Panduan Cara Membuat Blog Di Blogger Untuk Pemula

0
160

Blog memang menjadi salah satu sarana atau media yang bisa digunakan dengan bebas sesuai dengan tujuan blog Anda. Jika Anda masih menjadi pemula dan tidak tahu banyak tentang cara membuat blog maka jangan khawatir. Semua blogger profesional berawal dari blogger pemula. Jadi tidak perlu malu jika tidak tahu cara untuk membuat blog.

Kemudian jika tujuan Anda memang hanya ingin mencoba untuk belajar maka mencoba blog gratis juga tidak ada salahnya. Siapa tahu dengan membuat blog gratis justru ini yang akan mengantarkan Anda menjadi seorang blogger profesional.

Membuat Blog Di Blogger

Setelah Anda memahami pengertian apa itu blog maka Anda tentu bingung harus memilih platform yang mana. Anda bisa melihat WordPress sebagai platform yang paling banyak digunakan. Tapi juga tidak ada salahnya mengunakan Blogger atau Blogspot sebagai platform pilihan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Jenis & Keuntungan Punya Blog

Mengapa? Karena sebenarnya Blogger diberdayakan oleh Google dimana ini disediakan dalam layanan gratis dan bisa masuk ke dalam mesin pencarian dengan tingkat yang lebih besar.

Sebelum Anda mencoba untuk membuat blog maka siapkan beberapa kebutuhan utama seperti, komputer atau laptop, jaringan internet, alamat gmail dan kertas untuk mencatat atau kebutuhan pendukung lainnya. Setelah itu ikuti langkah praktis dibawah ini.

Langkah Praktis Membuat Blog Di Blogger

1. Buka Blogger.com

Cara pertama kali untuk membuat blog di blogger memang tidak memusingkan kok. Anda cukup perlu masuk ke halaman blogger.com di halaman browser Anda. Kemudian akan terbuka sebuah halaman blogger dan klik pada “CREATE YOUR BLOG

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sebaiknya Anda sudah menyiapkan sebuah akun gmail.

2. Masukkan ke Gmail

Setelah tampilan permintaan alamat gmail dan pasword muncul, maka isi alamat dan password akun gmail Anda. Lalu klik “berikutnya” pada bagian bawah.

Sampai tahap ini masih mudah bukan?

3. Lakukan Konfirmasi Profile G+ Anda

Setelah Anda alamat dan pasword yang dimasukkan benar maka akan Google perlu membutuhkan konfirmasi G+ Anda. Anda bisa melihat nama yang sudah sesuai dengan akun gmail dan foto profile gmail yang ada di gmail.

Jika halaman profile ini sudah sesuai dan Anda setuju maka klik pada bagian “lanjutkan ke blogger

Note: disarankan untuk tidak menggunakan profil Google+ karena sebentara lagi akan dinonaktifkan

Sampai tahap ini lakukan dengan hati-hati dan tidak perlu terburu-buru.

4. Buat Blog Baru

Setelah tahap di atas benar maka Anda bisa melanjutkan untuk membuat blog baru. Pada halaman ini Anda bisa melihat beranda dengan sisi kiri yang berisi, Selamat Datang, Setelah, Daftar Bacaan, dan Bantuan.

Nah Anda tidak perlu menghiraukan bagian ini dan cukup melakukan klik pada tulisan “buat blog baru

Baca Juga  Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik & Berkualitas

5. Isi Lengkap Data Blog

bikin blog di blogger.comNah alangkah baiknya sebelum Anda mengisi halaman ini memang menyiapkan semua tujuan dan isi dari data blog Anda. Kemudian isi data blog dibawah ini secara berututan.

  • Judul

Pada bagian judul maka isi sesuai judul blog yang Anda inginkan. Karena itu inilah pentingnya menetapkan tujuan blog Anda sehingga nanti isinya sesuai. Misalnya jika Anda suka topik memasak maka buat judul seperti “resep pilihan, resep favorit” dan judul lain yang sesuai dengan konten isi blog.

  • Alamat

Nah untuk alamat maka Anda harus mengisi dengan alamat blog yang Anda inginkan. Misalnya jika memang sudah sesuai dengan resep pilihan maka isi dengan alamat : reseppilihan.blogspot.com.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat & Menarik

Mengapa bukan reseppilihan.com dan harus ada blogspot? Karena ini plaftorm gratis dari blogspot dan memang harus menggunakan blogspot dibelakang alamat blog Anda.

Ingat bahwa alamat ini tidak bisa diganti-ganti jadi perhatikan pemilihan alamat yang sesuai.

  • Tema/Template

Kemudian langkah ketiga adalah memilih tema. Blogspot menyediakan tema ini secara gratis dan Anda bisa memilih yang paling sesuai. Sebelum Anda meng-klik pada tema maka pilih dengan hati-hati agar sesuai dengan konten blog Anda.

Perhatian!

