekarang Anda bisa menggunakan mesin Polaroid ZIP yang ukurannya sangat kecil dan mudah dibawa kemana saja.

Bayangkan saja mesin printer ini hanya berukuran 8 x 12 cm dengan tebal 3 cm.

Mesin printer sudah dibekali dengan baterai 500 mAh yang bisa bekerja untuk mencetak 25 lembar foto. Bedanya dengan model printer lain adalah kalau jenis printer ini hanya khusus mencetak foto kecil saja dengan dimensi tidak lebih dari 5×7.5 cm.

Kemudian dengan desain mini printer ini Anda juga tidak perlu mengisi printer. Karena printer ini membutuhkan jenis kertas khusus yaitu ZINK, dimana hasil warna foto tampak sangat alami dan cantik. Kertas perlu diisi ulang ketika Anda akan mencetak foto dengan model printer ini.

Dan enaknya lagi printer ini sudah dilengkapi dengan sistem koneksi yaitu melalui Bluetooth dari gadget Anda. Atau jika Anda tidak ingin repot maka cukup memasang aplikasi Polaroid ZIP dan dalam hitungan kurang dari 1 menit maka hasil foto Anda bisa terlihat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here