Panduan Cara Jualan di Tokopedia, Gampang Kok!

0
916

Mengenal tokopedia tentu memang sudah tidak asing lagi. Semua penduduk Indonesia sudah tahu tentang tokopedia. Iklan tokopedia bahkan masuk di penyiaran televisi sehingga memang bisa dijangkau ke seluruh pelosok di negeri ini. Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang laris karena berbagai kemudahan dan fitur yang sangat up to date.

Adanya tokopedia tidak hanya menguntungkan untuk pembeli saja tapi juga penjual. Penjual bisa bersaing dengan toko lain dan pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih rendah.

Proses untuk melacak pencarian produk juga bisa dilakukan dengan halaman pencari seperti Google atau browser yang lain. Aplikasi Tokopedia yang bisa diinstal di Android dan iOS juga sangat memudahkan penjual dan pembeli.

Lalu ada hal yang sangat menarik lagi dari Tokopedia. Setiap penjual bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan adanya transaksi yang meningkat. Mungkin pada awalnya sistem ini terlihat rumit namun tidak jika sudah dipraktekkan. Lalu bagaimana cara untuk berjualan di Tokopedia?

Ikuti informasi mengenai tata cara jualan di Tokopedia, seperti dibawah ini.

Memulai Jualan Di Tokopedia

Buat akun di Tokopedia

Tokopedia tidak membedakan akun pembeli dan penjual, sehingga setelah Anda membuat akun maka bisa digunakan untuk kedua aktifitas tersebut. Cara untuk membuat akun di Tokopedia sangat mudah. Ikuti saja langkah dibawah ini.

  • Masuk ke halaman tokopedia.com lalu klik “daftar
  • Anda bisa memproses pendaftaran akun dengan cara manual, melalui Facebook dan Google.
  • Isi kelengkapan data pada halaman form yang tersedia dari Tokopedia. Saran saja sebaiknya isi data dengan jujur karena data ini penting untuk akun toko Anda.
  • Kemudian setelah selesai klik pada tulisan “daftar akun”
  • Lalu Anda akan menerima email dari Tokopedia untuk konfirmasi, buka email dan klik pada tulisan “kirim ulang email aktifasi” untuk mengaktifkan akun Anda jika halaman konfirmasi lama tidak muncul.
  • Klik pada tampilan email yang muncul yaitu “aktifkan akun Anda

Lakukan Verifikasi Nomer Ponsel

Setelah Anda selesai melakukan aktifasi akun di Tokopedia maka ada satu tahap lagi agar Anda bisa menggunakan akun tersebut. Tahap ini adalah untuk melakukan verifikasi pada nomer ponsel Anda.akun-tokopedia

Jadi setelah mengaktifkan akun maka akan ada tampilan untuk menyebutkan nomer verifikasi ponsel Anda. Isi pada data yang diminta, kemudian Tokopedia akan mengirimkan 6 digit kode verifikasi melalui SMS, setelah itu isi kode lalu submit dan proses ini selesai.

Siap Buka Toko di Tokopedia

Sekarang akun yang Anda buat tadi sudah bisa digunakan untuk membuka toko atau untuk membeli produk. Jika memang ingin membuka toko maka bisa mengikuti langkah dibawah ini:

cara bikin toko di tokopedia

  • Masuk ke akun Tokopedia Anda.
  • Kemudian klik pada gambar toko dan klik pada tulisan “Buka Toko”
  • Lalu isi pada form yang tersedia dan lakukan secara perlahan saja. Untuk nama toko sudah tidak bisa dirubah sehingga lakukan pengecekan “cek nama toko” agar nama toko Anda tidak sama dengan toko lain.
  • Isi nama domain toko Anda dan Anda juga harus mengecek dengan klik “cek domain”. Nama domain ini sangat penting untuk membuat link toko Anda saat promosi.
  • Isi pada tampilan peta yang muncul dengan cara mengisi alamat toko. Jika memang titik peta sesuai maka klik pada tulisan “Gunakan lokasi ini”
  • Atur untuk semua isi form pada jasa ekspedisi atau pengiriman toko Anda.
  • Setelah semua data diisi semua maka klik “buka toko”
  • Akhirnya toko Anda sudah jadi dan siap untuk digunakan berbisnis.

