13 Tipe Kamera DSLR Terbaik Untuk Pecinta Fotografi

0
640

Saat ini memanfaatkan keahlian fotografi memang menjadi salah satu bidang yang banyak diinginkan. Hampir semua pekerjaan membutuhkan foto untuk kepentingan promosi ataupun pengembangan produk. Belum lagi adanya media sosial seperti Instagram yang memang menggunakan foto sebagai bahan yang menarik pengikut.

Foto juga bisa digunakan sebagai cara untuk mendapatkan sumber penghasilan. Karena itu banyak pemula yang minat dalam bidang fotografi. Tentu saja untuk bisa belajar dan menjadi fotografer, Anda membutuhkan sebuah alat yaitu kamera.

Pada zaman dahulu kamera manual dengan roll film masih digunakan sebagai kamera utama. Namun sekarang sudah berpindah ke jenis kamera DSLR.

Pemula dan para fotografer terkenal atau yang sudah ahli menggunakan kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang lebih bagus. Akhirnya kamera DSLR semakin banyak diminati. Apakah Anda juga tertarik dengan kamera DSLR? Nah sebelum kita melihat apa saja daftar kamera DSLR terbaik 2019, mari kita mengenal lebih jauh apa itu kamera DSLR?

Apa Itu Kamera DSLR?

DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Kamera ini termasuk jenis kamera digital dimana bekerja dengan menggunakan efektifitas cermin agar cahaya yang ditangkap oleh lensa kamera sampai ke bagian viewfinder.

Hasil foto dari kamera DSLR bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan jenis kamera yang lain. Pemula juga bisa mempelajari tehnik dasar kamera DSLR untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sementara bagi yang sudah ahli biasanya mengkombinasikan beberapa tehnik untuk mendapatkan hasil foto yang lebih menarik dan kreatif. Bahkan dengan kombinasi beberapa tehnik ini hasilnya sangat menakjubkan.

Nah setelah Anda memahami pengertian kamera DSLR maka ikuti daftar kamera DLSR terbaik dibawah ini.

13 Kamera DSLR Terbaik

1# Canon EOS 5D Mark IV

camera-dslr-terbaikJika Anda tertarik dengan model kamera ini maka Anda harus menyiapkan budget kurang lebih 65 juta. Harga ini masih mengikuti perhitungan dollar sehingga masih bisa berubah setiap saat.

Jika dilihat dari harganya tentu kita berpikir betapa canggihnya kamera ini. Sudah pasti kamera bisa menghasilkan kualitas foto terbaik dari berbagai aspek dan fitur yang tersedia.

Tapi jika masih pemula sebaiknya menunda dulu jika ingin membeli kamera ini. Hal ini juga bisa dipertimbangkan dari segi harga dan tingkat kerumitan.

Meksipun spesifikasinya sangat lengkap tapi jika belum bisa mengolah beberapa tehnik fotografi, hasilnya akan terlihat biasa saja.

Kelebihan

  • Bisa digunakan untuk berbagai kondisi pencahayaan dan lokasi. Anda bisa mengambil foto di ruangan gelap dan terang, pegunungan, salju, eksploitasi pemandangan saat matahari cerah dan gelap, siang dan malam serta berbagai acara di dalam gedung. Juga bisa digunakan untuk pengambilan foto produk untuk iklan.
  • Kualitas foto tidak hanya indah tapi juga sangat tajam karena dilengkapi dengan fitur CMOS yang memiliki resolusi 30.4 mp dengan sensitivitas sampai ISO 32000.
  • Bisa digunakan untuk mengambil foto dengan gerakan yang sangat cepat pada posisi potrait dan landscape dengan hasil sangat tajam karena menggunakan teknologi Dual Pixel CMOS AF.
  • Adanya fitur iSA atau Intelligent Scene Analysis yang bisa membuat hasil foto stabil untuk pemotretan cepat dan beruntun.
  • Kemampuan kamera sampai 7 frame setiap detik untuk pemakaian dalam dan luar ruangan karena sudah dilengkapi dengan prosesor Image DIGIC 6+.
  • Kemampuan kamera juga bisa digunakan untuk mengambil video dengan resolusi sampai 4K.
  • Adanya fitur anti flicker yang bisa digunakan untuk deteksi intesitas cahaya.
  • Terbaik untuk mengambil foto dengan banyak gerakan pada subjek karena adanya fitur iTR AF atau juga Intelligent Tracking and Recognition System.
  • Tentu saja dengan penawaran harga ini ada beberapa fasilitas yang sangat menarik seperti transfer data dengan WiFi.

