Kesalahan Dalam Memilih Niche Blog Yang Harus Dihindari

0
182

Memilih niche yang tepat adalah langkah awal dalam membangun sebuah blog. Karena menentukan topik/niche ini adalah bagian dari riset. Sehingga nanti kedepannya akan lebih mudah dalam membuat artikel yang saling berhubungan.

Meskipun Anda sudah menentukan niche seperti pada artikel sebelumnya, tapi sebuah kesalahan bisa terjadi. Kesalahan ini bisa berakibat fatal karena blog yang sudah dibangun akan sia-sia saja. Untuk itu hindari semua kesalahan dalam memilih niche, seperti berikut ini.

Tidak Fokus dan Kehabisan Ide


Banyak blogger baru yang memilih niche hanya karena niche itu sedang ramai. Namun sebenarnya blog bisa tidak terupdate karena pemilik blog kehilangan ide.

Ide yang tidak diperbarui atau selalu sama dengan yang lain memang akan membosankan untuk pembaca. Karena itu pastikan Anda menghindari semua kesalahan ini. Pastikan niche yang Anda pilih bisa berkembang luas.


Hanya Karena Produk


Membuat sebuah blog untuk mendapatkan sponsor tentu sangat menyenangkan. Anda bisa membuat blog menghasilkan keuntungan dalam waktu yang cepat. Tapi akhirnya blog tidak akan berkembang dan bisa mati dalam waktu yang cepat.

Hal ini karena blog tersebut tidak bisa mengikuti produk yang berkembang atau bahkan ada masalah dengan sistem hukum ketika promosi produk. Misalnya saja model niche yang mengambil produk dari Amazon.


Niche Hanya Berdasarkan Passion


Memang memilih niche yang berdasarkan passion sangat disarankan. Banyak blogger ahli yang menyarankan hal ini. Tapi ternyata Anda harus berpikir dengan logika untuk memilih niche yang bisa menghasilkan uang juga. Hal ini sangat penting untuk mendukung keuangan dari blog Anda.

Sementara hanya memilih niche karena passion justru bersifat menjebak. Suatu saat Anda bisa bosan dan tidak tertarik lagi. Kemungkinan passion Anda tidak bisa berkembang karena kurang pembaruan dan dikalahkan oleh ego. Jadi suatu saat blog Anda bisa hancur sendiri.


Penelitian Yang Terburu Buru


Penelitian menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan niche. Tapi ternyata banyak blogger yang melakukan penelitian singkat. Saat sudah tahu kalau niche itu akan menghasilkan uang maka langsung saja eksekusi membuat blog.

Ini hal yang sangat sering terjadi dan menjadi kesalahan yang sangat besar. Jika orientasi hanya pada uang maka blog pasti tidak akan bertahan lama. Hal ini karena tidak semua pembaca hanya melihat potensi tersebut tapi juga potensi informasi yang tersedia dengan luas dan seperti tidak mengharapkan imbalan.


Memilih Niche Yang Mudah dan Tidak Potensial


Kesalahan lain dari pemilik blog adalah bahwa mereka memilih niche yang mudah. Mudah dalam artian sumber informasi yang banyak dan tidak perlu banyak modal. Juga niche dengan artikel yang bisa dibuat sendiri.

Namun ini sangat salah karena blog menjadi tidak potensial. Informasi terlihat dari hasil copywriting dan mudah ditemukan di blog lain. Bahkan blog Anda juga bisa kalah dalam persaingan. Sehingga akhirnya blog tumbang dan tutup. Karena itu hindari kondisi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here