Saturday, August 18, 2018

Bagaimana Cara Belanja Di Shopee Agar Gratis Ongkir?

Diantara sekian banyak marketplace yang ada, hanya beberapa saja yang menerapkan konsep free ongkir secara konsisten. Dan salah satunya dalah shopee. Shopee merupakan marketplace yang usianya terbilang muda; mulai masuk ke Indonesia skitar awal bulan desember 2015. Sebenarnya shopee sendiri mengalami perubahan konsep yang awalnya aplikasi mobile commerce yaitu wadah belanja online yang lebih fokus pada platform mobile, namun sekarang shopee sudah bisa diakses via dekstop; laptop atau komputer sama seperti marketplace pada umumnya.

Shopee-Free-Ongkir

Namun, menurut saya shopee masih mempunyai keunggulan lain yang membedakan dengan marketplace lain yaitu fitur pesan instan atau chating secara langsung; marketplace serasa media sosial :D. Dan salah satu hal yang paling menarik juga paling diburu customer adalah Gratis Ongkir – yah siapa yang tidak ngiler kalau ditawarin gratis ongkir 😀 Pertanyaannya, Bagaimana cara pesan barang di shopee agar dapat gratis ongkir? Apakah ada syarat tertentu untuk mandapatkan gratis ongkir? Berikut penjelasan lengkapnya Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir.
Sebelum Sobat belanja, alangkah baiknya mengetahui ketentuan program free ongkirnya,

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan masing-masing program

periode 1 – 28 Februari 2018:

Program 1: Subsidi Ongkir adalah Rp30.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) dengan min. belanja Rp90.000 di Shopee Mall untuk seluruh jasa kirim yang didukung oleh Shopee, kecuali GO-SEND Instant Delivery & J&T Express.

Syarat & ketentuan:

  1. Program ini berlaku untuk opsi pengiriman JNE REG, JNE OKE, Pos Kilat Khusus dan GO-SEND Same Day Delivery di Shopee Mall.
  2. Penjual Shopee Mall wajib untuk memasukkan no. resi yang sah untuk pengiriman dengan jasa kirim JNE dan Pos Kilat Khusus. No. resi untuk pengiriman dengan jasa kirim GO-SEND Same Day Delivery akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem Shopee. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi yang sah.
  3. Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
  4. Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min. Rp90.000 per toko Shopee Mall dalam satu kali checkout.
  5. Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua), Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
  6. Untuk paket JNE REG, JNE OKE dan Pos Kilat Khusus, penjual Shopee Mall wajib mengisi berat barang produk dengan tepat. Jika berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan lebih dari subsidi, maka kekurangan ongkir dapat terjadi dan akan ditanggung oleh penjual Shopee Mall sendiri.
  7. Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
  8. Penjual Shopee Mall dapat memasukkan no. resi melalui Seller Centre di sini.
  9. Untuk penjual Shopee Mall yang menggunakan jasa kirim JNE, penjual Shopee Mall dapat menggunakan JOB (JNE Online Booking) di counter JNE yang tersedia. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana penggunaan JOB (JNE Online Booking) di aplikasi Shopee.
  10. Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk sehingga no. resi harus dimasukkan secepatnya setelah pengiriman, sebelum dana dilepaskan. Sistem input resi:
    • No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika tanggal dan waktu no. resi adalah sebelum waktu konfirmasi pembayaran pesanan.
    • No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika no. resi sudah pernah dipakai sebelumnya.
    • Jika no.resi belum dapat divalidasikan oleh sistem JNE atau Pos Indonesia, maka no. resi akan tersimpan di aplikasi Shopee terlebih dahulu dan sistem akan memberikan minimal 24 jam sebelum mengecek dan merubah status no. resi menjadi “Sah” atau “Ditolak”.
    • Jika penjual Shopee Mall memasukkan no. resi salah maka penjual Shopee Mall memiliki kesempatan untuk mengubah no. resi yang belum divalidasi oleh Shopee dalam 3 hari sejak pengisian no. resi pertama.
  11. Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up driver GO-SEND, penjual dapat langsung menghubungi:
    • Call Center GO-SEND: (021) 5055-22200. Jam kerja: Senin – Minggu pk 08:00 – 24:00.
  12. Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual Shopee Mall adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
  13. Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
  14. Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke Shopee Mall untuk pesanan yang retur.
  15. Jika penjual Shopee Mall menemui masalah teknis saat memasukkan no. resi ke sistem Shopee, penjual Shopee Mall dapat mengirimkan no. resi, no. pesanan dan foto fisik resi ke support@shopee.co.id untuk klaim biaya ongkir.
  16. Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual Shopee Mall tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
  17. Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir ataupun no. resi yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya. Selain itu, untuk kasus dimana no. resi yang sama terdaftar pada dua pesanan yang berbeda, pihak Shopee berhak memberikan subsidi ongkir hanya kepada pihak yang pertama memasukkan no. resi tersebut.
  18. Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual Shopee Mall atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
  19. Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual Shopee Mall.
  20. Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual Shopee Mall.
  21. Estimasi ongkos kirim ditentukan berdasarkan berat barang dan lokasi pengiriman dari JNE atau Pos Indonesia, untuk GO-SEND Same Day Delivery ongkos kirim rata sebesar Rp15.000 selama dalam kota Jabodetabek. Bila Penjual menginput berat barang yang salah (kondisi aktual produk lebih berat dari berat barang yang diinput ke Shopee) maka selisih kekurangan biaya ongkos kirim yang berbeda dari aplikasi tidak akan dibayarkan oleh Shopeee dan akan tetap dibebankan ke Penjual.