Melihat semua kelebihan tersebut, sulit untuk menemukan kekurangan dari kamera ini. Mungkin jika Anda baru pemula sebaiknya memang jangan coba-coba dulu, kecuali jika Anda sudah menyiapkan budget khusus.

2# Canon EOS 5DS R

camera-canon-dslr-terbaikKemudian posisi terbaik ke dua jatuh pada pilihan Canon EOS 5DS R. Untuk mendapatkan kamera ini Anda harus mengeluarkan budget kurang lebih 50 jutaan. Kamera bisa menghasilkan foto yang cukup tajam dan jernih dengan menggunakan beberapa fitur yang tersedia.

Namun beberapa fitur ini mungkin bisa menghasilkan foto terbaik untuk kalangan profesional. Pemula yang menggunakan kamera ini harus belajar untuk memanfaatkan tehnik-tehnik fotografi.

Kelebihan

  • Menggunakan layar 3.2 inch dilengkapi prosesor dual digic 6 yang bisa bekerja dengan autofocus sampai 61 titik.
  • Memiliki resolusi sangat tinggi sampai 50.6 MP.
  • Cukup senyap dengan menggunakan ISO 6400 dan bisa membuat hasil foto lebih berkualitas.
  • Adanya AF retikular, EOS 5DS R dan EOS iTR yang membuat foto menjadi sangat tajam.
  • Bisa digunakan untuk beberapa model atau cara pengambilan gambar dengan fitur CMOS full frame 50,6 megapiksel.

3# Nikon D810

camera-nikon-dslr-terbaikUntuk selanjutnya kamera DSLR Nikon D810 bisa jadi pilihan kedua. Namun sekali lagi kami sarankan kalau kamera ini sebaiknya digunakan untuk profesional. Salah satu alasannya adalah harga kamera yang mencapai 40 jutaan dan lengkaptnya fitur yang bisa menyulitkan untuk pemula. Kamera ini juga menjadi salah satu DSLR yang populer karena memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan

  • Kamera bisa menghasilkan foto terbaik untuk pengambilan subjek bergerak di udara.
  • Menggunakan sensor CMOS FX yang memiliki resolusi sampai 36.3 MP dan EXPEED 4 sebagai prosesor yang mengurangi efek suara.
  • Terbaik untuk mengambil foto dengan berbagai subjek karena menggunakan ISO yang rendah dengan pilihan dari ISO 64 sampai ISO 12800. Bahkan lebih menarik karena bisa bekerja untuk ISO 32 sampai ISO 51200.
  • Fitur kecepatan tinggi atau high speed countinuous shooting 5FPS dengan format 7 FPS dan FX atau DX.

4# Canon EOS 5D MARK III

kamera-canon-dslr-terbaikSekarang banyak fotografer profesioanal menggunakan jenis kamera Canon EOS 5D MARK III, dimana seri ini menjadi penerur dari generasi 5D Mark II. Untuk bisa menggunakan kamera ini paling tidak Anda harus menyiapkan dana sekitar 38 jutaan.

Salah satu keunggulan yang diinginkan para fotografer dari kamera ini adalah gerakan cepat yang terekam kamera namun tidak mempengaruhi ketajaman foto.

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti dual slot SD card, pengaturan kontrol yang mudah dan cepat, memiliki resolusi sampai 22 MP, kemampuan burst images mencapai 6 fps dan canggihnya fitur cross-type dengan 61 titik fokus.
  • Berbagai fitur tersebut bisa menghasilkan gambar yang cukup tajam dan bisa digunakan untuk kondisi cuaca di luar ruangan yang cukup ektrim termasuk salju dan laut.
  • Memiliki hasil yang sangat baik dan jelas untuk merekam video dengan modus metering yang cukup akurat.

Jika Anda seorang pemula yang sudah belajar banyak maka bisa menggunakan jenis kamera ini.

5# Kamera Nikon D500

camera-nikon-dslr-terbaikSekarang juga banyak fotografer yang menggunakan jenis kamera DSLR Nikon D500. Untuk bisa mendapatkan kamera ini paling tidak Anda harus menyiapkan dana sekitar 25 sampai 27 jutaan.

Mengapa kamera sederhana ini cukup mahal? Karena kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti kamera seharga lebih dari 40 jutaan. Fitur itu seperti resolusi kamera sampai 21 MP, kemampuan ISO maksimum pada 51200 dan sudah memiliki fitur maksimum Shutter Speed: 1 per 8000 s. Juga memiliki sensor CMOS.

