Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat & Menarik

0
73

Cara memilih nama domain baiknya tidak asal-asalan atau tebak secara acak. Karena sesungguhnya Nama Domain adalah Brand Anda. simbol bisnis Anda. sehingga untuk menetukan nama domain yang menarik diperlukan riset dan pemilihan kata yang tepat.

Sebelum Anda membuat sebuah web maka tentunya setelah memahami domain (cari tahu Apa Itu Domain?), Anda bisa tahu bahwa Anda harus menentukan nama domain. Nama yang Anda pilih kemudian bisa dipesan dan dilakukan pembelian berikut dengan hostingnya. Lalu bagaimana cara memilih nama domain? Berikut petunjuk yang bisa Anda ikuti.

1Kreatif, Mudah Diingat dan Menunjukkan Brand Anda

Ketika Anda ingin membuat sebuah alamat website maka Anda harus memilih sebuah nama yang menunjukkan ciri khas, mudah diingat, tidak membingungkan dan menunjukkan brand yang Anda kembangkan. Nama ini bisa berhubungan dengan tujuan web Anda seperti untuk penjualan online, bisnis online, atau pribadi. Anda juga harus memikirkan bahwa nama domain ini mudah diingat dan diketik di mesin pencari oleh calon pengunjung web.

2Tidak Terlalu Panjang

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan sebuah nama yang pendek dan tidak terlalu panjang. Semakin panjang dan berisi kode seperti tanda “ – “  maka akan semakin sulit untuk diingat. Jadi tentukan nama dengan tidak lebih dari 17 karakter huruf. Hindari juga angka yang mungkin sulit untuk diingat.

3Nama Domain Sesuai dengan Tujuan Website

Lalu sebaiknya nama domain juga harus sesuai dengan tujuan website Anda. Misalnya Anda ingin bisnis online dengan merek “celana gombrong” maka lebih baik nama web nya celanagombrong. nama ekstensi. Ini sangat penting untuk mendukung sistem SEO yang bekerja untuk web Anda sehingga bisa mendukung bisnis Anda.

Baca juga: Manfaat Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis

4Lakukan Riset

Sebelum Anda memilih nama domain sebaiknya juga disarankan untuk melakukan riset. Jangan sampai nama domain itu tidak identik dengan tujuan web Anda atau mirip dengan web lain yang memang sudah memiliki angka kunjungan yang tinggi. Jadi jangan hanya karena suka sebuah nama tapi harus mendukung tujuan pencarian Anda.

5Pikirkan dengan Target Area Website

Ketika mendaftarkan SEO untuk web Anda maka Anda juga harus memikirkan tentang target area. Nah ini juga sangat penting untuk menentukan nama web Anda. Jangan sampai nama dan target tidak sesuai. Misalnya target area luar negeri tapi nama web berbau bahasa Indonesia, maka itu juga akan sulit untuk dikenali.

6Cek Nama Domain Agar Tidak Sama dengan Brand Lain

Saat Anda melakukan riset maka cobalah untuk melihat apakah nama domain tersebut sudah digunakan oleh merk atau brand lain. Untuk menunjang agar brand bisa dikenal dengan cepat maka sebaiknya nama email, semua nama akun sosial media dan brand juga harus sama. Ini bisa memudahkan pengunjuang atau pelanggan Anda tidak sulit untuk mengakses brand Anda. Kemudian juga bisa melindungi brand Anda dari masalah hukum akibat penyalahgunaan nama.

7Pilih Extension Domain yang Sesuai

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan nama extension domain yang sesuai. Ini langkah yang sangat penting agar web tersebut bisa dikenal dengan mudah dan sesuai dengan bisnis yang Anda kembangkan. Anda tidak harus memilih nama ekstensi .com tapi juga nama lain sesuai kegunaan web seperti .id, .net dan lainnya.

Nah itulah tips cara mententukan nama domain yang tepat dan menarik. Cukup mudah bukan? Setelah Anda memahami ini maka alangkah lebih baiknya melakukan praktek dan menekuni beberapa ilmu lain yang sama pentingnya dengan domain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here