SIMAK! Ternyata Ini Yang Menyebabkan Dana / Uang Penjualan Tertahan Di Shopee

0
116

Apakah sobat pernah mengalami kendala sperti ini. Sobat berhasil menjual barang/produk di shopee tapi uangnya lama banget gak cair cair? atau sobat sudah mengirimakan pesanan pembeli tapi status pesanan tidak berubah dalam sistem? Nyesek Banget kan !

Perlu diketahui khususnya para seller atau calon seller bahwa Shopee ini adalah sebuah sistem yang mana semua aktivitas semisal pesanan, pembelian, status pesanan, pencairan dana tidak terlepas dari aktivitas otomatis yang jika ada input yang salah atau tidak tepat maka bisa berakibat sistem tidak bekerja dengan semestinya atau bisa dikatakan kita akan mengalami masalah ntah itu status pesanan yang gajebo, pesanan tidak masuk ke seller, hingga yang paling bikin kesel adalah dana tertahan di shopee.

Baca Juga: Tips Ampuh Cara Jualan Di Shopee Cepat Laku & Laris

Dari pengalaman admin ainoru.com baik sebagai pembeli dan penjual di shopee. Memang pernah beberapa kali mengalami kendala dan masalah sperti yang diungkapkan diatas dan faktornya sih ada 2, kalau gak sistem yang eror berarti ada salah input dari kita.

Silakan disimak Beberapa hal yang mengakibatkan dana kita tertahan di Shopee:

1# Nomer Resi Salah

Sistem Shopee sangat peka, jika kita salah input nomer resi atau kode tracking JNE/POS maka resi tersebut tidak terbaca oleh sistem, sehingga status pesanan tidak akan berubah atau berpindah dari status #PerluDikirim menjadi #Dikirim karena kalau salah begitu saat dilacak tidak ditemukan (not found). Jika begitu maka uang / dana penjualan tidak akan masuk ke saldo. Walaupun paket sudah sampai ditangan konsumen, tapi uang tidak akan cair selama status belum berpindah dan si konsumenpun tidak bisa klik terima jika kondisinya seperti itu. karena #statusitupenting

Tapi sobat tidak usah khawatir karena jika ada kesalahan saat input misal salah satu atau dua angka nanti dalam beberapa jam sistem shopee akan memberitahu kita dengan munculnya kembali tombol kuning untuk input resi baru, tandanya ia minta di edit. Maka silakan segera diedit.

2# Paket Tidak Sampai Ke Konsumen

Kadang kenyataan memang tak sesuai keinginan, adakalanya paket tidak jelas statusnya ntah itu alamat tidak ditemukan, paket terselip digudang expedisi, paket hilang saat perjalanan dan lain sebagainya. Nah, hal ini akan mengakibatkan dana tidak cair dan hanya akan menggantung di shopee.

Untuk itu mau tidak mau kita dituntut untuk selalu ngecek status paket yang sudah dikirim, selama paket belum diterima belum berpindah status jadi sukses maka segala kemungkinan masih bisa saja terjadi.

3# Alamat Pengiriman Di Resi Tidak Sesuai Dengan Alamat Yang Di Pesanan

Kejadian ini sudah pernah kami alami, malah 2 kali. Jadi begini, saat itu ada seseorang membeli produk kami di shopee lalu invoice kami cetak, ternyata ada catatan sangat panjang di keterangan. Tak lain adalah sebuah alamat. Lalu kami konfirmasi ke pembelinya, ternyata dia adalah dropshiper. Dia minta paket dikirimkan ke alamat yang ada di catatan keterangan dan yang ia tulis di alamat utama adalah alamat dia pribadi. Seharusnya dropshipper tidak perlu menulis alamat pribadinya tapi langsung ke alamat customernya.

Kemudian kami tulis alamat tersebut secara manual dan print untuk tempel di paket. Pada saat dimasukkan resi awalnya aman, tapi hari berlalu statusnya tidak berubah dan hanya diam tak jelas. Padahal jika kami cek di web expedisi tersebut paket sudah jalan. Dan hingga paket diterimapun status tidak berubah juga.

Oleh karena itu, kami sarankan jika ada kasus seperti ini harus diperhatikan untuk tidak asal kirim, apalagi untuk produk yang tergolong mahal.

4# Sistem Error

Untuk masalah yang ke empat ini, memang bikin galau karena bukan karena kesalahan input dan proses dari kita tapi memang sistemnya sendiri. Bisa karena sedang perbaikan atau error. Yang bisa dilakukan paling ya sabar yo mas, sambil nunggu kita bisa lapor dan menghubungi support dari pihak Shopee.

Mungkin itu beberapa hal yang bisa mengakibatkan dana penjualan akan tertahan di shopee. Lantas pertanyaannya. Bagaimana solusi akhir dari kasus diatas?

Dari beberapa hal diatas memang ada yang solved oleh kami ada juga yang tidak. misal untuk kasus pertama kadang kami bisa mengoreksinya. Tapi untuk point 2 dan 3, itu sulit sekali. Sehingga kami langsung menghubungi pihak customer care shopee via email. Dan setelah mengikuti arahan dari bagian yang menangani Alhamdulillah bisa terpecahkan dan dana bisa masuk ke saldo. Pesan kami, jangan di diamkan berlama-lama jika ada permasalan semisal point diatas atau hal lain. Menurut pengalaman kami Shopee paling respect terhadap keluhan seller.

#SalamJualan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here