Pada langkah menuliskan judul dan alamat maka Anda harus memperhatikan tanda ceklist pada bagian samping tulisan. Jika ada tanda checklist maka artinya judul dan alamat itu bisa Anda gunakan. Sebaliknya jika yang muncul tanda seru maka ganti saja, karena judul dan alamat tersebut sudah digunakan blogger lain.

6. Lanjutkan Klik “Buat Blog!”

Nah setelah Anda selesai mengisi form data di atas maka langsung saja klik pada bagian “buat blog” pada bagian bawah. Jika Anda melakukan klik “batal” maka blog Anda tidak jadi dibuat.

Nah sampai tahap ini Anda sudah selesai membuat blog gratis di blogger. Sebenarnya tahap ini Anda belum selesai karena untuk mengisi blog maka masih membutuhkan langkah yang lain. Ikuti terus keterangan dibawah ini.

7. Belajar Menu Pada Blogger

Setelah selesai mengikuti langkah di atas, maka Anda akan dihadapkan pada tampilan halaman blogger. Tentunya sebagai pemula pasti akan bingung karena banyaknya menu pada sidebar sebelah kiri.

Jangan panik dan jangan khawatir, Anda tidak harus merubah beberapa pengaturan dasar dalam blogger. Anda bisa mengikuti panduan menu dibawah ini.penjelasan-menu-blogger

  • Postingan : pada bagian ini Anda bisa melihat semua isi daftar postingan yang sudah di publish maupun yang masih dalam bentuk draft. Jika Anda belum memiliki postingan maka isi pada bagian ini akan kosong.
  • Statistik : kemudian pada bagian statistik akan membuat Anda mengetahui semua informasi traffic atau lalu lintas pada blog. Jika Anda klik menu ini maka pada bagian bawah akan muncul data seperti :
  • Ikhtisar : yang akan menayangkan lalu lintas pada blog mulai dari bulan sebelumnya, hari ini, hari kemarin, dan pengikut blog.
  • Postingan : akan memperlihatkan lalu lintas pada jumlah tayangan postingan blog.
  • Sumber lalu lintas : akan menayangkan lalu lintas blog dengan URL dan situs yang berdasarkan keyword.
  • Pemirsa : nah ini akan menayangkan data mengenai jumlah tampilnya postingan berdasarkan browser dan sistem yang lain.
  • Komentar : pada bagian ini Anda bisa melihat semua komentar yang muncul pada postingan, termasuk juga komentar dari pembaca dan spam.
  • Kampanye : kampanye adalah layanan berbayar yang akan menampilkan adword untuk menambah pengunjung ke blog Anda.
  • Halaman : pada bagian halaman Anda bisa melihat data halaman yang sudah terbit dan halaman yang masih menjadi draft.
  • Tataletak : kemudian Anda juga bisa mengatur tata letak blog pada bagian ini. Anda bisa menambah widget sesuai selera atau bahkan menghapus dan menguranginya.
  • Tema : Untuk bagian tema akan membuat Anda bisa mengatur template sesuai keinginan. Anda bisa mengganti template tema sesuai keinginan dan semua disediakan dengan gratis.
  • Setelan : setelan adalah bagian untuk mengatur atau merubah blog sesuai setingan yang Anda inginkan. Pada bagian ini Anda bisa merubah beberapa hal seperti:
  • Setingan dasar : Anda bisa mengatur untuk judul blog, privasi, deskripsi blog, alamat blog, penulis, pengalihan dan pembaca blog.
  • Postingan komentar : Anda bisa mengatur untuk tayangan pengaturan pos dan beberapa komentar dari pengunjung.
  • Email : Anda bisa mengatur email untuk semua postingan artikel yang dipublikasikan.
  • Bahasa dan format : Anda bisa merubah pilihan bahasa sesuai kemampuan bahasa Anda.
  • Preferensi penelusuran : Anda bisa mengatur perayapan untuk mesin pencari seperti Google.
  • Setelah pengguna : Anda bisa mengatur beberapa perubahan untuk setelan umum, notifikasi dan bahasa.
  • Daftar bacaan : ini akan menampilkan artikel yang sudah ditayangkan pada blog yang Anda ikuti.
  • Bantuan : Anda bisa mendapatkan berbagai petunjuk yang lengkap tentang cara mengoperasikan blogspot.
Baca Juga  Cara Menentukan Niche Blog Yang Potensial

8. Cara Membuat Postingan Baru di Blogger

Setelah blog di blogger sudah jadi maka alangkah lebih baiknya jika disiapkan sebuah artikel yang akan menarik pengunjung. Anda bisa membuat halaman perkenalan atau artikel apapun yang akan menarik pengunjung untuk membaca isi blog Anda.