Mengisi Data Produk

Jika Anda memang sudah memiliki produk yang akan dijual maka siapkan data yang akan diisi pada form penjualan produk. Sebelumnya Anda juga harus menyiapkan foto produk yang paling jelas dan berkualitas sehingga mudah dilihat pembeli. Berikut ini cara mengisi toko Anda dengan produk.posting-produk

  • Masuk ke akun toko Anda di Tokopedia
  • Klik gambar toko dan tanda tulisan “ + produk”
  • Masukkan foto produk dan lebih baik sebanyak 4 sampai 5 foto dengan ukuran terbaik 700 x 700 px.
  • Isi data nama produk, kategori produk, etalase yang sudah Anda buat, minimal pemesanan, harga, harga grosir (jika ada), data produk jika selalu ada, stok terbatas atau tidak ada stok, nomer SKU produk, deskripsi produk (baru atau bekas, keterangan produk, video produk yang langsung terhubung dengan link youtube, atur proses pengiriman lalu simpan.
  • Jika akan langsung menambahkan produk maka klik simpan & tambah baru.

Toko Siap Menerima Pesanan

Nah setelah itu semua isi produk dalam toko Anda bisa dilihat dalam ikon Daftar Produk. Anda bisa menunggu produk sampai dipesan oleh pembeli. Pihak Tokopedia akan menyampaikan pesan ketika ada pemesanan produk dan produk sudah dibayar oleh pembeli.

Jika ada chat dari pembeli maka Anda harus segera menjawab sehingga toko memiliki respon yang sangat baik. Setelah ada pesanan maka jangan lupa untuk memeriksa stok produk apakah ada atau tidak.

Jika stok barang ada maka proses penjualan ini bisa diproses dalam waktu kurang lebih 3 hari. Saat stok produk Anda habis dan tidak bisa memproses penjualan maka Anda bisa menolak. Namun toko Anda juga akan terkena feedback yang cukup buruk dan menurunkan nilai performa toko.

Proses Pengiriman Barang

Setelah pembeli melakukan pembayaran dan Anda sudah memproses pemesanan,  maka langkah selanjutnya adalah mengirim paket. Sebelumnya Anda bisa mencetak resi pada halaman transaksi. Proses ini biasanya dilakukan secara otomatis untuk menghindari kesalahan input nomer resi.

Setelah itu Anda bisa menggunakan beberapa fitur ekspedisi yang sudah Anda atur dalam pengaturan toko dan dipilih oleh konsumen. Kemudian kirim paket atau paket diambil oleh kurir dan ikuti perjalanan produk Anda sampai di tangan pembeli.

Anda bisa memeriksa halaman transaksi secara berkala untuk mengetahui jika memang ada kendala dalam pengiriman atau barang sudah sampai di alamat pembeli.

Dana Masuk ke Saldo Tokopedia

Jika memang paket sudah diterima oleh pembeli maka pembeli akan mengkonfirmasi bahwa paket sudah datang. Setelah itu dana akan masuk ke saldo Tokopedia Anda secara langsung.

Tapi jika ternyata konsumen tidak mengkonfirmasi paket sudah sampai tapi laporan ekspedisi sudah ada maka dana akan sampai di saldo Tokopedia Anda dalam waktu 2 hari sejak ada konfirmasi dari ekspedisi.

Tips Sukses Jualan Di Tokopedia

Setelah Anda membuka toko di Tokopedia maka biasanya perlu waktu agak lama sampai ada pesanan. Semua ini karena banyaknya pesaing di Tokopedia. Lebih lagi kalau ternyata produk yang Anda jual sangat umum sehingga persaingan harga juga sangat ketat.

Ingat bahwa pembeli di Tokopedia juga mencari produk dengan harga yang paling miring, jadi pastikan harga yang Anda tawarkan memang tidak terlalu berjarak dengan toko lain.

Jadi setelah Anda memiliki toko maka Anda tetap perlu melakukan usaha lain agar lebih sukses. Berikut ini trik cerdas agar jualan di Tokopedia Anda laris.