 

Program 2: Subsidi Ongkir adalah Rp20.000/ pesanan dengan min. belanja Rp90.000 di seluruh toko Shopee berlaku untuk jasa kirim J&T Express.

Syarat & ketentuan:

  1. Program ini berlaku untuk pengiriman paket J&T Express dari seluruh penjual Shopee.
  2. No. resi untuk pengiriman dengan jasa kirim J&T Express akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem Shopee. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi tersebut.
  3. Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp20.000 dengan min. belanja Rp90.000  per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
  4. Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp90.000 per toko dalam satu kali checkout.
  5. Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp20.000, Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
  6. Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
  7. Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk.
  8. Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
  9. Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
  10. Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke penjual untuk pesanan yang retur.
  11. Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up J&T Express, penjual dapat langsung menghubungi:
    • Call Center J&T Express: 0800-100-1188. Jam kerja: 24 Jam Gratis.
  12. Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
  13. Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya.
  14. Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
  15. Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual.
  16. Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual.

 

Program 3: Subsidi Ongkir adalah Rp30.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) dengan min. belanja Rp120.000 di toko Shopee lainnya untuk seluruh jasa kirim yang didukung oleh Shopee, kecuali GO-SEND Instant Delivery & J&T Express.

Syarat & ketentuan:

  1. Program ini berlaku untuk pengiriman paket JNE REG, JNE OKE, Pos Kilat Khusus dan GO-SEND Same Day dari seluruh penjual Shopee, kecuali Shopee Mall.
  2. Penjual wajib untuk memasukkan no. resi yang sah. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi yang sah.
  3. Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
  4. Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp120.000 per toko dalam satu kali checkout.
  5. Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua), Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
  6. Penjual wajib mengisi berat barang produk dengan tepat. Jika berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku danPapua) maka kekurangan ongkir dapat terjadi dan akan ditanggung oleh penjual sendiri.
  7. Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
  8. Penjual dapat memasukkan no. resi melalui Seller Centre di sini.
  9. Untuk penjual yang menggunakan jasa kirim JNE, penjual dapat menggunakan JOB (JNE Online Booking) di counter JNE yang tersedia. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana penggunaan JOB (JNE Online Booking) di aplikasi Shopee.
  10. Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk sehingga no. resi harus dimasukkan secepatnya setelah pengiriman, sebelum dana terlepas. Sistem input resi:
    • No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika tanggal dan waktu no. resi adalah sebelum waktu konfirmasi pembayaran pesanan.
    • No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika no. resi sudah pernah dipakai sebelumnya.
    • Jika no.resi belum dapat divalidasikan oleh sistem JNE atau Pos Indonesia, maka no. resi akan tersimpan di aplikasi Shopee terlebih dahulu dan sistem akan memberikan minimal 24 jam sebelum mengecek dan merubah status no. resi menjadi “Sah” atau “Ditolak”.
