Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik & Berkualitas

0
503

Artikel menjadi bagian yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah blog. Blog sendiri memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi secara luas. Konten blog sering berisi artikel yang banyak dengan berbagai model atau gaya penulisan.

Keahlian menulis menjadi hal dasar yang diperlukan. Masalahnya jika Anda tidak terbiasa menulis maka akan membutuhkan waktu yang lama sekali untuk bisa menghasilkan artikel.

Tapi untuk pemilik blog yang sudah terbiasa menulis maka pekerjaan ini sangat mudah. Siapa saja bisa menulis dengan waktu yang sangat cepat. Tentu saja keuntungan lain adalah tidak perlu membayar penulis artikel dan bisa menghemat pengeluaran untuk blog.

tips-buat-artikel-menarik-dan-berkualitasArtikel untuk blog bisa ditulis dengan berbagai macam model tulisan. Kemudian setiap konten bisa dilengkapi dengan foto atau video sehingga bisa menarik pembaca. Nah jika Anda memang sudah memiliki blog namun tidak memiliki keahlian untuk menulis artikel, maka sebaiknya perlu mempelajari dahulu.

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara membuat artikel untuk blog paling mudah.

Rencana

Pertama kali sebelum Anda mulai menulis maka Anda harus membuat rencana yang matang. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa menulis untuk blog tidak butuh rencana. Tapi semua itu salah karena tanpa rencana Anda bisa terjebak di depan komputer selama beberapa jam.

Anda hanya menulis judul dan pembukaan namun tidak tahu apa yang akan ditulis selanjutnya. Jadi sangat penting untuk menerapkan rencana penulisan yang baik termasuk tema dan bagaimana mendapatkan isinya.

Memilih Topik

Jika Anda pemilik blog tersebut dan ingin mengisinya sendiri maka Anda harus memahami cara yang tepat untuk memilih topik. Menulis topik yang disukai artinya Anda tidak perlu bekerja keras untuk memahami hal baru. Tapi menulis topik baru yang disukai pembaca juga sangat menantang. Karena itu hal lain setelah menetapkan rencana adalah memilih topik.

Jika Anda sebagai blogger baru maka pilih dulu topik yang paling disukai. Setelah itu Anda bisa menantang dengan topik baru. Daftar semua topik yang menarik minat Anda.

Buat Draft Artikel

Menulis artikel untuk blog sebaiknya memang tidak langsung di tulis pada blog. Lebih baik jika membuat draft atau rancangan kasarnya di program Microsoft Word atau Note Pad. Semua penulis artikel untuk blog akan melakukan ini karena membuat isi artikel lebih berkualitas. Berikut susunan untuk menentukan draft artikel.

  • Pengantar : berisi deskripsi singkat tentang artikel tersebut akan menjelaskan soal apa.
  • Isi : bisa dimulai dengan motivasi untuk membuka topik tersebut, kemudian hasil data penelitian, hasil interview dan lain-lain.
  • Memasukkan artikel dalam blog dan melakukan editing ulang.
  • Mengoptimalkan SEO atau sosial media.
  • Kesimpulan, periksa ulang dan posting.

Riset atau Penelitian

Tidak semua hasil tulisan di artikel yang sudah dibuat bisa diterima oleh pembaca. Pro dan kontra pasti akan terus terjadi. Karena itu menulis artikel tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan riset atau penelitian. Jangan sampai hasil tulisan menipu atau mengecewakan pembaca.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meneliti sebuah sumber. Misalnya dengan mencari sumber lewat internet, melakukan interview langsung dengan narasumber, datang langsung ke lokasi atau sumber berita dan cara yang lain. Semakin akurat riset maka hasil tulisan akan semakin baik.

Buat Judul Menarik

Judul memiliki bagian yang sangat penting dalam penulisan artikel. Jika Anda ingin membuat sebuah artikel yang menarik pembaca maka buat judul yang tidak bisa ditolak oleh pembaca.

Selama ini banyak sekali blogger yang membuat artikel dengan menulis isinya tanpa menarik judul lebih dulu. Jika seperti itu maka judul akan terdengar aneh dan tidak menarik. Bahkan terkesan membingungkan pembaca. Untuk menghindari ini maka buat judul yang membantu mengarahkan pembaca pada artikel.

