Mengenal Jenis Jenis Printer, Fungsi dan Contohnya

1
539

Apakah Anda pernah mencetak sebuah dokumen atau foto atau gambar? Jika iya, maka Anda baru saja menggunakan mesin yang dinamakan printer.

Printer adalah sebuah perangkat yang sangat diperlukan untuk kepentingan kantor, dokumentasi dan berbagai keperluan administrasi lain. Printer akan membantu Anda bisa mencetak berbagai format dokumen dengan sangat mudah.Memilih Printer

Printer akan terhubung ke komputer atau perangkat lain seperti ponsel. Perintah untuk mencetak bisa dilakukan dari komputer atau smart phone. Selanjutnya Anda perlu mengatur kertas, ukuran dan kesesuaikan hasil. Anda juga bisa mengatur warna apakah jika dokumen berwarna dibuat menjadi tidak berwarna atau tetap berwarna.

Keberadaan printer telah dipertimbangkan untuk berbagai kepentingan bisnis. Sehingga sekarang semua orang menggunakan printer mulai dari anak sekolah, mahasiswa, guru, dosen, perusahaan dan semua orang. Bahkan toko kecil atau pusat perbelanjaan sudah menggunakan printer untuk mencetak bukti pembayaran.

Jadi memang ada banyak jenis printer yang fungsinya berbeda-beda. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai jenis jenis printer, fungsi dan contohnya.

1# Printer Dot Matrix

Ini adalah generasi pertama printer yang dulunya paling banyak digunakan. Hampir semua perkantoran dan pusat bisnis akan menggunakan printer Dot Matrix karena hasil cetakan yang lebih tajam dan jelas. Tentu saja karena ini printer keluaran awal maka memiliki teknologi yang berbeda dibandingkan printer-printer baru saat ini.Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix sebenarnya masih banyak digunakan sampai sekarang. Hal ini karena printer yang bisa mencetak dalam beberapa ukuran kertas dan langkah penyesuaian yang sangat mudah. Hasilnya yang lebih tajam juga tidak bisa dikalahkan dengan printer modern terbaru.

Sebenarnya keunggulan printer Dot Matrix ini bisa menghasilkan gambar atau cetakan yang lebih tajam karena memiliki sebuah kepala cetakan yang berisi jarum besi. Akhirnya gambar atau teks yang tercetak pada kertas adalah tinta dari jarum bersi yang keluar kemudian membentuk pola khusus. Hasilnya menjadi lebih jelas karena bekerja untuk sistem matrix yaitu untuk 9 bari 7 kolom, 9 baris 9 kolom dan 7 baris 5 kolom.

Kelebihan

  • Bisa digunakan untuk mencetak pada berbagai ukuran kertas.
  • Harga catridge yang lebih murah.
  • Bisa mencetak sampai beberapa lapis kertas.
  • Gambar yang dihasilkan lebih jelas dan tajam.
  • Bisa bekerja sangat baik untuk hasil cetakan berupa teks, gambar dan grafis.

Kelemahan

  • Hasil cetakan yang jelas dan tajam namun karakter printer yang lumayan rewel.

2# Printer Buble Jet atau Ink Jet

Ini adalah salah satu printer yang mewakili generasi yang lebih baru. Printer ini tidak bekerja menggunakan jarum besi lagi tapi sudah menggunakan tinta untuk mencetak hasil printer pada kertas. Hingga saat ini tipe printer buble jet memang masih menjadi yang paling banyak digunakan.Printer Bubble Jet / Ink Jet

Sebenarnya jika dibandingkan dengan printer dot matrix, jenis printer ini bisa bekerja lebih cepat dan hasil cetakan yang lebih persis. Semua karena sistem kerja printer dimana printer akan memancarkan tinta pada kertas kemudian membentuk huruf, angka, gambar dan semua isi dokumen yang dicetak.

Sebuah magnet yang terletak pada bagian rangka bagian dalam akan membuat tinta mengalir ke kertas sesuai dengan informasi yang diterima dari driver komputer.

Nah karena sistem kerja ini terkadang printer tidak bisa mengeluarkan pola atau hasil cetakan pada kertas. Tentu saja ini menjadi kelemahan yang sangat menjengkelkan.