Kelebihan lainnya:

  • Dibekali dengan LCD sistem touchscreen yang bisa digunakan untuk proses foto dan pengambilan video.
  • Tampilan desain luar yang sangat keren dan canggih dengan bahan magnesium alloy pada bagian belakang dan atas serta adanya tambahan karbon pada bagian depan.
  • Memiliki tingkat kemampuan dan kapasitas baterai yang bisa digunakan untuk mengambil foto sampai 1240 pcs.
  • Berat kamera yang cukup ringan dan ukuran kamera tidak terlalu besar dan sudah dilengkapi dengan sistem auto kalibrasi fokus lensa.
  • Adanya fitur untuk melindungi kamera dari air dan salju.

6# Canon EOS 80D

camera-canon-dslr-terbaikUntuk selanjutnya ditempati oleh kamera DSLR EOS 80D yang memiliki kelebihan bisa mengambil foto dengan kecepatan tinggi. Kamera yang ditawarkan dengan harga mulai 14 jutaan ini bisa digunakan untuk mengambil foto dengan subjek bergerak karena dilengkapi dengan dual pixel AF.

Kelebihan lain dari kamera ini termasuk burst foto sampai 7 fps sehingga kamera bisa digunakan untuk mengambil foto gerak cepat seperti momen dalam pertandingan olahraga. Kemudian juga ada sensor APSC 24MP dan ISO 100 sampai 3200.

Dan tentu saja dengan beberapa fitur ini kamera memiliki keahlian dalam mengambil video secara langsung dengan hasil yang cukup jernih.

7# Nikon D5500

camera-nikon-dslr-terbaikModel kamera lain adalah kamera DSLR Nikon D5500 yang dijual dengan harga kurang lebih 10 jutaan. Kamera ini termasuk mahal tapi hasil foto dan videonya cukup berkesan terutama untuk para traveller. Karena ukuran dan dimensi kamera yang tidak terlalu besar ternyata membuat kamera banyak disukai para backpacker atau para travel fotografer.

Kelebihan

  • Bisa menghasilkan gambar yang cukup tajam dan lumayan jernih, tapi penggunaan fitur terbaik hasilnya tidak kalah dengan kamera yang lebih mahal.
  • Bisa digunakan untuk pencahayaan rendah dan sangat rendah namun hasil warnanya sedikit berubah.
  • Hasil video dari kamera ini lebih baik dan memiliki ketajaman untuk pengambilan video dengan gerakan yang cepat seperti acara pertunjukan dan olahraga.
  • Untuk edit foto gambar terang dan gelap juga memberikan hasil maksimal dengan adanya fitur flat picture.

Kelemahan

  • Sistem autofocus yang kurang canggih untuk gerakan cepat.
  • Tidak adanya aplikasi Wi-Fi sehingga sedikit menghambat transfer data.
  • Desain pegangan kamera yang kurang nyaman.

8# Canon EOS 750D

camera-canon-dslr-terbaikJuga pada tempat selanjutnya kita memiliki kamera yang dijual dengan harga kurang lebih 9,5 jutaan. Kamera Canon EOS 750D dirancang untuk menutupi seri kamera sebelumnya. Dibandingkan model kamera nomer 7 di atas, sebenarnya seri ini lebih canggih karena sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi.

Dengan desain bentuk yang cukup modern, tampilan layar LCD, model dial,  control dial dan tombol lain yang sangat sedikit. Semua fitur desain ini menang pada kelasnya.

Kelebihan

  • Bisa menghasilkan gambar dan video yang jernih dan tajam di area dengan cahaya yang cukup baik.
  • Tidak berisik jika digunakan untuk ISO 1600 ke atas.
  • Sangat layak untuk penggunaan keluarga.

Kelemahan

  • Adanya masalah pada tonal range dimana akan membuat exposure kamera terus menurun dan tidak bisa menangkap detail subjek dengan jernih.

9# Canon EOS 1500D Kit

camera-canon-dslr-terbaikKamera yang dijual dengan harga kurang lebih 7 jutaan ini ternyata cukup menarik untuk pemula. Kelebihan kamera ini untuk pemula adalah adanya proses penggunaan yang mudah dan sistem proyeksi yang tidak rumit. Jadi pemula bisa menggunakan dengan petunjuk sederhana dan tidak perlu khawatir dengan hasilnya.