Pada dasarnya ada dua cara untuk membuat artikel ini yaitu di tulis langsung pada draft postingan baru atau di buat di Microsoft Word baru di copy paste ke halaman ini. Apapun langkah yang Anda pilih, maka pahami dulu isi dari menu postingan baru di blogger ini.cara-posting-di-blogger

  • Klik menu “Entri Baru” : setelah Anda masuk ke halaman blog dan klik “postingan” maka Anda bisa melihat ada menu “entri baru” pada bagian atas.
  • Mode penulisan : kemudian Anda bisa melihat halaman postingan baru yang memang cukup membingungkan untuk pemula. Tapi langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar tidak bingung adalah melihat mode penulisan. Nah cara memilihnya adalah:
  • Compose : ini adalah salah satu mode yang sangat umum dan sebaiknya Anda gunakan. Mengapa? karena pada mode ini bisa membuat Anda langsung menulis dengan bahasa biasa tanpa perlu memikirkan kode rumit.
  • HTML : nah untuk mode ini memang harus menggunakan penulisan dengan kode HTML yang rumit sehingga biasanya hanya digunakan untuk yang sudah ahli saja.
  • Judul postingan : pada bagian ini harus diisi judul postingan yang akan menjadi judul artikel.
  • Konten artikel : setelah mengklik “compose’ maka Anda bisa melihat halaman luas seperti Word untuk menulis. Nah inilah tempat untuk menulis isi artikel yang sudah Anda rancang. Jika Anda sudah membuat dalam bentuk word, maka tinggal copy paste ke halaman ini.
  • Toolbar : sama seperti mengetik pada Word maka pada bagian atas Anda bisa menggunakan pilihan format toolbar saat menulis. Anda bisa melakukan edit atau penyuntingan dengan tool ini. Fungsinya sama persis seperti menggunakan toolbar pada Word.
  • Menambahkan gambar : untuk menambahkan gambar seperti foto atau gambar lain pada isi artikel maka Anda bisa melakukan klik pada “insert image” yang ada di bagian toolbar. Setelah itu klik pada bagian “pilih file”. Lalu pilih pada foto yang akan ditampilan dan klik “open”. Saat proses upload selesai maka langsung saja klik “add selected”. Jika sudah berhasil maka gambar atau foto akan tampil pada halaman postingan dan Anda bisa mengatur letak foto dan ukuran.
  • Publikasikan : nah setelah artikel siap dan Anda harus memeriksa dua kali, maka klik pada bagian “publikasikan”. Ingat klik bagian ini ketika artikel sudah siap saja.
  • Simpan : jika artikel sudah ditulis tapi belum siap di publikasikan, maka klik simpan yang akan membuat artikel masuk ke dalam daftar draft. Anda bisa membuka draft ini di lain waktu ketika artikel sudah siap di tayangkan.
  • Pada samping kolom simpan, maka Anda bisa melihat kolom pratinjau. Klik bagian ini jika artikel sudah siap di publish dan Anda ingin melihat tampilan artikel ketika ditangkan. Anda bisa memeriksa artikel pada bagian ini dan kembali ke draft jika ada artikel yang masih perlu di sunting.
  • Setelan entri : pada bagian ini ada beberapa pilihan menu seperti label, jadwal, tautan permanen, lokasi dan pilihan. Anda bisa menggunakan bagian ini untuk menyunting artikel sesuai keinginan Anda.
Baca Juga  Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Jenis & Keuntungan Punya Blog

Setelah mengatur semua langkah membuat entri postingan yang baru dan artikel sudah siap, maka langkah terakhir adalah klik “publikasikan”. Dengan klik pada bagian ini maka entri pertama artikel Anda sudah muncul di blog. Anda bisa memeriksanya setelah keluar dari blog dan klik alamat blog Anda pada browser.

9. Cara Tambah Halaman di Blogger

Setelah Anda belajar membuat blog di blogger, cara membuat postingan dan berbagai pengaturan setelah yang lain, maka penting juga untuk belajar menambahkan halaman.

Fungsi dari menambah halaman adalah untuk memberi keterangan tambahan pada halaman blog sehingga pengunjung bisa langsung klik pada halaman tersebut saat tampilan blog ada di halaman browser. Nah begini caranya.

  • Jika Anda masih masuk pada akun blogspot Anda maka pada bagian halaman utama Anda.
  • Kemudian pada bagian sidebar kiri Anda bisa menemukan “halaman” lalu klik pada bagian ini.
  • Lalu muncul tampilan dan Anda bisa klik pada bagian “halaman baru
  • pada halaman ini Anda harus mengisi keterangan pada bagian judul halaman dan isi halaman.
  • Jika sudah siap maka Anda klik pada publikasikan.

10. Log in dan Sign Out

Sekarang blog Anda di Blogger sudah jadi. Jangan lupa untuk sign in saat akan masuk dengan user dan pasword Anda. Setelah selesai maka jangan lupa juga untuk sign out atau keluar. Dengan begitu blog Anda aman.

Jadi begitulan cara membuat blog di Blogger.com, mudah bukan? Namun Anda belum bisa mengatakan mudah sebelum mencobanya. Jadi, selamat mencoba ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here