Jenis Jenis Email Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis

1
226

Pada awalnya email hanya digunakan untuk mengirimkan surat elektronik. Bentuk dari email sangat biasa seperti surat cetak pada umumnya. Dalam email ada alamat email yang dituju, subjek sebagai judul email dan isi dari badan email.

Namun sekarang email bukan hanya sebagai surat elektronik saja. Email bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Termasuk perkembangan bisnis yang saat ini menggunakan media digital untuk pemasaran.

Email marketing adalah konsep pemasaran yang sudah berkembang maju. Tujuan dari email marketing adalah meningkatkan hubungan antara produsen atau perusahaan dengan klien atau pelanggan. Melalui email marketing maka bisa ditemukan berbagai informasi yang detail tentang informasi produk baru maupun penawaran.

Email marketing tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi tapi juga untuk mengirimkan berbagai file penting. Karena itulah bentuk-bentuk email marketing juga sangat beragam sesuai dengan tujuannya. Berikut ini adalah beberapa jenis jenis email marketing untuk mengembangkan bisnis.

#Newsletter

Newsletter adalah salah satu bentuk email marketing yang sangat umum. Model email seperti ini banyak digunakan untuk menghubungi pelanggan dengan memberikan informasi terbaru mengenai produk.

Pelanggan sebagai penerima newsletter tidak akan pernah tertinggal informasi sehingga selalu tahu mana jasa dan produk yang paling baru. Model email seperti ini sering digunakan oleh bisnis toko online dengan tujuan seperti itu.

Bahkan newsletter juga bisa digunakan untuk meningkatkan angka kunjungan ke web toko online.

Kelebihan

  • Newsletter dirancang dengan isi email yang informatif dan jelas sehingga biasanya mendapatkan respon yang baik dari penerima atau pelanggan email.
  • Bisa menghubungkan antara pelanggan dengan toko online secara langsung.
  • Mudah untuk menyampaikan promo terbaru misalnya untuk pengumuman diskon, promo atau bahkan survei.

Kekurangan

  • Memiliki sistem yang lebih rumit sehingga desain email dibutuhkan secara khusus.
  • Harus terus memberikan update informasi kepada pelanggan.

#Digest Email

Digest email adalah salah satu cara lain untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dengan cara otomatis dimana sudah ada list alamat yang menjadi pelanggan. Email marketing seperti ini memiliki pengaturan untuk batas waktu misalnya untuk 100 kali atau lebih dalam satu kali pengiriman pesan.

Model email marketing seperti ini sangat sesuai untuk toko online yang memiliki banyak produk. Bayangkan saja jika ingin promosi satu produk ke banyak pelanggan maka akan sangat menghemat waktu membuat email dan mengirimkan email.

Kemudian Anda juga bisa melakukan promo untuk sebuah produk atau beberapa produk dengan sistem sayembara. Misalnya saja jika bisnis Anda melakukan promo setiap minggu maka secara otomatis promo akan berjalan.

Jadi ini akan sangat menghemat waktu dan Anda pelanggan tidak akan tertinggal informasi terbaru dari toko Anda.

#Email Khusus Buatan Sendiri

Jika Anda tidak ingin menggunakan email marketing yang menggunakan template maka bisa menggunakan email marketing yang dibuat sendiri. Email model seperti ini isinya bisa disesuaikan dengan informasi yang akan dibagikan. Alamat email yang digunakan untuk mengirim email juga berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan tujuan email bisnis Anda.

Keuntungan menggunakan model email seperti ini termasuk seperti jumlah email yang dikirimkan tidak terbatas, tidak ada kuota dan bisa digunakan untuk mengundang pelanggan yang ingin bergabung ke grup atau bisnis Anda. Kemudian hasil dari email marketing bisa dilihat dengan mudah, apakah itu efektif atau tidak.

#Email Sponsorship

Email ini sangat bermanfaat jika Anda baru saja mengembangkan bisnis baru sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pelanggan baru dan pelanggan lama. Hanya saja untuk bisa menggunakan email ini maka Anda harus membayar sehingga email yang sudah dibuat akan masuk ke pihak pengembang email sponsorship.

