Cara Memproses Pesanan Lazada Dengan JNE Cashless

0
97

Cara memproses pesanan di Lazada yang menggunakan JNE Cashless memang sedikit berbeda dari cara memproses pesanan pengiriman lain (Lex dan Ninja) yang mana nantinya kita tidak perlu lagi input resi karena akan otomatis terupdate. Selengkapnya kita akan bahas pada artikel kali ini.

Lazada sebagai salah satu startup market terbesar di Indonesia memang layak diperhitungkan. Sampai saat ini para pesaing Lazada terus berusaha mengalahkan Lazada tapi Lazada memang sudah mendapatkan tempat di hati penggemarnya.

Lazada tidak hanya menyediakan layanan yang super cepat dan lengkap tapi juga mudah. Bahkan Lazada bisa diperhitungkan sebagai market yang akan membuat pembeli dan penjual tidak beranjak dari tempatnya. Ditambah lagi sekarang Lazada sudah bekerjasama dengan JNE sebagai layanan ekspedisi dengan menyediakan fasilitas cashless.

Dengan adanya fasilitas ini maka para seller yang masuk dalam Lazada tidak perlu membayar uang ongkos kirim di gerai JNE. Intinya adalah ketika ada pembelian maka seller cukup melayani dengan fasilitas ini tanpa harus membayar ongkos kirim langsung ke JNE dan tidak perlu mengisi data pengiriman yang cenderung meningkatkan kesalahan.

Fasiltas Cashless ini juga memudahkan semua member seller yang terdaftar dalam Lazada Seller Center untuk pengguna aplikasi maupun versi dekstop. Kemudian untuk memproses pesanan juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dan setiap seller bisa mengelola arus keuangan bisnis mereka dengan mudah.

Tujuan JNE Cashless Di Lazada

Dengan adanya fasilitas ini memang sangat membantu seller dalam mengelola toko tanpa harus melakukan banyak pekerjaan. Sisa waktunya bisa digunakan untuk kepentingkan yang lain.

Kemudian yang lebih penting lagi adalah bahwa fasilitas ini sangat memudahkan seller dan pembeli dalam menerima barang karena adanya jaringan JNE yang sangat besar di Indonesia. JNE bisa menjangkau berbagai daerah tanpa batasan dan menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan akurat.

Dibandingkan dengan fasilitas yang lama maka sistem ini memang lebih mudah dijalankan. Sebelum adanya fasilitas cashless maka setiap seller di Lazada harus mencetak faktur dan label pengiriman secara manual. Kemudian paket akan dibawa ke JNE untuk mendapatkan cetak resi yang biasa kemudian baru membayar ongkosnya.

Ongkos kirim ini kemudian akan di tukarkan seller ke Lazada. Kemudian hal yang lebih sulit lagi adalah semua seller setelah mendapatkan resi cetak dari JNE maka harus menginput secara manual nomor resi dan mengganti status pengiriman sesuain dengan notifikasi yang didapatkan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Belanja di Amazon International Shipping?

Nah jika dilihat lagi maka proses ini sangat boros waktu dan kemungkinan ada kesalahan saat input resi dan alamat.

Jika sudah ada cashless maka seller cukup masuk ke halaman Lazada Seller Center dan langsung cetak faktur, label untuk pengiriman dan klik ganti status untuk siap kirim. Kemudian pergi ke JNE, lalu petugas JNE akan memindai barcode ke sistem JNE.

Seller bisa menghemat waktu karena tidak perlu memasukkan data berkali-kali setelah paket dikirimkan ke pembeli. Bahkan ini lebih efektif karena bisa mengurangi kesalahan yang merugikan pembeli dan seller.

Lalu bagaimana cara menggunakan fasilitas ini? Simak informasi selanjutnya.

Cara Memproses Pesanan Dengan JNE Cashless Di Lazada

Layanan JNE Cashless memang layanan yang membuat semua seller di Lazada tidak perlu membayar ongkos kirim langsung ke JNE. Ketika pergi ke gerai JNE maka cukup menyerangkan paket dan menunggu sampai petugas JNE melakukan pemindaian pada label pengiriman saja.

Berikut langkah untuk memproses pesanan dengan JNE Cashless di Lazada.

