10 Daftar Marketplace Terbaik di Indonesia yang Menguasai Pasar Online

1
378

Perkembangan marketplace di Indonesia menjadi salah satu dukungan yang sangat besar untuk perkembangan ekonomi Indonesia. Pada awalnya model marketplace tidak terlalu dilirik seller dan pembeli. Namun akhirnya sekarang dengan adanya dukungan dari perkembangan teknologi, akhirnya juga membuat adanya marketplace mendukung pasar ekonomi yang sangat besar.

Kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai marketplace ini tidak hanya tentang proses pembayaran atau kualitas produk. Tapi juga munculnya berbagai macam seller yang awalnya hanya mencoba model transaksi digital sampai menjadi level seller besar atau setara grosir. Dengan munculnya berbagai macam perubahan dalam ekonomi digital ini akhirnya semua marketplace saling bersaing untuk mencapai target bisnis yang lebih besar.

Baca juga: Apa Itu Marketplace? Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

Nah untuk Anda yang bingung mau mengunjungi marketplace yang mana? Simak dulu daftar marketplace besar di Indonesia dibawah ini.

1# Tokopedia

Marketplace terpopulerSiapa yang tidak kenal dengan Tokopedia? Semua orang pasti tahu jika Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang paling lengkap di Indonesia. Marketplace yang diresmikan sejak tahun 2015 ini menjadi salah satu tempat paling lengkap untuk mencari produk dan menjual produk.

Seller dan buyer bisa berkomunikasi dengan sistem chating tanpa dicampuri oleh pihak Tokopedia. Bahkan karena saking berkembangnya Tokopedia akhirnya marketplace ini berhasil meluluhkan SoftBank Internet & Media Inc dan Sequoia Capital untuk menelurkan investasi dengan nilai total kurang lebih Rp 1.2 triliun.

Tokopedia menyediakan layanan yang lengkap mulai dari penjualan produk ready stok, PO dan juga produk digital seperti pulsa.

2# Lazada

Marketplace terbaikMelihat di tempat kedua adalah sebuah pusat belanja lewat ponsel dan komputer yang sudah terkenal lebih dulu. Ya, Lazada memang menjadi salah satu pusat toko online yang lebih dulu lahir pada tahun 2012.

Lazada menjadi salah satu penguasa marketplace besar karena tiangnya yang lebih kuat. Ini dibuktikan bahwa Lazada Indonesia adalah salah satu model ekspansi dari Lazada di beberapa negara Asia seperti Malaysia, Vietnam, Filiphina, dan Thailand.

Konsep marketplace ini sangat lengkap dengan tampilan yang lebih rapi karena pengunjung bisa mendapatkan produk hanya dengan pencarian yang mudah.

3# Bukalapak

Marketplace terpopulerUntuk model marketplace dengan konsep C2C lain yang sangat berkembang di Indonesia adalah Bukalapak yang dimiliki oleh PT. Bukalapak. Pada dasarnya konsep toko ini serupa dengan marketplace seperti Tokopedia.

Seller dan buyer bisa melakukan transaksi penjualan dan pembelian dengan fasilitas yang disediakan oleh Bukalapak. Semua seller bisa membuka toko dengan bebas mengikuti aturan Bukalapak. Dan pembeli bisa mencari produk lewat kolom pencarian.

Konsep yang sama persis dengan marketplace lain. Perusahaan yang didirikan oleh pengusaha dalam negeri Achmad Zaky ini masih mendapatkan kepercayaan yang cukup tinggi dari konsumen di seluruh Indonesia.

4# Shopee

marketplace baru terpopulerKehadiran Shopee memang menjadi salah satu daya tarik persaingan marketplace di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa Shopee  banyak diminati oleh seller dan buyer dengan penawaran program gratis ongkos kirim. Kemudian juga adanya fitur live chat yang bisa membuat seller dan buyer berkomunikasi langsung tanpa hambatan.

Sekarang ini bahkan shopee menjadi salah satu marketplace yang paling banyak digunakan atau sekedar dikunjungi oleh calon pembeli dan seller. Ditambah lagi dengan jargon di iklan yang membuat semua orang di Indonesia akrab dengan Shopee.

5# Blibli

ecommerce terpopulerNah jika Anda ingin merasakan belanja di marketplace dengan konsep seperti di mall besar maka Anda bisa langsung mengunjungi Blibli. Berbeda dengan konsep marketplace yang lain ternyata Blibli mampu menarik pelanggan yang sudah terbiasa berbelanja di mall besar beralih ke blibli.

Sebagai salah satu anak perusahaan dari PT Global Digital Niaga, kekuatan modal Blibli memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Inilah yang akhirnya membuat Blibli mampu menjadi pilihan konsumen dengan pangsa khusus di Indonesia.