Teliti Topik

Memilih topik yang membuat pembaca terkesan dan pasti dibaca memang tidak mudah. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah harus meneliti topik. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk bisa menemukan topik yang sangat menarik.

Cara cepat untuk meneliti topik yang menarik adalah dengan meninjau dari postingan yang serupa dari web lain. Anda juga bisa memilih topik dengan melakukan survei ke pembaca melalui sosial media dan media lain. Dapatkan sumber yang jelas untuk menentukan topik sehingga aman untuk artikel Anda.

Coba Teknik Copywriting

Copywriting adalah sebuah ilmu yang harus dikuasai dalam jurnalisme. Semua orang akan melakukan tehnik ini untuk mendapatkan hasil artikel yang lebih baik. Cara ini bisa dikatakan sebagai tehnik mencuri namun sebenarnya dilakukan secara halus.

Anda bisa mempelajari dari artikel asli kemudian olah judul dan isi yang sama dari artikel tersebut. Namun kata-kata, kalimat dan struktur harus berbeda. Penting untuk mempertimbangkan faktor plagiarisme agar tidak terjadi. Jangan sampai membuat copywriting yang termasuk dalam plagiat sehingga blog Anda tidak dipercaya oleh pembaca.

Buat Artikel Seperti Untuk Anda

Ketika Anda membuat sebuah artikel maka pertimbangkan untuk membuat Anda yang ingin membaca artikel tersebut. Jangan sampai Anda membuat berita yang tidak diinginkan dan tidak nyaman untuk dibaca.

Hal pertama setelah artikel selesai ditulis adalah dengan membaca ulang berkali-kali. Anda harus memiliki posisi yang tepat sebagai pembaca sehingga Anda bisa tahu jika artikel tersebut pantas atau tidak untuk diposting. Lakukan edit beberapa kali sampai artikel sempurna.

Kritik Artikel Anda Sendiri

Ketika artikel sudah diposting dan mendapatkan banyak komentar atau perhatian pembaca maka jangan langsung puas. Ketika Anda merasa puas maka artikel berikutnya pasti tidak ada kemajuan.

Pertimbangkan untuk melihat komentar-komentar yang kurang menarik dan kebencian. Setelah itu Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah komentar tersebut. Praktekkan untuk artikel selanjutnya.

Tahu Bahwa Artikel Tidak Sempurna

Semua blogger pasti ingin memiliki isi blog yang sempurna dan menarik pembaca. Tapi Anda harus tahu bahwa itu tidak bisa terjadi seratus persen. Anda harus tahu bahwa ada beberapa pembaca yang tidak menyukai isi artikel Anda. Karena itu Anda harus memahami bahwa artikel yang sudah Anda tulis dan posting di blog memang tidak sepenuhnya sempurna.

Memiliki pemikiran seperti ini akan membuat Anda tahu apa yang harus dilakukan. Anda bisa melihat cara-cara untuk membuat artikel lebih sempurna. Akhirnya Anda bisa memahami bahwa membuat artikel perlu dilakukan sampai menjadi ahli.

Jangan Lupa dengan SEO

Banyak blogger baru yang tidak memahami bahwa membuat artikel yang bisa masuk dalam 4 rangking di mesin pencari memang perlu tehnik. Tehnik yang sangat umum adalah dengan menerapkan SEO.

SEO menjadi cara agar judul dan isi bisa masuk ke mesin pencari sehingga pembaca tertarik. Jika mesin pencari mengeluarkan artikel di awal maka pembaca bisa melakukan klik.

Ada berbagai langkah untuk menerapkan SEO seperti dengan perbandingan keyword, judul yang tertaut dengan link, jumlah kata dalam artikel, internal link, hindari typo, heading dan sub heading dan masih banyak lagi.

Begitulah cara membuat artikel untuk blog paling mudah. Setiap orang bisa memiliki pengalaman yang berbeda saat menulis artikel. Namun hal yang paling penting adalah segera mencoba menulis artikel setelah melihat beberapa tehnik tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here