  1. Siapkan Kebutuhan

Untuk menggunakan fasilitas ini maka seller juga membutuhkan beberapa barang untuk menunjang bisnis. Beberapa kebutuhan ini seperti:

  • PC/Laptop/Ponsel : seller harus memiliki fasilitas ini untuk melakukan jual beli lewat Lazada. Fasilitas cashless ini bisa diakses dari komputer dan aplikasi.
  • Printer : setelah mendapatkan pembelian maka seller harus mencetak alamat pembeli dalam label pengiriman yang ditempelkan pada paket.
  • Internet : untuk bisa mengakses fasilitas Cashless memang dibutuhkan internet.
  • Kertas A4: label pengiriman harus dicetak dengan kertas A4 menggunakan mesin printer dengan tinta hitam.
  • Kemasan paket dan barang sesuai pesanan: setelah mendapatkan pembelian maka seller harus menyiapkan paket yang sesuai pesanan dan dibungkus dengan rapi.
  1. Masuk ke Akun Seller Center

Kemudian setelah mendapatkan transaksi pembelian maka seller harus masuk ke akun “Seller Center” kemudian klik pada menu “pesanan”. Setelah itu Anda harus masuk ke menu “tinjauan pesanancara-proses-pesanan-dengan-jne-cashless

Jangan lupa untuk memeriksa pesanan ini termasuk apakah stok barang ada dan siapkan barang yang sesuai dengan pesanan. Jangan sampai salah menyiapkan pesanan karena pelanggan pasti kecewa.

  1. Siapkan proses “Pengiriman”

Langkah kedua setelah memeriksa stok barang yang dipesan pembeli ada maka Anda harus menyiapkan paket. Bungkus paket dengan baik dan rapat sehingga aman untuk pengiriman.cara-proses-pesanan-dengan-jne-cashless

Setelah itu maka klik “Siap Dikirim” sehingga status transaksi ini akan berubah menjadi “Siap Dikirim” . Jika terlewat tidak melakukan ini maka transaksi tidak akan masuk ke layanan cashless.

  1. Siapkan Jasa Pengiriman

Setelah Anda melakukan langkah di atas, maka pilih menu pada bagian Jasa Pengirimanmu. Pilih pada “JNE Cashless” lalu langsung klik “Buat Paketcara-proses-pesanan-dengan-jne-cashless

Baca Juga  Tips & Cara Gampang Belanja di MatahariMall.com

Nah tunggu sampai muncul halaman faktur pada transaksi ini.

  1. Simpan Faktur

Setelah Anda menunggu sampai halaman resi muncul, maka Anda bisa memeriksa keterangan dari transaksi, seperti:

  • Nomor pesanan
  • Barang
  • Penyedia : JNE Cashless
  • ID Tracking
  • Nomor Faktur

Jika sudah sesuai maka klik pada “Simpan ID Faktur”

  1. Persiapan Cetak Label Pengiriman

Setelah tahap tersebut maka Anda akan masuk ke bagian cetak label pengiriman. Siapkan printer yang terhubung ke komputer dan kertas A4. Kemudian klik pada bagian “Label Pengiriman

cara-proses-pesanan-dengan-jne-cashless

Setelah itu cetak label pengiriman. Pada label pengiriman maka Anda bisa memeriksa jika data sudah sesuai dengan transaksi, yaitu:

  • Nomer order
  • Data Customer
  • Informasi Seller
  • Data Informasi SKU sesuai barang yang dipesan.
  • Keterangan lengkap tentang informasi untuk semua gerai agen JNE tentang cara memproses pesanan cashless ini.
  1. Paket Siap Di antar ke JNE

Setelah menyiapkan paket maka kemas paket dan tempelkan label pengirimkan pada paket. Kemudian serahkan paket ke agen JNE terdekat lalu petugas JNE akan melakukan scan barcode kode pengiriman yang tertera pada label pengiriman.

Jika agen JNE yang Anda kunjungi tidak memiliki mesin scan barcode maka data barcode akan di ketik secara manual.

Setelah selesai tinggalkan paket di JNE tanpa perlu membayar ongkos kirim.

  1. Periksa Sebelum Pulang dari JNE

Setelah proses tersebut selesai maka pastikan Anda memeriksa sebelum pulang dari gerai JNE. JNE harus menyerahkan “Handover Cashless” kepada Anda. “Handover Cashless” akan berisi informasi:

  • Data tentang agen JNE yang Anda kunjungi.
  • Nomer resi dari paket yang sudah discan atau diproses oleh JNE.
  • Tanda terima atau cap dari agen JNE.
  • Selesai

Cara Agar Toko Masuk Ke JNE Cashless

Meskipun Lazada sudah menyediakan layanan ini tapi ternyata tidak semua seller di Indonesia bisa menggunakan fasilitas JNE Cashless. Sampai saat ini baru beberapa seller yang tinggal di Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi dan Cilegon yang sudah bisa mengakses JNE Cashless.