Kelebihan

  • Bisa menghasilkan cetakan dengan kerapatan sampai 300 dpi.
  • Bisa digunakan untuk menghasilkan cetakan warna atau tidak sesuai kebutuhan.
  • Kombinasi dari warna yang digunakan untuk mencetak sangat berkualitas.
  • Hasil tinta yang tertuang dalam pola cetakan bisa langsung kering hanya dalam beberapa detik saja.
  • Dilengkapi dengan port USB sehingga mudah diinstal di perangkat komputer atau laptop dimana saja.

Kekurangan

  • Dengan kualitas yang ditawarkan, memang harganya terbilang mahal.
  • Tidak bisa mencetak beberapa rangkap kertas sekaligus, padahal harga tinta mahal.

3# Printer Laser Jet

Printer Laserjet-printer-cepatPrinter Laser Jet adalah jenis printer yang paling cepat dan sekarang banyak digunakan untuk kepentingan administrasi perkantoran dan pusat bisnis. Printer ini bisa menghasilkan cetakan dengan sangat baik dan cepat.

Semua karena sistem kerja printer dimana menggunakan laser yang ditembakkan pada alat seperti drum khusus yang kemudian akan mencetak pola gambar atau teks yang diperintahkan dari komputer atau laptop.

Sebelum itu drum khusus ini akan beputar melewati toner yang berbentuk bubuk dan kemudian ada alat yang mengambil bahan ini lalu tercetak pada kertas dan dengan tekanan serta panas maka hasil cetakan pada kertas akan keluar.

Keunggulan

  • Bisa menghasilkan cetakan yang lebih cepat.
  • Sistem catridgenya bisa bertahan lebih lama.
  • Kualitas hasil printer sangat baik, warna yang tajam dan akurat.
  • Bisa bekerja dengan cepat dan hasilnya memuaskan.

Kelemahan

  • Sesuai dengan hasil kerjanya, ternyata model printer ini memang sangat mahal.
  • Sistem panas yang digunakan untuk mencetak membuat printer lebih cepat panas.
  • Untuk mencetak gambar atau foto masih kurang jelas dan hasilnya seperti kabur.

4# Printer LED/LCD

printer LED terbaruPrinter LED/LCD bisa menjadi salah satu printer yang sangat canggih dan banyak digunakan.

Printer ini pada prinsipnya menggunakan sistem kerja seperti laser jet. Hanya saja printer LED atau LCD ini hanya menggunakan sistem light emitting diode saat membuat pola.

Printer ini sangat sesuai untuk penggunaan kantor atau bisnis. Hasil cetakan sangat baik termasuk untuk cetak teks dan gambar.

Hanya saja jika tidak digunakan secara aktif maka akan rusak jadi sebaiknya hanya digunakan untuk keperluan cetak terus menerus.

5# Printer Plotter

plotter-printerPrinter Plotter adalah jenis printer yang digunakan untuk kepentingan grafis. Misalnya untuk membuat hasil grafis yang akan dicetak pada kertas vinyl, glosy, sticker, dan jenis kertas lain.

Biasanya printer ini banyak digunakan untuk pekerjaan yang menggunakan desain visual seperti poster, pamflet, banner, dan model produk visual lainnya. Jenis printer yang termasuk dalam printer plotter ini seperti flatbed dan drum.

Kelebihan

  • Bisa digunakan untuk cetakan pada beberapa ukuran kertas yang berbeda, termasuk panjang dan lebar khusus.
  • Bisa bekerja dengan cepat dan mampu menghasilkan kualitas yang sangat tinggi.
  • Saat printer digunakan tidak mengeluarkan suara yang keras.

Kekurangan

  • Harga untuk printer yang lebih mahal sehingga sering hanya digunakan untuk bisnis.
  • Lebih sering menghabiskan tinta karena tujuan cetakan yang lebih banyak memakai warna sesuai desain grafis.
  • Bentuk printer yang boros tempat.

6# Printer Model All In One

Printer serba guna all in 1Lalu ada juga yang dinamakan printer All in One atau printer multifungsi. Ini adalah jenis printer yang bisa digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan mencetak.

Printer bisa digunakan untuk mencetak, foto copy, foto saja dan scan dokumen.

Bahkan yang terbaru printer sudah bisa digunakan untuk menerima atau mengirim faks. Sekarang model printer ini terus diperbarui dengan kemampuan bisa mengurutkan dokumen atau hasil cetakan.