Keuntungan dari model email ini termasuk seperti bisa memilih sendiri mana pelanggan email yang potensial  dan tidak. Sehingga sejak awal menggunakan email sudah tahu mana saja kira-kira pelanggan yang bisa berpengaruh untuk bisnis Anda.

Bahkan dengan model email marketing ini juga bisa membuat Anda tahu mana segmen pasar yang bisa membantu bisnis bisa berkembang dengan cepat. Hanya saja untuk bisa menggunakan email ini memang harus membayar.

#Email Follow Up

Model email follow up adalah jenis email yang bisa membantu bisnis menawarkan informasi mengenai produk atau jasa ke pelanggan atau calon pelanggan. Email ini memiliki tujuan untuk memancing pelanggan berlangganan informasi dari perusahaan atau bisnis Anda. Kemudian juga penting untuk mendapatkan pelanggan setia sehingga dalam setiap promosi pasti bisa menarik pelanggan baru.

Dengan menggunakan email ini maka setiap informasi yang baru pasti akan ditunggu oleh pelanggan dan mereka bisa mendapatkan informasi terbaru dengan mudah. Hanya saja email ini juga bisa membuat pelanggan pergi jika tujuan email tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

#Email Transaksional

Email marketing yang lain adalah jenis email transaksional dimana ini bisa digunakan untuk toko online. Jenis email seperti ini bisa digunakan untuk memudahkan sistem transaksi dimana pelanggan akan menerima email ketika ada transaksi tertentu.

Email akan berisi informasi mengenai transaksi tersebut dan pedoman untuk menyelesaikan transaksi. Model email seperti ini juga sangat baik untuk meningkatkan nilai kunjungan ke situs.

#Email Pengumuman

Ini adalah jenis email untuk memberikan pengumuman mengenai konten atau produk terbaru kepada pelanggan. Email ini bertujuan untuk pemasaran sehingga penting untuk mengajak pelanggan membuka link atau halaman dalam email tersebut.

Karena email ini bersifat sebagai penawaran maka sangat penting untuk memilih kalimat atau komponen dalam penawaran.

Kunci penting bisa sukses dengan email ini adalah kalimat deskriptif yang mempengaruhi, CTA, foto atau video dan tindakan untuk mengajak pelanggan dalam membeli produk.

#Email Update Produk

Jika Anda memiliki bisnis yang selalu mengembangkan produk maka jangan lupa untuk menggunakan model email ini. Email produk ini memang terkesan rumit tapi bisa menarik pelanggan karena pelanggan yang selalu mendapatkan penawaran produk dengan cepat dan paling baru.

Namun sebaiknya tidak menggunakan email penawaran produk ini secara berlebihan. Anda bisa menggunakan email produk yang bisa dibuat secara berkala. Sehingga proses untuk menawarkan pembaruan produk bisa dilakukan setiap minggu atau bulan.

Perhatikan juga untuk membuat judul yang menarik, deskripsi yang singat dan padat, serta gambar untuk menampilkan produk.

#Email Undangan

Jika Anda ingin menggunakan email marketing untuk tujuan marketing atau promosi acara maka bisa mempertimbangkan email ini. Email ini bersifat untuk mengundang pelanggan demi mengikuti sebuah acara sehingga setelah membuka email maka mereka segera mendaftar.

Email ini bisa digunakan untuk memberikan undangan visual sehingga akan lebih hemat. Anda hanya perlu membuat undangan visual yang penting untuk menunjukkan apakah acara itu berpotensi atau tidak.

#Email Welcome

Email welcome atau email selamat datang adalah jenis email yang bisa digunakan untuk memberikan ucapan terimas kasih karena sudah mendaftar menjadi pelanggan buletin, pelanggan produk, penawaran dan berbagai tujuan email lain.

Email ini secara khusus akan memberikan sambutan kepada pelanggan. Kemudian juga bertujuan untuk mengarahkan pelanggan mengikuti email dan menjelaskan berbagai cara pemasaran berlangsung dalam bisnis Anda namun secara deskriptif.

Itulah jenis jenis email marketing untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda sedang mengembangkan bisnis baru atau yang sudah lama tapi masih ingin berkembang, coba saja gunakan email marketing.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here