Cara Menentukan Niche Blog Yang Potensial

0
24

Saat sudah memiliki blog maka tugas lain yang sangat penting adalah mengelola blog dengan baik. Meskipun ini terlihat mudah tapi sebenarnya tidak. Blog membutuhkan konsistensi yang sangat tinggi sehingga blog selalu hadir dengan tulisan baru. Bahkan ada syarat yang sangat berat untuk blog yang sudah ramai pengunjung, seperti harus ada tulisan baru setiap hari.

Jadi bayangkan saja berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah blog. Karena itu hal lain yang sangat penting adalah membuat niche atau ceruk blog yang benar-benar mendukung blog Anda. Terutama adalah niche yang memancing banyak pembaca sehingga menjadi motivasi untuk mengelola blog dengan baik.

Lalu bagaimana cara menentukan niche blog agar banyak pembaca? Berikut tips yang bisa Anda coba lakukan.

Niche yang Menjadi Minat Anda


Hal pertama untuk menentukan niche atau ceruk mana yang akan menjadi tema blog adalah harus berdasarkan kesukaan. Hal ini penting untuk mencegah agar tidak menyerah dengan isi blog setelah beberapa bulan blog diluncurkan.

Ketika Anda memiliki niche yang disukai maka Anda bisa menulis dengan hati yang riang. Anda tidak perlu membayar penulis karena harus mengisi blog dengan niche yang tidak Anda kuasai.

Bahkan dengan niche yang sesuai dengan kesukaan maka mengelola blog bukan menjadi pekerjaan utama. Itu menjadi hobi yang menyenangkan sehingga Anda selalu semangat untuk mengelola blog. Beberapa pertimbangan ketika memilih niche yang menarik minat adalah seperti:

  • Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk membuat artikel. Sehingga blog Anda lebih berkualitas.
  • Anda juga bisa mengabaikan blog karena merasa sudah menguasai.
  • Anda bisa saja tidak memiliki ide baru.
  • Anda terpengaruh oleh pembaca.
Baca Juga  Kesalahan Dalam Memilih Niche Blog Yang Harus Dihindari

Jangan Lupakan Riset Pasar


Membuat blog menjadi hal yang menguntungkan adalah harus sesuai dengan isi pasar. Anda bisa menjaga agar isi blog selalu mendapatkan perhatian dari pembaca.

Cara ini bisa dimulai dengan menentukan pasar blog Anda. Misalnya jika Anda akan memilih niche tentang olahraga atau fitness. Lalu lihat seberapa besar pasar mengenai artikel ini.

Anda bisa melihat apakah pasar ini cukup besar atau tidak adalah dengan menggunakan tools dari mesin pencari. Misalnya dengan analisa dari Google Trends. Pelajari semua grafik dari niche ini sehingga Anda tidak salah dalam memilih niche.


Lihat Kompetisi


Melihat pasar blog sebenarnya sama seperti melihat pasar untuk benda dari produksi atau jasa. Anda harus siap untuk berkompetisi dalam pasar sehingga tahu mana niche yang bisa membantu Anda.

Anda bisa mencoba memilih niche dengan angka persaingan yang kecil. Tapi pertimbangkan apakah niche tersebut memiliki banyak pembaca atau tidak.

Jadi sebelum memilih niche yang tepat maka lakukan beberapa pengujian. Bahkan Anda bisa meneliti dari web atau blog lain yang sudah keluar dan eksis dalam waktu lama.


Pilih Niche yang Menguntungkan


Memang ada banyak niche yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menentukan niche sesuai dengan kesukaan karena itu memang blog Anda sendiri. Tapi pertimbangkan juga bahwa pemilihan niche harus menguntungkan blog. Anda bisa memilih mana niche yang benar-benar bisa mendatangkan keuntungan.

Saat Anda melakukan penelitian maka Anda bisa melihat mana niche yang menguntungkan dan mana yang tidak. Beberapa niche yang sangat menguntungkan hingga saat ini adalah seperti: keuangan, gaya hidup, kesehatan, kecantikan, makanan, fashion, otomotif dan hobi.


Lihat Apa Keinginan Pembaca


Membuat atau menentukan niche juga harus mengikuti keinginan pembaca. Ketika Anda memilih niche yang sepi peminat maka biasanya blog tidak mendapatkan kunjungan yang banyak. Tapi jika niche banyak diinginkan pembaca, maka biasanya juga memiliki persaingan yang ketat.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Jenis & Keuntungan Punya Blog

Jadi sangat penting sekali untuk melihat apakah niche tersebut diinginkan pembaca atau tidak. Jangan sampai membuat niche yang justru sepi peminat. Dan Anda harus memiliki strategi untuk mengalahkan pesaing.


Pertimbangkan Komunitas


Hampir semua blog baru akan menemukan kesulitan untuk mendapatkan pembaca. Karena itu saat Anda memilih niche maka pertimbangkan juga komunitas.

Ketika Anda sudah tergabung ke dalam komunitas maka isi blog Anda bisa dibaca dan disebarkan dalam komunitas. Misalnya saja komunitas buku, komunitas penulis, komunitas hobi yang sama dan berbagai jenis komunitas yang lain.

Dengan langkah ini maka niche tidak hanya menarik untuk blog tapi juga bisa membuat blog mendapatkan keuntungan besar.


Tujuan Blog


Saat Anda memilih sebuah niche maka Anda juga harus melihat tujuan dari blog yang sebenarnya. Cara ini sangat efektif untuk melihat jika blog bisa mendatangkan keuntungan termasuk uang dan koneksi.

Jika blog hanya untuk kepentingan pribadi maka niche bisa dipertimbangkan dari kesukaan. Tapi hal ini bisa membuat blog sepi pengunjung. Jadi memang sangat penting untuk melihat tujuan dari blog sehingga bisa benar-benar menemukan niche yang sesuai.

Itulah beberapa cara menentukan niche blog yang potensial dan agar banyak pembaca. Hal yang sangat penting adalah melakukan dari tahap ke tahap dan hindari semua kesalahan ketika menentukan niche.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here