Untuk Anda yang tinggal di luar wilayah tersebut bisa menggunakan fasilitas seperti biasanya, sambil menunggu Lazada terus meluaskan wilayah jangkauan JNE Cashless.

Lalu untuk Anda yang masuk wilayah JNE Cashless bisa mendaftarkan tokonya agar bisa menggunakan fasilitas ini dengan cara seperti dibawah ini.

  1. Masuk ke Akun Seller Center Lazada

Untuk cara pertama maka Anda sebagai seller harus masuk ke akun Seller Center Lazada. Masukkan email dan pasword akun toko Anda.

  1. Daftarkan Toko ke JNE Cashless

Setelah masuk ke akun toko Anda maka coba lihat pada menu sebelah kanan toko utama, kemudian klik pada ikon “Gunakan JNE Cashless”.

Baca Juga  Cara Nonaktifkan Notifikasi Kode OTP Ke Nomer HP Saat Login Di Shopee

Kemudian klik pada “Daftarkan Toko Saya Sekarang”. Setelah itu baca semua informasi yang muncul seperti keuntungan dan prosedur yang muncuk. Meskipun ini terlihat sepele sebaiknya tetap dibaca.

  1. Isi data pada Form Pendaftaran

Setelah itu Anda harus mengisi beberapa data dengan jujur pada Form Pendaftaran. Isi dengan lengkap data seperti : Nama toko, seller ID atau ID toko, nomor telepon, dan provinsi.

  1. Masukkan Form Pendaftaran

Setelah Anda mengisi semua informasi maka Anda harus memasukkan form pendaftaran. Anda bisa menurunkan scroll ke bawah dan klik pada “submit form

  1. Selesai

Jika proses ini berhasil maka proses memang sudah selesai, kemudian Anda cukup menunggu sampai fitur ini siap digunakan. Tentu saja syaratnya sesuai dengan wilayah toko Anda yang sudah masuk dalam daftar fasilitas JNE Cashless di Lazada.

Dasar Layanan JNE Cashless Di Lazada

Agar Anda tidak salah dalam menggunakan layanan JNE Cashless maka ikuti pedoman dibawah ini.

  1. Jika Agen JNE Tidak Ada Fitur JNE Cashless?

Pesanan bisa diproses ke agen JNE biasa (drop off) dan langsung hubungi Partner Support agar resi yang dikeluarkan bisa diperbarui melalui link revisi AWB.

  1. Resi Harus Dicetak Printer

Untuk layanan JNE Cashless maka resi tidak bisa ditulis manual dan harus dicetak dengan printer. Ini karena proses menggunakan mesin pindai sehingga jika ditulis manual tidak akan bisa diproses oleh JNE.

  1. Nomer Resi Tidak Discanner akan Diinput Manual

Jika ternyata agen JNE yang Anda datangi tidak memiliki mesin scanner untuk memindai nomer barcode resi maka akan diketik secara manual sesuai data yang terdapat pada label pengiriman. Ini tidak masalah karena sistem resi tetap terhubung.

Nomer resi yang sudah keluar tidak memiliki masa berlaku jadi akan hilang secara otomatis setelah pesanan sampai ke konsumen Anda.

  1. Cetak Label Lebih Dari 1 Kali

Setelah melakukan proses JNE Cashless maka label pengiriman bisa dicetak lebih dari satu kali kecuali jika order sudah dibatalkan oleh konsumen. Kemudian jika sudah diproses “Siap Dikirim” maka nomer resi yang keluar tidak akan bisa akan berubah.

  1. Input Resi JNE Cukup 1 Kali

Lalu proses di JNE sendiri hanya bisa menginput nomer resi sebanyak satu kali saja. Jadi sistem ini akan terintegrasi sampai barang sampai di pembeli.

Proses pengiriman dari JNE ke pembeli akan berlaku seperti biasanya.

Setelah barang sampai di pembeli maka seller tidak perlu mengajukan dana pengganti ongkos kirim karena sudah diproses dengan JNE Cashless.

Nah begitulah cara memproses pesanan dengan JNE Cashless di Lazada. Prosesnya sangat mudah bukan? Anda tidak perlu ragu lagi, jika wilayah Anda sudah masuk ke provinsi terdaftar di JNE Cashless maka aktifkan fitur ini sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here