Alasan Mengapa Anda Mesti Beralih Akun Ke Instagram Bisnis

0
298

Sejak tahun 2016 memang Instagram sudah mengenalkan Business Profile yang bisa diakses oleh semua penggunanya. Karena pembaruan ini akhirnya banyak pebisnis atau pemiliki toko online yang sering menggunakan Instagram sebagai media promosi beralih dari akun pribadi ke Business Profile.

Instagram bukan satu-satunya sosial media yang melakukan perubahan ini. Karena sebelumnya sosial media seperti Facebook sudah lebih dulu melakukan inovasi ini. Hanya saja Facebook masih terlihat lemah dan kurang kuat untuk kepentingan bisnis. Pelajaran ini diambil alih oleh Instagram yang melakukan beberapa perubahan pada kepentingan bisnis ini.

Kelebihan Instagram Bisnis

Jika Anda mencoba untuk berpindah ke Business Profile maka ada beberapa perubahan yang terjadi pada akun. Tidak mudah memang tapi pada akhirnya bisa memberi keuntungan yang luar biasa terutama jika Anda bergerak dalam mode pemasaran online.

Anda mungkin masih belum percaya jika belum tahu detailnya. Berikut akan kami bahas satu persatu mengenai kelebihan instagram bisnis paling menguntungkan.

  1. Tanpa Biaya

Instagram sangat memperhatikan penggunanya di seluruh dunia. Selama ini memang banyak pengguna Instagram yang menggunakan media ini untuk berbisnis. Karena itu ketika Instagram merubah adanya fitur Instagram Bisnis maka jika Anda beralih ke mode ini, tidak perlu membayar biaya apapun.

Tidak ada kontrak yang ditawarkan oleh Instagram sehingga Anda bisa menggunakannya dengan bebas. Hanya tinggal merubah pada beberapa fitur dan Anda bisa menikmati fitur Bisnis yang lebih mudah menjangkau bisnis Anda.

  1. Sangat Mudah Dan Cepat

Instragam memahami bahwa banyak pengguna yang memakai Instragam karena fitur yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Akhirnya untuk bisa menggunakan fitur Instagram Bisnis maka Anda juga tidak perlu belajar secara khusus.

Semua pemakai Instagram bisa merubah ke fitur ini tanpa harus belajar karena tinggal klik klik pada beberapa tempat dan hasilnya sudah jadi. Hanya saja untuk bisa mengaktifkan fitur ini maka lebih baik Anda sudah menyiapkan Instagram yang sudah terhubung ke akun Facebook dan Facebook Page. Jika syarat ini sudah terpenuhi maka mudah saja merubah akun ke Instagram Bisnis.

  1. Penyajian Data yang Lengkap

Menggunakan Instagram bisnis tak rubahnya seperti menggunakan website atau toko online. Mengapa? Karena ternyata Instagram Bisnis sudah bisa menyajikan data yang sangat lengkap dan mudah untuk diakses. Hal ini tergambar dalam fiturnya Insight Data. Dengan adanya data ini maka Anda mudah untuk melihat beberapa hal seperti:

  • Aktifitas interaksi pada kunjungan profile, website clicks pada bio.
  • Jangkauan dan impresi akun.
  • Jumlah Like
  • Jumlah comment
  • Jumlah send
  • Favorit dari semua foto yang diposting.
  • Sementara untuk informasi pengikuti Anda bisa tahu mengenai lokasi, jenis kelamin, usia dan jam online dari followers akun Anda.

Dengan adanya penyajian data yang sangat lengkap tersebut, maka Anda bisa melakukan beberapa hal pada konten. Seperti pada beberapa hal, yaitu:

  • Tahu apa saja posting konten yang paling disukai.
  • Tahu jenis followers yang aktif di akun Anda.
  • Tahu kapan harus publish posting sesuai kesukaan followers.
  • Tahu dengan tepat dan detail lokasi yang mengakses akun Anda.
  • Anda bisa tahu kapan harus membuat dan menyiapkan konten.
  • Anda tahu kapan harus berinteraksi dengan followers.
  • Dan juga tahu bagaimana mendapatkan peningkatan followers yang konsisten.
  1. Adanya Tombol CTA

Bagi bisnis yang berkembang secara online, maka sangat penting sekali untuk mengarahkan calon pelanggan agar bisa atau mau melakukan transaksi atau kontak bisnis. Hal ini juga sangat dipertimbangkan oleh Instagram sehingga ada beberapa hal yang berubah ketika Anda mau menggunakan Instagram Bisnis.

