Pengertian Paypal, Cara Daftar & Keuntungan Menggunakan Paypal

0
51
Pengertian Paypal dan Cara Kerjanya

Dalam bisnis online memang membutuhkan metode pembayaran yang mudah dan aman. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis online adalah dengan menggunakan Paypal.

Paypal termasuk salah satu fasilitas keuangan secara virtual yang paling dipercaya di seluruh dunia. Meskipun ada beberapa metode lain tapi ini metode pembayaran yang paling terkenal dalam bisnis afiliasi.

Apakah Anda sudah pernah memiliki rekening Paypal? Atau justru baru akan membuat akun Paypal? Jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk belajar tentang Paypal. Berikut ini akan dijelaskan semua informasi mengenai pengertian Paypal.

Apa Itu Paypal?

Paypal sendiri sebenarnya adalah sebuah metode untuk melayani pembayaran secara virtual yang digunakan oleh pelaku internet marketer dan termasuk alat yang sangat aman.

Paypal berbentuk seperti rekening virtual dimana Anda bisa menggunakan Paypal untuk membayar transaksi atau mendapatkan pemasukan ke dalam Paypal. Paypal sendiri bekerja secara online yang kemudian juga didukung oleh bank.

Perbedaan Paypal dengan rekening bank biasa adalah tujuan penggunaan. Paypal bisa diakses di seluruh dunia dengan menggunakan internet, transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan sangat terjamin. Sementara rekening di bank biasa hanya berlaku untuk satu negara yang sama,baik transaksi antara rekening atau antar bank.

Setiap Paypal akan terhubung dengan alamat email dari pemilik akun Paypal tersebut. Nah beginilah akhirnya Paypal menjadi sistem transaksi yang sangat aman. Secara jelasnya bahwa Paypal bisa digunakan untuk melakukan semua transaksi secara online dan hanya membutuhkan internet, misalnya untuk membayar tagihan hotel ketika Anda menginap diluar negeri, membeli ebook, mengirimkan bantuan dalam bentuk e-money dan bahkan menerima keuntungan bisnis affiliate seperti dari Amazon.

Panduan Cara Membuat Paypal

Seperti ketika Anda membuat rekening di bank di Indonesia, maka Anda tetap membutuhkan syarat untuk bisa membuat akun Paypal. Salah satu syarat utama sebelum membuat Paypal adalah akun email.

Baca juga : Pengertian Reseller, Cara Kerja, Keuntungan & Tips Jadi Reseller Sukses

Akun email berarti menyatakan jika Anda sudah berusia lebih dari 18 tahun sehingga sudah mendapatkan pengakuan untuk bertindak menggunakan Paypal termasuk jika terlibat dengan cara kerja afiliasi. Berikut ini urutan untuk membuat akun Paypal.

√ Coba buka alamat Paypal di https://www.paypal.com , lalu klik “daftar”.

√ Saat ini Paypal sudah menyediakan dua jenis akun yang berbeda dengan fungsi yang berbeda juga. Anda bisa memilih apakah ingin membuat akun Paypal Personal atau Paypal Bisnis.Dimana perbedaannya adalah Anda bisa memilih akun yang bisa digunakan untuk fungsi pribadi atau untuk menerima pembayaran misalnya dengan bisnis afiliasi. Apa yang dimaksud dengan afiliasi contohnya adalah seperti Amazon, Ebay dan masih banyak lagi.

√ Kemudian isi data pribadi yang diminta oleh Paypal. Anda harus mengisi data-datanya secara jujur seperti apa yang tertera dalam KTP. Jika terjadi kesalahan maka pada akhirnya akun Anda tidak akan bisa di validasi dan tidak bisa digunakan.

√ Jika Anda takut lupa dengan semua keterangan yang dibutuhkan untuk tingkat keamanan, seperti pasword dan pertanyaan lain, maka lebih baik untuk mencatatnya dibuku khusus.

√ Setelah selesai maka Anda harus masuk ke dalam langkah Verifikasi Akun Paypal. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, tapi yang paling mudah adalah dengan menghubungkan kartu kredit dengan Paypal. Anda bisa membukanya di bagian Wallet di akun Paypal Anda, kemudian klik Tambah Kartu.

√ Lalu masukkan data kartu kredit Anda. Ini adalah proses yang sangat aman sehingga Anda tidak perlu khawatir.

