Apakah Benar ? Jualan Di Lazada Harus Nyimpan Deposit Dulu!

6
1277
Jualan Di Lazada Gratis
Apakah Jualan Di Lazada Harus Nyimpan Deposit
Jualan Di Lazada Gratis
Apakah Jualan Di Lazada Harus Nyimpan Deposit?

Setiap ecommerce dan marketplace mempunya aturan dan kebijakan yang berbeda, namun begitu konsepnya tidaklah berbeda. Seperti beberapa ecommerce dan marketplace yang memberlakukan sistem deposit. Dimana seller yang akan bergabung untuk berjualan di ecommerce atau marketplace tersebut harus menyimpan dana/uang sebagai jaminan. Disini saya ambil kasus di lazada.

Tujuan dari penyimpanan deposit ini sebenarnya baik, yaitu untuk jaminan bahwa si calon penjual/seller ini benar-benar bertanggung jawab dan amanah dalam berjualan di marketplace tersebut. Selain itu pencegahan dari spam dan penjual yang iseng atau nakal yang tidak bertanggung jawab karena itu akan merusak citra dan eksistensi ecommerce atau marketplace tersebut.

Namun segala hal ada pro kontranya. Sebagian calon penjual mungkin setuju, tapi sebahagian lain kadangkala tak setuju. Alasannya ya macam-macam; memberatkan, bikin ribet, dan lain sebagainya. Ntah dengan sobat apa pendapatnya? komentar yah ! ^^
Nah.. Lalu Bagaimana dengan Lazada. Apakah harus nyimpan deposit dulu kalau mau jualan disana?

Tulisan ini sebagai jawaban dari pertanyaan diatas, dan informasi untuk sobat #ainoru yang sudah mengirimkan pertanyaannya.

Skema-Jualan-Di-Lazada
sumber : Lazada Indonesia

Dari pengalaman kami yang sudah kira-kira setahun lebih bergabung menjadi partner lazada, memang benar Lazada mengharuskan calon seller untuk menyimpan deposit (wajib) yang diambil dari hasil penjualan pertama hingga mencapai 500rb baru setelah mencukupi hasil penjualan selanjutnya dicairkan ke saldo yang dicairkan perminggu pada hari rabu.

Namun itu dulu, sekarang sistem deposit 500rb sudah tidak ada lagi. Sekarang berjualan di lazada sudah tidak ada seposit lagi dan gratis.

Baca Juga: Cara Daftar Jualan Di Lazada Dengan Mudah & Cepat Diapprove

Dari beberapa toko yang kami buat di Lazada hanya ada 2 toko yang kena deposit 500rb yaitu toko yang pertama kali kami buat.Adapun toko yang lain tidak kena deposit. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat dari screenshoot dibawah ini. Yang pertama kena deposit sedangkan yang kedua tidak.

Apakah-Jualan-Di-Lazada-Harus-Nyimpan-Deposit
1# Penampakan Laporan Toko Yang Kena Deposit
Jualan Di Lazada Gratis
2# Penampakan Laporan Toko Yang Bebas Deposit

Jadi sobat tak perlu khawatir jika mau menjadi seller di lazada, kini sudah tidak ada sistem deposit dan gratis.

Demikian yang bisa kami share yang merupakan hasil dari pengalaman berjualan di lazada hingga saat ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses !

6 COMMENTS

    • Dear Pak Vino, Tentang hal itu kami tidak tahu, Kami belum pernah sebelumnya ada penawaran buka toko di lazada. Tapi kami pernah beberapa kali di hubungi marketplace lain seperti shopee dan ralali menawarkan bergabung jadi penjual di marketplace tersebut malah sebagai penjual VIP. Pihak shopee misalnya menghubungi kami dulu awal2 kemunculannya, yang mengambil kontak kami dari toko di tokopedia. dan itu benar adanya alias bukan scam.. untuk lazada kami blum pernah mengalami.. terimakasih

  1. Saya kemarin ditawari gabung menjadi seller oleh pihak lazada. saya tanya proses, alur dan cara kerjanya, jawabnya sama seperti marketplace lain. tapi hari ini saya buka email, ada tertera administrasi 1,3%. saya bingung itu maksudnya apa.

    • Pertanyaan Seputar Komisi 0% dan Payment Fee 1,8%
      Partner Support Center Lazada Indonesia 12 Maret 2018 19.49

      1. Apa persyaratan untuk menikmati komisi 0 % ?

      Tidak ada persyaratan untuk menikmati promo ini. Kategori produk apapun yang Anda jual di Lazada, tidak kami kenakan komisi.

      2. Apakah saya perlu mengklaim untuk komisi?

      Tidak ada klaim yang perlu dilakukan karena komisi 0% akan diterapkan langsung di Seller Center.

      3. Jika saya tidak menurunkan harga, apakah saya tetap bisa menikmati komisi 0%?

      Ya, meskipun demikian kami sangat mendorong Anda untuk menurunkan harga sekompetitif mungkin karena hal tersebut adalah kunci bagi pelanggan untuk membuat keputusan dalam melakukan pembelian. Menurunkan harga ke harga yang paling kompetitif akan membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan.

      4. Sampai kapan masa berlaku dari komisi 0%?

      Komisi 0% berlaku mulai 1 September 2016 dan diperpanjang sampai jangka waktu yang belum ditentukan untuk semua produk dan kategori.

      5. Adakah biaya lainnya yang akan dikenakan kepada Seller Lazada?

      Ya, biaya payment fee senilai (1,8% dari harga barang), biaya pengiriman, dan asuransi masih tetap diberlakukan untuk semua pesanan seperti biasa.

  2. Saya baru berjualan di lazada , ada yg pesan beras 10 kg lalu saya antar lewat jne , saya bayar 90 ribu ongkir , karna di lazada gak ada pilihan antar barang adanya jne & jne booked & cus hanya dikenakan biaya 15 dr lazada , lalu saya claim pengembalian ongkir , apakah ongkir nya akan di ganti atau tdk , mohon penjelasanny ka ‘

    • Terimakasih sebelumnya Mba Rima atas kunjungannya di Blog Ainoru, Prihal ongkir memang ada beberapa ketentuan bahkan sekarang ada Promo Gratis Ongkir untuk pemblian minimal 120rb / 1 kg. sedangkan untuk Seller selama tidak ada ketentuan mengikat maka ongkir akan diganti oleh lazada. Klo boleh tau Mba rima lokasinya di kota/kab apa? karena semisal Jabodetabek, Surabaya dan kota besar tertentu tidak harus klaim ongkir karena otomatis akan digenti, sedangkan diluar itu harus klaim ongkir.

      Waktu penggantian ongkir adalah 14 hari setelah Paket diterima oleh pembeli. Untuk memastikan silakan Mba cek laporan keuangan dari lazada setelah 14 hari transaksi selesai.

      Terimakasih semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here