Kemudahan ini ternyata ada pada bagian CTA untuk kontak nomer telepon, email, dan maps. Dengan adanya tiga tombol CTA ini maka konsumen atau calon pelanggan mudah mengakses bisnis Anda hanya dari Instagram.

  1. Adanya Kategori Bisnis

Sama seperti ketika mengelompokkan sebuah bisnis maka Instagram bisnis juga dilengkapi dengan adanya kategori bisnis. Dengan cara ini maka Anda bisa mendapatkan pelanggan atau calon pelanggan yang sesuai dengan kategori bisnis. Dalam artian memang lebih tepat sasaran.

Fitur ini akan aktif secara otomatis misalnya untuk kategori travel, belanja dan ritel, desain dan fashion, keuangan, penulis, website,blogger, dan masih banyak lagi. Bahkan dengan memiliki kategori ini maka pemilik bisnis bisa memasang iklan.

  1. Akun Terlihat Lebih Profesional

Jika Anda merubah akun pribadi Instagram menjadi akun bisnis maka Instagram akan terlihat lebih profesional. Ini akan meningkatkan nilai persaingan bisnis dan juga kepercayaan konsumen Anda.

Tampilan ini juga sangat nyaman sehingga orang yang melihat tahu bahwa itu adalah akun bisnis yang profesional. Sebenarnya ini juga sangat penting untuk meningkatkan nilai branding bisnis Anda.

  1. Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Karena ini adalah akun sosial media yang dirubah menjadi akun bisnis maka terlihat lebih profesional dan nyaman. Kemudian dukungan dari penawaran untuk menambah jumlah like, jumlah komen dan jumlah follower juga sangat baik untuk meningkatkan jumlah pelanggan potensial. Ini sangat penting untuk memberi kesan bahwa bisnis Anda memang sudah profesional.

Semakin banyak orang yang tahu tentang akun bisnis Anda maka pengikutnya juga semakin banyak. Ini akan membuat akun instagram tidak terlihat biasa sehingga sangat profesional. Belum lagi dengan adanya konten-konten yang terus diperbarui untuk kepentingan penawaran atau promosi produk.

  1. Akses Kontak Lebih Mudah

Kontak perusahaan atau bisnis menjadi hal yang sangat penting untuk pelanggan. Hal ini juga menjadi kemudahan dalam Instagram bisnis. Anda bisa mencantumkan nomer kontak dan kemudian bisa dekat dengan pelanggan. Konsumen atau calon pelanggan bisa menghubungi kontak dengan cepat dan mudah.

Kelebihan dalam hal ini juga dimiliki oleh instagram karena hanya dengan satu sentuhan maka pelanggan bisa terhubung dengan bisnis. Ini yang akhirnya memudahkan sistem komunikasi antara pelanggan dan pemilik bisnis.

  1. Mudahnya Akses ke Akun yang Lain

Instagram bisnis juga dilengkapi dengan kemudahan untuk masuk ke akses akun yang lain. Dengan cara ini maka semua orang bisa mengenali bisnis Anda dengan mudah dan tidak ada batasan. Hasilnya juga bisa meningkatkan follower sehingga akun terlihat sangat profesional. Kemudian juga ada keterbukaan yang bisa membuat follower tahu semua hal tentang bisnis Anda.

  1. Kembali ke Akun Personal

Inilah hal yang sangat menyenangkan untuk pemakai instagram bisnis. Ketika Anda sudah merubah akun personal ke akun bisnis maka Anda bisa kembali lagi ke akun personal. Artinya akun bisnis memang tidak permanen dan bisa dirubah sesuai kehendak pemakainya. Hanya saja jika Anda merubah kembali ke akun personal maka data statistik akan hilang dan Anda juga tidak bisa berinteraksi dengan bebas kepada follower. Jumlah follower kemungkinan juga akan menurun sehingga pertimbangkan kembali ketika ingin merubah akun bisnis Anda.

