Saturday, August 18, 2018

Tips & Panduan Cara Belanja Di Bukalapak Tanpa Ribet

Seiring dengan perkembangan zaman, belanja online semakin mudah saja dilakukan. Selain melakukannya lewat situs web yang tersedia, sekarang Anda juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone atau tablet untuk berbelanja. Belanja punt tak lagi menjadi suatu aktivitas yang memerlukan waktu khusus. Anda bisa berbelanja hampir di manapun Anda berada.

Salah satu layanan belanja online yang sering digunakan di Indonesia adalah bukalapak. Layanan dari bukalapak sendiri sudah terbukti dinikmati oleh berbagai kalangan, karena iklannya saja sudah tersebar di mana-mana. Iklan di televisi pun tak sedikit ditayangkan. Aplikasinya bisa diunduh gratis di app store maupun google play store.

Belanja di bukalapak memiliki beberapa kelebihan dan menawarkan kemudahan. Salah satunya, proses pemesanan barang di bukalapak bisa dilacak sehingga kita tak perlu kebingungan menunggu pengiriman yang tak pasti. Setelah melakukan pembayaran, kita bisa langsung memeriksa sampai mana pesanan kita diproses tanpa harus mengulang proses login sehingga ini tidak memakan waktu. Di artikel ini, anda bisa menemukan mudahnya cara belanja di bukalapak.

Baca juga: Cara Belanja Di AliExpress Dengan Mudah & Aman

Untuk metode pembayarannya, bukalapak tidak jauh berbeda dengan situs belanja online lainnya.anda bisa memilih metode pembayaran yang Anda rasa paling cocok dan praktis, di antaranya transfer, e-banking, mobile banking, e-cash, bahkan melalui minimarket seperti alfamart dan indomaret. Ketersediaan pilihan  metode pembayaran ini semakin memudahkan Anda untuk berbelanja.

 Cara Belanja Di Bukalapak Memakai Aplikasi Android

 Berikut ini adalah cara mudah untuk belanja di bukalapak melalui aplikasi android. Untuk mendapatkan harga termurah atau terbaik dari barang yang Anda butuhkan, ada baiknya Anda membandingkan dulu harga dari beberapapenjual sebelum memutuskan mana yang akan Anda pilih. Setelah memutuskan akan memilih satu barang, jangan lupa konfirmasi ketersediaan barang ke penjual.

  1. Pertama, installah aplikasi bukalapak di smartphone atau tablet Anda. Di aplikasi ini, carilah barang yang anda inginkan. Ada banyak sekali penjual yang menawarkan barang mereka di sini, dan pilihlah produk kualitas yang terbaik. Pilihlah dengan cermat sehingga anda akan puas dengan barang yang akan anda dapatkan.
  1. Jika Anda sudah menemukan barang yang Anda butuhkan, Anda bisa langsung melanjutkan pembelian. Klik tombol “Beli” untuk memasukkan barang tersebut ke keranjang belanjaan Anda. Kalau hanya satu barang itu yang Anda butuhkan, Anda bisa kangsung melanjutkan ke pembayaran dengan klik tombol “Lanjut Ke Pembayaran”.
  1. Saat sudah puas memilih barang belanjaan, Anda bisa melanjutkan untuk memilih metode pengiriman. Anda juga bisa memilih kurir yang paling anda percaya dan layanan pengirimannya, baik ekspres maupun reguler. Jika tak membutuhkan barang tersebut dalam waktu yang cepat, lebih baik memilih layanan reguler untuk menghemat biaya.
  1. Selanjutnya, pilihlah metode pembayaran yang Anda inginkan dan dirasa paling praktis. Anda bisa memilih salah satu dari transfer antar bank, kartu kredit, mobile banking, atau yang lainnya. Anda juga bisa memilih pembayaran lewat toko swalayan seperti alfamart atau indomaret, tetapi akan ada biaya administrasi yang harus anda bayarkan.
  1. Setelah anda memilih metode pembayaran yang anda rasa paling cocok, klik tombol “selesai” untuk melanjutkan transaksi anda. Jika sudah melakukan pembayaran, anda akan langsung melihat nomor tagihan.
  1. Setelah Anda selesai melakukan pembayaran, Anda tinggal menunggu barang datang. Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena semua sudah dilakukan secara otomatis. Agar barang lebih cepat sampai dan hemat ongkos kirim, sebaiknya pilih lokasi penjual yang paling dekat dengan Anda.

Seberapa Aman Cara Belanja di Bukalapak?

Sejauh ini, sangat sedikit kasus penipuan yang terjadi di bukalapak. Sebelum membeli, anda bisa membaca ulasan dari pembeli lain di suatu penjual untuk memastikan kualitas barang. Juga disarankan untuk menanyakan ketersediaan atau stok barang pada penjual sebelum membayar, agar Anda tidak merasa tertipu karena tidak ada stok barang, padahal Anda sudah membayar.

Baca juga: Bagaimana Cara Belanja Di Shopee Agar Gratis Ongkir?

Sebenarnya, anda tak perlu takut lagi untuk belanja online karena semuanya sudah lebih aman saat ini. transaksi anda sudah pasti aman, karena adanya enkripsi dari pihak penyedia layanan belanja online seperti bukalapak. Informasi Andapun tak akan jatuh ke pihak yang tak bertanggung jawab.

Kapan Barang Pesanan Akan Dikirimkan?

Bukalapak telah menerapkan aturan agar penjual mengirimkan barang pesanan konsumen dalam jangka waktu maksimal 2 kali 24 jam. Penjual juga harus melakukan input nomor resi agar pembeli bisa melacak pesanan.

Maka dari itu, agar bisa menerimaa barang secepatnya, anda sebaiknya memesan barang pada hari rabu atau kamis. Mudahnya cara belanja di bukalapak memungkinkan anda belanja kapan pun anda mau.

Jika Anda belum menerima informasi pengiriman barang setelah 2 kali 24 jam, sebaiknya Anda menghubungi tim bukalapak agar mendapat bantuan.

Tips Berbelanja Di Bukalapak

Berbelanja di marketplace bukan berarti semuanya sudah terjamin, tidak juga. Kadang ada saja hal yang tidak kita inginkan misal, barang gak sampai-sampai melebihi waktu estimasi, produk rusak saat sampai, produk berbeda dari yang ditampilkan di catalog, atau dapet produk yang mahal padahal kualitas barang sama, dan lain sebagainya.

Nah, beberapa dari hal ditas sebenarnya bisa kita hindari dan minimalisir dengan tips yang akan saya uraikan berikut:

  • Rating produk. Pilihlah produk yang ratingnya bagus, diusahakan diatas 4,5
  • Penjualannya sudah banyak. kami rekomendasikan produk yang akan Anda beli sudah ada penjualan dan penjualannya sudah lumayan.
  • Cek feedback. Lihat feedback dari konsumen yang sudah membeli produk tersebut.
  • Cek Kredibilitas pelapak.
  • Cek waktu online. Lihat kapan terakhir pelapak online, jika pelapak online terakhir hari kemarin atau beberapa hari yang lalu, menurut saya Anda harus cari produk lain karena nanti bisa jadi tidak diproses pesanan Anda.

Semoga bermanfaat.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here