√ Jika semua proses benar dan tidak ada kesalahan,maka Anda hanya perlu menunggu sebentar untuk berita bahwa akun Paypal Anda sudah diverifikasi.

Nah itulah semua panduan cara membuatnya untuk akun Paypal baik itu personal atau bisnis. Anda hanya perlu mengisi semua datanya secara hati-hati agar tepat dan tidak ada kesalahan.

Jika ternyata akun Paypal Anda tidak bisa diverifikasi maka sebenarnya akun Anda masih tetap bisa digunakan untuk menerima atau membayar. Namun kelemahannya adalah terkadang pihak Paypal secara tiba tiba akan menonaktifkan akun Anda. Jadi pastikan akun Anda memang sudah diverifikasi.

Mengapa Harus Menggunakan Paypal?

Banyak pelaku bisnis internet marketer atau yang terlibat dengan bisnis afiliasi maka akan merasa jika Paypal adalah kebutuhan yang sangat penting. Sebelumnya Anda mungkin belum paham mengenai apa yang dimaksud dengan afiliasi.

keuntungan paypal

Ini adalah bisnis untuk menggunakan fasilitas internet termasuk seperti internet marketer yang bermitra dengan Amazon atau jenis mitra lain. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini bisa dengan lebih mudah masuk ke Paypal kemudian baru ditarik ke rekening bank di Indonesia. Jadi apa kelebihan menggunakan Paypal? Simak ulasan dibawah ini.

√ Sangat Aman

Mungkin Anda khawatir dengan kejahatan kaum hacker yang benar-benar bisa merugikan. Ternyata jika Anda menggunakan Paypal maka ini adalah cara yang sangat aman. Anda tidak perlu khawatir ketika menghubungkan kartu kredit atau rekening bank dengan akun Paypal.

Karena cara verifikasi kartu kredit sebenarnya hanya perlu dilakukan satu kali saja. Dengan cara ini maka rahasia data kartu Anda menjadi sangat aman dan Anda bisa menggunakan Paypal untuk transaksi kapan saja.

√ Bersifat Mudah dan Sangat Fleksibel

Akun Paypal juga memiliki sifat sangat fleksibel. Ini bisa Anda lakukan dengan cara menghubungkan Paypal dengan kartu kredit atau kartu debit. Akhirnya Anda bisa menggunakan akun untuk berbelanja, kapan saja dan dimana saja. Anda hanya perlu mencari penghasilan agar Paypal Anda mendapatkan pemasukan secara rutin, seperti dengan bisnis apa itu afiliasi.

√ Transaksi Yang Sangat Mudah

Akun Paypal Anda juga bisa digunakan untuk bertransaksi termasuk untuk mengirimkan uang ke berbagai negara tanpa batas. Anda hanya perlu membuka akun Paypal kemudian lakukan transaksi untuk mengirim uang.

Anda bisa mengirim uang langsung ke akun Paypal teman atau saudara, atau bahkan juga memasukkan uang ke rekening dalam negeri. Bayangkan Anda tidak perlu keluar rumah atau keluar kantor untuk melakukan semua transaksi ini.

√ Bisa dijalankan dengan App iPhone

Saat ini Anda juga sudah bisa menggunakan semua aktifitas dalam Paypal menggunakan iPhone. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini kemudian Anda bisa melakukan berbagai aktifitas keuangan virtual dengan mudah.

Misalnya seperti membayar tagihan kartu kredit, mengirimkan uang, transfer ke rekening, belanja online dari toko-toko seperti Amazon atau eBay dan masih banyak lagi. Intnya Anda bisa melakukan semua pekerjaan ini dari jari Anda.

Kekurangan Paypal

Paypal sudah memiliki desain keamanan dan berbagai fitur lain yang bertujuan untuk melindungi pengguna Paypal di seluruh dunia. Namun tetap saja ada celah yang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Tips Cara Jualan Online Di Facebook – Mudah Tapi Efektif

Namun kelemahan ini hanya bisa terjadi jika: mengirimkan data pribadi secara virtual ke alamat tertentu, terkena email penipuan, dan kesalahan yang paling fatal adalah Anda tidak tahu cara menggunakan Paypal yang paling aman.

Nah itulah semua informasi tentang Paypal yang bisa Anda ikuti. Bagaimanapun sistem pembayaran virtual ini memang berubah dan mengikuti perkembangan jaman. Jadi pastikan jika Anda ingin menggunakan Paypal maka gunakan dengan cara yang aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here