Pertimbangan Untuk Mengembangkan Bisnis Dengan Instagram

Meskipun Instagram Bisnis memang terlihat sangat menguntungkan namun Anda harus melihat beberapa hal. Ada banyak hal yang bisa dipertimbangkan karena terkadang bisnis dengan instagram memiliki kelebihan dan kekurangan yang cukup kompleks. Berikut ini pertimbangan yang harus Anda pikirkan lagi.

  1. Display Produk Sederhana

Jika dilihat lagi maka Anda mungkin harus mempertimbangkan sebuah display produk yang sederhana baik itu dengan video atau foto. Mengapa harus dibuat sederhana? Karena tampilan konten Anda hanya akan muncul sekilas dalam kolom – kolom. Jadi ada tantangan untuk membuat foto atau video yang sederhana tapi menantang untuk dibuka, dilihat dan diputar oleh konsumen.

  1. Konten Harus Menarik

Konten yang dibuat dengan video atau foto memang harus dibuat menarik. Jika tidak maka Anda akan kehilangan pelanggan potensial. Kemudian bagian ini harus dibuat dengan beberapa fitur pada foto atau video. Tentu saja Anda juga harus memanfaatkan beberapa efek atau fitur yang tersedia dari aplikasi foto atau video.

  1. Harus Menautkan dengan Akun Sosial Media lain

Jika Anda berharap bisa mendapatkan perhatian yang besar dari calon pelanggan maka sebaiknya Anda harus membuka akun instagram dengan akun sosial media yang lain. Anda bisa menandai Instagram agar bisa ditautkan dengan sosial media yang lain. Dengan cara ini pemakai akun sosial media yang lain bisa terhubung dengan akun bisnis Anda.

  1. Gunakan Strategi Hastag

Jika Anda sudah memiliki pengikut yang banyak maka jangan lupa untuk membuat hastag khusus. Ini strategi yang sangat baik karena pengikuti bisa melihat semua postingan pada hastag tersebut. Jadi buat hastag dengan kata khusus sehingga benar-benar identik dengan bisnis Anda.

  1. Deskripsi Pada Bio Terbatas

Untuk membuat pelanggan tertarik maka Anda harus memikirkan deskripsi bio yang menarik dan lengkap. Ini karena instagram hanya menyediakan 150 karakter saja. Dengan cara ini maka benar-benar kata harus mewakili bisnis Anda dan membuat konsumen tahu bahwa itu instagram bisnis Anda.

  1. Pilihan Logo sebagai Foto Profil

Memang pada bagian foto profil maka Anda tidak bisa mengklik atau membukanya. Ini juga berlaku untuk pengikut akun Anda. Untuk itu Anda harus memilih logo yang benar-benar mewakili bisnis Anda sehingga bisa dikenal oleh pengikut dengan luas. Jangan sampai logo buram atau tidak menarik karena itu terlihat kurang profesional.

  1. Perhatikan Resolusi Foto atau Video

Pada instagram memang memiliki kelemahan karena foto atau video yang diunggah biasanya akan menurun. Kualitas foto dan video yang menurun ini akan membuat unggahan tidak jelas. Karena itu Anda harus memperbarui konten agar kualitasnya bisa bertahan dan menarik untuk konsumen.

  1. Perang dengan Komentar Spam

Saat ini instagram juga memiliki kelemahan karena banyaknya komentar spamming yang sangat mengganggu. Ternyata itu didapatkan dari akun robot yang bekerja secara otomatis. Karena itu perhatikan mengenai hal ini karena terkadang banyak juga bisnis yang sama justru promosi di akun Anda.

  1. Persaingan yang Luas dan Ketat

Bisnis dengan instagram memang tidak pernah mudah. Hal ini karena semua orang bisa membuka toko online dan bisnis online dengan mudah. Tidak ada syarat khusus dan sangat mudah, karena itu semua menggunakan instagram untuk memulai bisnis. Artinya Anda juga harus membuat strategi bisnis yang tepat sehingga tidak kalah dalam persaingan.

Inilah berbagai kelebihan instagram bisnis paling menguntungkan. Dari semua informasi tersebut Anda sudah bisa membayangkan jika akan merubah akun personal ke akun bisnis. Dan tentu saja Anda bisa mempertimbangkan strategi untuk mengembangkan bisnis di Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here