Kemudian sejak diluncurkan pada tahun 2010, Blibli memang selalu menarik minat konsumen yang ingin mendapatkan berbagai produk dengan mudah, termasuk produk yang tergolong mewah.

6# Bhinneka

ecommerce-terpopulerTentu jika membicarakan produk elektronik dan komputer maka kita memang membutuhkan tempat khusus. Namun Anda tidak perlu keluar rumah karena sejak berdirinya Bhinneka pada tahun 1993, peminat produk elektronik tidak harus pergi ke toko secara manual.

Mengingat bahwa Bhinneka sebagai salah satu marketplace yang lahir lebih awal dibanding marketplace yang lain tentu kita harus menghargai Bhinneka sebagai toko online yang mampu bertahan. Nah inilah yang membuat toko yang didirikan oleh Hendrik Tio ini sebagai salah satu sesepuh marketplace di Indonesia.

7# JD.id

marketplace terpopulerJika kita melihat lagi perkembangan marketplace di dunia maka semua itu tidak bisa dilepaskan dari dunia marketplace di Tiongkok. Katakan saja siapa yang tidak mengenal Alibaba salah satu bisnis yang melambungkan nama Jack Ma.

Salah satu saingan dari Alibaba yang akhirnya berekspansi ke Indonesia adalah JD.id. Sejak resmi berbisnis di Indonesia pada tahun 2015 ternyata jumlah pengunjung marketplace ini terus berkembang.

8# Elevenia

marketplace-terbaikElevenia yang menjadi salah satu anak bisnis PT XL Planet juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Konsep marketplace dengan sistem open market ini mampu meningkatkan nilai penjualan dari tahun ke tahun. Bahkan jumlah keuntungan yang diterima oleh Elevenia terus meningkat.

Salah satu keunggulan dari Elevenia sendiri adalah menawarkan berbagai macam produk yang bersumber lebih dari 17 ribu seller. Jadi bisa dibayangkan betapa lengkapnya marketplace ini.

9# ZALORA Indonesia

ecommerce-indonesiaPendiri Zalora yaitu Catherine Sutjahyo telah memilih konsep bisnis yang paling tepat dimana saat diluncurkan pada tahun 2012 memang belum banyak pesaingnya.

Zalora Indonesia sendiri memang masih menjadi anak buah grup bisnis besar Zalora yang sebelumnya sudah beroperasi dri Malaysia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filiphina dan Thailand. Zalora sendiri memang salah satu anak buah dari perusahaan online Zalando yang masih satu proyek dengan Rocket Internet.

Zalora memiliki permainan yang berbeda dan sangat khusus karena bergerak dalam bidang fashion. Pelanggan bisa menemukan berbagai merk pakaian dalam dan luar termasuk model-model keluaran terbaru.

Bahkan yang paling menarik adalah program penawaran gratis ongkir dan produk yang tidak sesuai bisa dikembalikan lagi. Jadi untuk belanja pakaian memang tidak perlu ke mall lagi.

10# MatahariMall.com

ecommerce-terbesarLalu siapa lagi yang tidak tahu toko Matahari. Kita bisa mengenal Matahari Departemen Store yang banyak beroperasi di pusat perbelanjaan besar di seluruh Indonesia. Akhir-akhir ini memang pelanggan Matahari beralih ke marketplace Matahari yang diberi nama Mataharimall.com.

Pada dasarnya sama seperti ketika Anda berbelanja di toko fisik maka produk yang dijual di mataharimall.com juga memiliki merk. Jadi tidak ada bedanya hanya saja Anda tidak perlu berjalan ke toko secara langsung. Semua sistem transaksi dilakukan secara digital sehingga sangat nyaman.

Jadi itulah informasi tentang daftar marketplace besar di Indonesia. Munculnya berbagai macam marketplace ini juga menandai bahwa negara Indonesia bisa mengikuti konsep ekonomi global.

Mataharimall adalah merupakan versi online dari salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, yakni Matahari Departemen Store. Mataharimall.com akan menjadi e-commerce asli Indonesia, dan akan menjadi yang terbesar sekaligus terlengkap.

Jhon Riyadi selaku Direktur Grup Lipo menjelaskan, Grup Lippo telah menginvestasikan dana sebesar US$ 500 juta atau setara dengan Rp 6,5 triliun untuk operasional mataharimall.com selama 2-3 tahun ke depan.

Meskipun saat artikel ini diterbitkan mataharimall belum layak dinyatakan sebagai yang populer di indonesia, tapi tentu tidak lama lagi akan menjadi situs online terbesar, karena banyak keunggulannya seperti mempunyai toko offline di berbagai kota di indonesia dan pengalaman mereka dalam mengelola bisnis jual beli.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here