Kelebihan printer juga ukuran yang relatif kecil sehingga tidak memakan tempat dan harga yang tidak terlalu mahal. Kekurangannya adalah harga catridge dan toner yang lebih mahal.

7# Printer Daisy Wheel

daisy-wheel-printerPrinter Daisy Wheel adalah jenis printer yang bekerja dengan cara mencetak dokumen menggunakan karakter yang sudah tercetak pada roda besi yang sudah ada karakternya.

Setiap roda yang bergerak saat bekerja mencetak ada di bagian lengan roda kemudian terhubung dengan plastik pada pusat roda.

Ketika digunakan untuk mencetak dokumen maka roda akan berputar, dan akan berhenti pada kertas dimana karakter dibutuhkan. Sebuah pemukul kecil akan menekan karakter sehingga karakter itu yang tercetak pada kertas.

Kelebihan

  • Kualitas cetakan yang sangat jelas dan baik.
  • Sangat baik jika digunakan untuk mencetak dokumen dengan banyak karakter huruf dan angka.

Kelemahan

  • Printer bekerja lebih lambat sehingga sulit untuk kepentingan dokumen yang banyak dan cepat.

8# Printer untuk ID Card

Printer untuk mencetak ID CardIni adalah jenis printer untuk mencetak kartu atau ID card dimana bisa bekerja untuk medis plastik.

Printer ini juga bisa digunakan untuk sistem personalisasi seperti kartu pvc sehingga printer ini sering digunakan untuk perkantoran seperti bank atau instansi resmi lain.

Printer bisa melakukan pekerjaan ketika terhubung dengan driver printer yang sudah disetting di komputer atau laptop tertentu. Sekarang model printer ini lebih canggih karena mengikuti perkembangan teknologi dan tujuan dari beberapa model ID card.

9# Printer Label

printer-untuk-cetak-labelSesuai dengan jenis dan namanya ini adalah model printer untuk mencetak label dalam jumlah yang lebih banyak. Printer bisa bekerja ketika terhubung dengan sebuah program di komputer sehingga bekerja sesuai dengan perintah.

Hasil cetakan printer ini misalnya seperti label barcode di produk-produk yang dijual di supermarket. Selain sebuah printer yang terhubung dengan komputer, maka ada juga yang disebut dengan built in keyboard, dimana printer hanya digunakan untuk membuat label dan bisa langsung menghasilkan label secara otomatis.

10# Printer Thermal

Jika Anda pernah mendapatkan struk belanja, maka itu sebenarnya adalah hasil dari printer thermal. Printer ini bekerja untuk mencetaj dengan cara menggunakan panas. Namun ada juga printer yang sudah dilengkapi dengan perangkat seperti pada printer dot matrix.printer-thermal

Jika dilihat dari ukuran maka printer ini memiliki ukuran yang lebih kecil namun bisa menghasilkan gambar yang cukup jelas. Hasil cetakan ini juga bisa dilihat dari struk ATM atau pada mesin EDC.

Ukuran kertas yang digunakan untuk mesin printer thermal juga sangat khusus. Kertas berbentuk seperti roll yang dinamakan dengan kertas thermal.

Kelebihan mesin printer ini adalah bekerja sangat cepat, dilengkapi dengan mesin pemotong otomatis, dan tulisan yang jelas.

11# Printer Garment

Kemudian ada juga jenis printer yang digunakan untuk industri garment. Printer ini bisa bekerja untuk mencetak pola berupa teks atau gambar pada media kain. Printer yang juga disebut dengan model DTG ini adalah jenis printer khusus sehingga tidak bekerja untuk kertas.printer-untuk-cetak-sablon

Printer bisa bekerja dengan baik untuk media seperti kain, kaos, dan bahan katun. Printer ini sangat canggih karena bisa menghasilkan warna yang sangat akurat seperti pada desain yang sudah dibuat.

Tinta yang tercetak pada bahan kain juga sangat baik dan terserap dengan mudah. Hasilnya juga tidak mudah rusak.

Model printer seperti ini biasanya digunakan untuk bisnis percetakan kaos, percetakan digital dan indutri garment.

Itulah informasi tentang jenis jenis printer, fungsi dan contohnya. Semua model printer ternyata terus berkembang sesuai dengan fungsi dan teknologi yang digunakan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here