1. Buat Lebih dari Satu Toko

Jika Anda pernah masuk ke pasar atau mall maka biasanya ada beberapa pemilik toko yang ternyata memiliki toko yang sama. Artinya kemungkinan ada penjual yang memiliki lebih dari satu toko dengan nama yang berbeda, meskipun lokasinya sama atau berdekatan.

Nah trik ini juga bisa Anda coba di Tokopedia. Tujuan utamanya adalah membuat pelanggan atau calon pembeli lebih mudah dalam menemukan produk Anda. Jadi tidak masalah jika Anda memiliki dua atau tiga toko di Tokopedia.

Ini hanya trik saja, adapun jika Anda berfokus pada 1 toko saja dengan catatan diurus dan dioptimasi secara maksimal bisa jadi itu “lebih baik“.

2. Upload Produk Setiap Hari

Setelah Anda memiliki lebih dari satu toko maka pastikan Anda terus memasukkan atau upload produk secara rutin atau setiap hari. Anda bisa memasukkan beberapa produk yang sama atau berbeda sesuai dengan jenis toko yang Anda buka.

Cara ini akan membuat pelanggan bisa menemukan produk dengan sangat mudah dan bisa saja dalam halaman pencarian selalu muncul toko Anda dan dilirik oleh calon pembeli.

  1. Pemilihan Nama Produk

Sistem dalam Tokopedia sendiri ternyata melacak nama produk sebagai kata kunci dalam pencarian. Karena itu setiap pembeli yang mengetikkan kata kunci dalam pencarian maka bisa muncul berbagai jenis produk yang berhubungan.

Misalnya adalah jika Anda menjual tupperware maka bisa membuat judul tempat minum tupperware, botol tupperware bergaransi, botol minum awet tupperware. Nah masih banyak lagi kata kunci lainnya. Jadi Anda harus membuat kata kunci sebagai nama produk secara  bervariasi.

  1. Deskripsi Toko yang Jelas

Lalu setelah Anda membuka toko maka pikirkan mengenai deskripsi dan keterangan toko yang jelas. Langkah ini sangat penting untuk membantu pembeli dalam mempercayai toko Anda.

Meskipun dana memang terjamin oleh Tokopedia, tapi Anda harus membuat pembeli bisa percaya. Jadi katakan dalam halaman pengaturan toko tentang siapa toko Anda, apa yang Anda jual, apa yang paling spesial di toko Anda.

  1. Respon dan Pengiriman yang Cepat

Kemudian cara lain untuk mendapatkan banyak pembeli adalah dengan membuat respon proses yang cepat termasuk untuk pengiriman. Jangan sampai pembeli selalu menunggu kapan barang akan dikirim, meskipun Tokopedia memberi kesempatan sampai 2 hari atau 90 hari dengan sistem PO.

Lalu evaluasi jasa pengiriman yang selalu Anda gunakan. Jika pernah terjadi kesalahan atau masalah dari jasa pengiriman maka untuk sementara waktu jangan menggunakan jasa pengiriman tersebut.

  1. Kelompokkan Setiap Etalase

Dalam satu toko maka Anda bisa membuat berbagai etalase yang berbeda. Misalnya Anda bisa mengelompokkan produk sebagai etalase ready stok, etalase barang PO, etalase barang terbatas dan berbagai kelompok yang lain. Dengan cara ini maka konsumen bisa memilih produk secara langsung dengan mudah.

  1. Fitur Diskon dan Gold Merchant

Untuk menarik pembeli maka Anda juga bisa menggunakan fitur diskon. Cara ini sangat baik untuk membantu agar konsumen tertarik dengan toko Anda. Tapi Anda juga harus memperhatikan harga diskon dengan persaingan harga dari toko lain.

Cara lainnya adalah dengan menjadi anggota gold merchant. Cara ini sangat penting untuk meningkatkan reputasi toko sehingga pembeli lebih percaya dengan toko Anda.

Nah ternyata seperti itulah cara jualan di Tokopedia yang sangat mudah. Sudah tidak penasaran khan? Jadi langsung saja coba, siapa tahu Anda menjadi salah satu pemilik toko paling laris di Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here