Kelebihan

  • Sudah dilengkapi dengan resolusi kamera sampai 24.1 MP dan sensor APS-C CMOS.
  • Memiliki fitur DIGIC 4+ Image Processor yang cukup canggih.
  • Bisa digunakan dengan tingkat sensitifitas 100 sampai 6400 ISO, bahkan bisa ditingkatkan sampai 12800.
  • Lengkap dengan fitur center cross type dan bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1920×1080.

10# Nikon D3400

kamera-nikon-terbaikJika Anda ingin memiliki kamera DSLR dengan harga yang tidak terlalu mahal maka bisa memilih seri Nikon D3400. Kamera ini sangat layak untuk pemula dari segi harga dan fitur yang khusus untuk pemula. Kamera sudah dilengkapi dengan resolusi sampai 24.2 MP dengan ISO 100 sampai 25600.

Kelebihan

  • Sudah dilengkapi dengan lensa LCD view.
  • Bisa menghasilkan gambar dan video yang berkualitas meskipun sedikit kurang tajam tapi sesuai dengan harganya.
  • Dilengkapi dengan 2 versi kit yaitu lensa AF-P untuk pengambilan gambar dengan LCD view dan autofocus yang cukup baik.
  • Adanya sistem transfer data dengan bluetooth namun belum ada WiFi.
  • Bisa digunakan untuk mode pemotretan yang sangat baik untuk para traveller.

Kekurangan

  • Sistem white balance tidak otomatis sehingga sedikit merepotkan untuk pemula.

11# Kamera Nikon D3300

kamera-nikon-terbaikKamera Nikon D3300 yang dijual dengan harga sekitar 6 jutaan ini sangat sesuai untuk pemula yang baru belajar menggunakan kamera DSLR. Kamera sudah dilengkapi dengan 11 autofocus dan video sampai 1080/60p.

Dari tampilan desain kamera juga sangat kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. Tentu saja dengan harga ini Anda belum bisa mendapatkan fitur WiFi untuk transfer data.

Kelebihan

  • Hasil foto yang lebih tajam sampai 24 MP, sudah dilengkapi dengan format JPEG dan tidak terlalu berisik.
  • Kualitas gambar dan video cukup tajam meskipun digunakan untuk cahaya redup.
  • Bahan plastik pada kamera cukup aman dan ringan serta ukuran kamera yang kecil sehingga cocok juga untuk traveller.

Kelemahan

  • Butuh waktu yang cukup banyak untuk performa Live View.
  • Sistem Viewfinder pada kamera masih redup dan lemah.
  • Harus menggunakan titik focus saat mengambil foto.

12# Canon EOS Rebel T5

canon-kamera-terbaikKemudian juga ada Canon EOS Rebel T5 yang sangat baik untuk pengambil video dan dibanderol dengan harga cukup murah yaitu sekitar 6.5 jutaan. Kemampuan kamera sangat canggih untuk kelas HD 1080P dengan prosesor gambar sampai DIGIC 4.

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan layar LCD 3 inch yang memudahkan untuk proses Live View.
  • Kualitas gambar dan video yang dihasilkan cukup tajam meskipun dengan fitur zone 63.
  • Dilengkapi dengan bonus fitur still intelligent auto yang membuat hasil gambar cukup baik dan bisa digunakan untuk cahaya rendah.

Kelemahan

kamera-terbaik-tapi-murahBerbagai fitur pada kamera tidak memberikan hasil maksimal jika perawatan kamera tidak benar, jadi berkesan kamera kurang sesuai untuk pemula.

13# Nikon D5200

Kamera yang dilengkapi dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi ini dijual sekitar 5 jutaan saja. Dengan harga ini Anda sudah bisa menikmati hasil kamera dengan spesifikasi 24.2 MP dengan ISO 100 sampai 6400.

Kamera juga sangat canggih dengan ukuran layar hanya 3 inch saja dan bisa digunakan untuk pengambilan gambar dan video yang cukup banyak dan cepat.

Kelebihan lain dari kamera ini adalah cara penggunaan kamera yang cukup mudah. Anda tidak perlu mengatur posisi badan karena kamera akan mengambil posisi autofocus secara otomatis.

Kemudian juga dilengkapi dengan sensor CMOS DX-Format yang bisa memberikan  hasil gambar cukup tajam dengan resolusi 24.2 MP.

Itulah semua Daftar Kamera DSLR terbaik 2019 yang bisa Anda pilih. Urutan kamera DSLR terbaik ini berdasarkan dari tingkat harga, fitur, kelemahan dan kelebihan. Jadi cek dulu setiap nomornya jika Anda sedang mencari kamera DSLR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here