    • Jika penjual memasukkan no. resi salah maka penjual memiliki kesempatan untuk mengubah no. resi yang belum divalidasi oleh Shopee dalam 3 hari sejak pengisian no. resi pertama.
  11. Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
  12. Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
  13. Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke penjual untuk pesanan yang retur.
  14. Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up driver GO-SEND, penjual dapat langsung menghubungi:
    • Call Center GO-SEND: (021) 5055-22200. Jam kerja: Senin – Minggu pk 08:00 – 24:00.
  15. Jika penjual menemui masalah teknis saat memasukkan no. resi ke sistem Shopee, penjual dapat mengirimkan no. resi, no. pesanan dan foto fisik resi ke support@shopee.co.id untuk klaim biaya ongkir.
  16. Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
  17. Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir ataupun no. resi yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya. Selain itu, untuk kasus dimana no. resi yang sama terdaftar pada dua pesanan yang berbeda, pihak Shopee berhak memberikan subsidi ongkir hanya kepada pihak yang pertama memasukkan no. resi tersebut.
  18. Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
  19. Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual.
  20. Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual.
  21. Estimasi ongkos kirim ditentukan berdasarkan berat barang dan lokasi pengiriman dari JNE atau Pos Indonesia, untuk GO-SEND Same Day Delivery ongkos kirim rata sebesar Rp15.000 selama dalam kota Jabodetabek. Bila Penjual menginput berat barang yang salah (kondisi aktual produk lebih berat dari berat barang yang diinput ke Shopee) maka selisih kekurangan biaya ongkos kirim yang berbeda dari aplikasi tidak akan dibayarkan oleh Shopeee dan akan tetap dibebankan ke Penjual.

Jika sudah memahmi ketentuan diatas, Sobat bisa langsung belanja. Caranya cukup mudah, panduannya sebagai berikut:

  • Pertama-tama Sobat harus sudah mempunya akun atau sudah daftar di shopee. Jika belum silakan daftar dulu disini >> https://shopee.co.id Dan jika ingin mudah Sobat bisa mengikuti panduannya disini >> https://ainoru.com
  • Setelah Sobat mempunyai akun, silakan cari barang atau produk yang ingin dibeli, tapi pastikan produk tersebut masuk daftar gratis ongkir, yang dapat dilihat dibagian pojok kanan bawah ada gambar mobil kecil warna hijau.

cara-belanja-di-shopee-agar-free-ongkir

  • Silakan klik produknya dan klik beli sekarang atau tambahkan ke keranjang jika ingin menambah produk yang lain, dan jangan lupa pilih jumlah item yang akan dibeli.
  • Setelah itu, sobat bisa lihat di rincian pembelian, ongkirnya akan 0, jika masih ada angkanya berarti kemungkinannya seperti yang ada diketentuan diatas, ntah itu lokasi yang diluar pulau yang memiliki ongkir diatas ketentuan ataukah sisa checkout gratis ongkir Shopee sobat sudah habis, karena sudah beberapa kali belanja.

Itulah cara mudah belanja di shopee dengan memanfaatkan free ongkir. Gunakan kesempatan, selagi Shopee memanjakan pembeli / konsument dengan gratisan.. ^_^

Semoga bermanfaat!

Related Articles

4 COMMENTS

  1. I often visit your page and have noticed that you don’t update it often. More frequent updates will give
    your website higher rank & authority in google.

    I know that writing articles takes a lot of time, but you can always help yourself with miftolo’s
    tools which will shorten the time of creating
    an article to a couple of seconds.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here