Sekilas mungkin judul postingan ini terkesan mainstream, tapi ini nyata. Jualan di Marketplace memang cukup menggiurkan karena disamping difasilitasi pengunjungnya juga udah banyak, kita hanya tinggal gelar tikar saja.

Bagaimana-agar-jualan-cepat-laris

Tapi memang, tak ada yang instan selain mie rebus ^_^ Untuk hasil yang keren, kita dituntut untuk usaha maksimal. Ada kerja keras untuk optimasi, ketekunan untuk membalas chat dan diskusi, kreatif melakukan promosi, hingga kesabaran menunggu orderan. Tapi semuanya akan terobati dengan banjir pesanan..InsyaAllah. yakin !

Kebanyakan dari Sobat mungkin sudah mengetahui tips yang saya tulis ini, karena memang ini bukan hal aneh lagi bagi para mastah imers, tapi tulisan inipun saya tujukan untuk yang belum mengetahui saja. Jadi mastah dilarang baca ini ^^

Dari apa yang pernah dan selalu saya lakukan selama berjualan di Shopee, sedikitnya ada 3 hal yang menjadi pendorong naiknya penjualan di Shopee. Dan ini adalah Rahasia Jualan Laris saya selama berjualan di Shopee.

1# OPTIMASI

Langkah pertama yang harus Sobat lakukan agar produk jualan cepat laris adalah dengan mengoptimasi toko dan produk yang sobat posting. Bagaimana caranya?

Optimasi-Produk-Di-Shopee

Optimasi yang saya maksud adalah:

  • Memililih nama brand toko yang unik dan menarik
  • Menggunakan logo toko
  • Memasang banner toko yang menarik
  • Melengkapi data toko (alamat, tagline dll)
  • Posting produk dengan judul yang menarik dan menjual
  • Gunakan gambar produk yang bagus, tidak blur dan beda dari yang lain yang sejenis
  • Lengkapi deskripsi produk
  • Dll.

Untuk lebih detailnya tentang Bagaimana Optimasi Toko dan Postingan, Sobat bisa lihat Disini.

2# PENAWARAN HARGA TERBAIK

Harga-Produk-Harus-Kompetitif

Berbeda dari berjualan di Toko Online sendiri. Marketplace sangat peka terhadap perbedaan price/harga, karena marketplace terdiri banyak toko berbeda yang kesemuanya saling berkompetisi mendapatkan customer. Apalagi jika produk yang sobat jual adalah produk umum yang memiliki kesamaan dengan toko lain, baik dari jenis atau model. Sudah barang pasti persaingannya akan semakin ketat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan penawaran harga terbaik dari toko sobat. Bagaimana caranya?

Pertama tama silakan sobat riset dengan cara mengetikkan keyword/kata kunci produk yang sobat jual di pencarian shopee. Setelah itu filter pencarian dengan penjualan terbanyak/terlaris/ review terbanyak. Perhatian baris setelah baris pertama! Apakah disitu ada produk sobat? Jika tidak ada berarti produk sobat memiliki harga yang tidak kompetitif.

Jika sobat berani, sobat bisa melakukan cara ini. yaitu dengan merubah harga yang sama dengan kompetitor sobat. Ini memang cara gila, tapi percayalah cara ini cukup ampuh menaikkan omset penjualan sobat. Dan satu hal lagi, Saran saya gunakan juga harga psikologi. contohnya: harga produk sobat Rp.10.000,- maka sobat bisa menggantinya dengan Rp.9.999,-. Hampir sama kan? tapi bagaimana pikiran sobat membedakan kedua harga tersebut? Yaps, itulah harga psikologi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan Di Shopee
                 Ngintip Produk Terlaris Dan Lagi Trending Di Tokopedia

3# GUNAKAN FITUR PROMO

Shopee telah menyediakan beberapa fitur promo untuk menunjang dan memudahkan para seller dalam menjangkau dan menggaet calon customer, malah baru – baru ini Shopee merilis fitur promo ads, yang mana kita dapat memposisikan produk kita di bagian teratas berdasarkan kata kunci – kalau di Google semacam Google Adwords dan di Tokopedia ada TopAds. Nah kalau di Shopee namanya Iklanku ( Kenapa bukan ShopAds yaa? 😀 ) . Apabila dibahas sekarang sepertinya akan sangat panjang, paling nanti saya bahas di artikel khusus ya tentang bagaimana cara promosi dan bagaimana cara beriklan.

Fitur Promo Shopee

Dari 4 Fitur Promo yang ada, Saya akan uraikan 2 fitur yang menjadi point penting untuk bisa Sobat maksimalkan setiap saat dan tanpa batasan waktu.

  • Promo Toko. yaitu promo yang bisa dilakukan kapan saja dengan memilih produk tertentu dengan cara memberikan diskon harga spesial sesuai keinginan Sobat. Promo ini kita setting sendiri waktu mulai dan berakhirnya dan dapat pula kita edit walaupun sudah tayang. inilah adalah cara pertama yang bisa Sobat lakukan untuk menarik calon customer. Jika promo ini sudah tayang, maka dibagian kiri produk ada embed OFF sekian persen sesuai settingan Sobat.
  • Iklanku. Iklanku adalah fitur promo yang disediakan Shopee spesial buat Sobat yang ingin produknya nangkring di halaman pertama baris pertama halaman pencarian sesuai kata kunci. Sobat bisa membidik dan menambahkan beberapa kata kunci untuk 1 produk yang di iklankan. Budgetnya memang tidak murah, setiap kata kunci memiliki biaya klik yang berbeda tergantung kompetisi dan tinggi rendahnya pencarian. Fitur ini bisa dikombinasikan dengan Promo Toko dengan diskon sekian persen lalu iklankan dangan fitur iklanku.

Tips diatas sangatlah mudah untuk dipraktikkan terutama untuk pemula yang baru terjun jualan di Shopee karena tidaklah rumit. Hanya saja mungkin yang sulit adalah konsisten dalam melakukannya. Jadi point pentingnya adalah Sobat wajib konsisten dan punya komitment dengan goals yang akan dicapai.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan memiliki kontribusi terhadap pencapaian keberhasilan Sobat. Untuk mengetahui teknis dan tutorialnya Sobat bisa meng-klik link yang ada di sela artikel ini.

Sobat boleh meninggalkan komentar di ujung artikel ini, jika ada yang tidak dipahami atau memberikan masukan. Silakan share jika dirasa bermanfaat dan peduli terhadap rekan sobat.

Semoga Berhasil

#salamkeren

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here