Saturday, August 18, 2018

10 Langkah Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Anda yang ingin memulai suatu bisnis tentunya pasti bingung untuk menentukan bisnis apa yang ingin kalian tekuni. Karena tentu saja harus memikirkan modal yang tak sedikit untuk membangun bisnis anda belum lagi ditambah untuk memasok bahan baku produk anda, dan belum lagi resiko kerugian yang bakal anda tanggung.

Pastinya dilingkungan anda juga ada kan yang menjual produk dengan yang anda jual. Bila kalah saing ya paling anda akan rugi besar. Tentunya akan berpikir ulang bukan untuk membuka suatu usaha.

Namun, jangan khawatir tentu semua masalah akan ada solusinya kan? Anda bisa juga nih dengan menjajal bisnis online yang minim budget.

Cara Memulai Bisnis Online

Terbentur modal buat usaha? Cari alternatif lain dong tentunya dengan berbisnis secara online. Karena anda tak pelu memiliki toko untuk menjual produk anda, dengan hanya mengandalkan website online usaha anda pasti akan berkembang. Tentunya dengan racikan ide dan tangan-tangan kreatif anda.

Baca juga: 10 Digital Marketing Tools Untuk Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Untuk anda yang masih pemula, tenang saja disini akan dijelaskan step by step mengenai cara bisnis memulai online untuk pemula, langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini:

  1. Menentukan produk

Untuk anda yang ingin berjualan secara online, tentunya hal pertama yang mesti anda lakukan adalah menentukan produk yang akan anda jual. Baik itu berupa jasa atau produk intinya anda harus menentukannya terlebih dahulu.

Setelah anda menentukan produk, tetap juga anda harus berpikir ulang mengenai produk tersebut mengenai para pesaing di luar sana. Karena mungkin saja ide anda telah digunakan oleh sebagian orang untuk memulai bisnisnya terlebih dahulu dibandingkan anda.

Mungkin sebagai contohnya adalah mengenai makanan online. Bisnis satu ini memang memiliki peluang yang bagus di masa depan karena produk makanan selalu diminati para pecinta kuliner dan tentu saja berkembang sesuai trend masa kini. Anda juga bisa menciptakan suatu produk makanan yang dirasa belum ada yang menjualnya.

  1. Menawarkan keahlian

Mungkin produk yang anda jual tidak memiliki kesan yang unik bagi konsumen, maka anda juga bisa nih diimbangi dengan menawarkan keahian yang anda miliki agar bisa menjadi nilai tambah. Misalnya dengan memberikan konten mengenai cara-cara berbisnis makanan untuk pemula.

Maka anda sebaiknya memiliki pengalaman dibidang kuliner atau setidaknya memiliki background yang linier. Seperti ketika anda akan memberikan informasi mengenai produk yang cocok untuk kulit yang berminyak, dengan title sarjana anda dibidang tersebut akan menjadi poin kuat dalam mempromosikan produk anda di website yang anda miliki.

  1. Mendaftar dan Membuat Domain 

Anda pasti pernah melihat nama-nama bisnis online di Internet kan, pastinya nama yang mereka gunakan unik dan mudah diingat. Maka bagi anda yang ingin terjun ke bisnis online, anda sebaiknya juga memilih nama domain yang pendek dan menarik agar bisa menarik konsumen untuk tetap mengingat produk anda.

Setelah itu, anda perlu mencari nama domain yang belum terpakai dan bisa digunakan dengan mengunjungi situs website yang menawarkan jasa registrasi domain yang telah diakui dan dipercaya. Daftarlah nama domain yang menurut anda unik dan menarik dimata para konsumen.

  1. Mencari Web Hosting 

Anda bisa menggunakan web hosting versi gratis, tapi tentunya akan bersifat sementara. Untuk anda yang ingin berbisnis dalam jangka yang lama dan akan mengelola bisnis ini dengan baik. Sebaiknya anda mencari web hosting dan menyewa layanan tersebut dengan versi premium tentunya.

Alasannya karena dengan versi premium maka semua fitur yang anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis anda tersedia dalam web hosting tersebut.

  1. Toko Online

Pastikan desain toko online anda sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Selain itu produk anda sebaiknya dimasukan ke dalam online shop anda secara professional dan penataan yang menarik, agar para pengunjung yang mengunjungi web anda merasa tertarik dan akan mengunjunginnya lagi dan lagi.

  1. Nomer Rekening

Gunakanlah rekening anda sendiri untuk bisnis online ini. Selain itu perbanyaklah fitur-fitur pembayaran agar para konsumen dapat merasakan kemudahan ketika mengaksesnya. Jangan lupa juga menambahkan beberapa akun pembayaran lain seperti bitcoin dan paypal yang diminati oleh para konsumen online.

  1. Promosi

Agar bisnis anda dapat lebih dikenal secara meluas anda bisa memanfaatkan layanan media social yang biasa digunakan sebagai ajang dalam melakukan promosi seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan promosi dengan menggunakan web gratisan.

  1. Iklan

Anda juga bisa memasang iklan disitus anda, karena dengan hanya memasang satu iklan saja akan membantu anda dalam menambah penghasilan tambahan berbisnis secara online.

  1. Menjual Produk Digital

Anda bisa juga menjual produk digital karena tentunya akan menguntungkan bagi anda mengingat produk satu ini memang sedang digemari oleh konsumen. Alasannya produk digital lebih simple dan praktis. Produknya pun bermacam-macam yang ditawarkan seperti e-book, video E-Learning, jual beli tema, dan lain sebagainya.

  1. Target Dalam Pendapatan

Jangan lupa setelah memiliki web domain sendiri anda juga harus mempunyai target dalam pendapatan. Anda bisa memulainya dari target yang paling rendah, namun harus tercapai. Yang terpenting adalah anda harus mengoptimalkan target anda, walaupun harus memulainya dari nilai yang terendah sekalipun.

Karena dengan adanya target tentunya akan membuat anda terpacu untuk lebih mengembangkan dan mengoptimalkan bisnis anda. Membuat suasana dalam berbisnis anda lebih hidup dan tidak mudah goyah dalam melawan persaingan bisnis.

Demikianlah cara bisnis online yang bisa anda pelajari dalam mengelola bisnis online anda. Walaupun anda hanya seorang pemula dalam bisnis online, tetaplah berusaha agar bisa membuat usaha online anda lebih maju.

Semoga bermanfaat. Bantu share yahh..
Terimakasih

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here