Tips & Cara Belanja Barang di OLX Dengan Aman Bebas Penipuan

1
292
Tips Beli Barang di OLX Indonesia

Situs perbelanjaan online OLX sudah sangat terkenal di Indonesia. Aneka macam barang mulai dari kebutuhan pribadi seperti pakaian dan obat – obatan sampai alat transportasi seperti motor dan mobil pun ada.

Uniknya, barang dengan berbagai kondisi terjual juga di situs ini. Dari barang yang tidak terpakai karena tidak berfungsi, barang tangan kedua, dan pastinya barang baru.

Cara berbelanja di situs ini sangat mudah. Anda bisa mengontak langsung penjual barang, dan pembayarannya pun bisa dilakukan langsung jika masih berada dalam satu kota, atau biasa disebut dengan COD (Cash On Delivery).

Akan tetapi, situs ini kerap dinilai negatif. Meskipun begitu jika Anda berhati – hati dan cerdas sebagai pembeli maka hal yang tidak diinginkan pun tidak akan terjadi.
Bagaimana Cara Belanja di OLX?

Apakah Anda ingin mencoba untuk berbelanja kebutuhan Anda lewat situs ini? Mari berbelanja aman dengan sistem COD. Simaklah cara di bawah ini dengan baik. Cara belanja di OLX:

Kunjungi Situs

Silakan untuk membuka web browser pada PC maupun telepon seluler Anda. Pada kolom pencarian ketik www.olx.co.id. Anda akan tersambung langsung dengan halaman utama situs ini.

Pilih Wilayah

Jika Anda akan melakukan COD, maka pilihlah penjual yang berada dalam provinsi sama dengan Anda. Wilayah berdasarkan provinsi ini ternyata bisa untuk dispesifikasikan lagi ke dalam kabupaten atau kota.

Baca juga: Tips & Panduan Cara Belanja Di Bukalapak Tanpa Ribet

Misalnya Anda tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta, maka pilih provinsi D.I Yogyakarta, dan masih bisa Anda pilih lagi untuk Kabupaten atau Kotanya, misalnya Bantul.

Masukan Keyword Produk

Setelah selesai dengan pemilihan wilayah, Anda bisa segera mencari barang apa yang akan dibeli. Ketikan keyword atau kata kunci pada kolom pencarian. Misalnya Anda ingin membeli sepatu olahraga, Anda bisa ketikan “sepatu olahraga”, atau “sepatu sport” nanti akan segera muncul iklan – iklan penjualan produk yang Anda maksud yang ada dalam kota Anda. Atau, bisa juga melalui klik kategorinya di sebelah kiri halaman website.

Memilih Produk

Setelah iklan – iklan bermunculan, maka pilihlah salah satunya dengan mengeklik iklan tersebut. Setelah itu akan muncul segala keterangan terkait barang yang Anda pilih.

Karena Anda sedang mencari sepatu, maka amatilah gambar dengan seksama, perhatikan ukuran yang tersedia, kondisi bekas atau masih baru. Cek terlebih dahulu, lihat pula harga yang ditawarkan wajar atau tidak.

Menghubungi Penjual

Di sebelah kanan bagian iklan yang sudah dibuka, akan tertera kontak dari penjual yang bisa dihubungi. Di bagian bawah kontak juga tersedia kotak yang langsung bisa menghubungkan Anda dengan penjual via email.

Anda bisa tanyakan dengan fasilitas tersebut mengenai keaslian produk, panjang dalam cm, dan lain – lain.
Lewat kontak yang sudah tersedia ini pula Anda dan penjual bisa membuat janji untuk melakukan COD. Tentukan waktu dan tempatnya.

COD (Cash On Delivery)

Berbeda dengan transaksi situs perbelanjaan lain, Cara membeli produk di OLX bisa mempertemukan Anda langsung dengan penjual melalui COD. COD memberikan banyak keuntungan, yaitu Anda bisa bertemu secara langsung dengan penjual, apabila barang kurang sesuai Anda bisa meminta untuk penukaran secara langsung, transaksi uang menjadi lebih aman, dan terhindar dari penipuan.

Tips Transaksi Aman OLX

Membeli di OLX tidak selalu terkena penipuan, penjual yang jujurpun banyak. Akan tetapi, berhati – hati, bersikap bijaksana, dan cerdas dalam membeli itu perlu. Berikut ini adalah tips agar Anda dapat berbelanja di OLX dengan aman:

Cermati Produk

Selama ini salah satu ketakutan orang untuk membeli secara online adalah gambar dan keaslian barang terkadang berbeda. Dalam gambar, barang terlihat menarik dan sempurna tetapi setelah barang sampai ditangan ternyata tidak seciamik yang diekspektasikan.

Tipsnya, apabila Anda sudah mendapatkan kontak penjual, Anda bisa meminta untuk memfoto sekali lagi barang yang akan Anda beli.
Selain itu, untuk pakaian Anda bisa tanyakan panjang sebenarnya. Misalnya menanyakan panjang dress, panjang sepatu, ukuran lingkar dada, dan lain – lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Belanja Di Shopee Agar Gratis Ongkir?

Dari segi harga, Anda pun bisa membandingkan dengan penjual online lain, apakah ada kesenjangan yang besar. Jangan lupa pula menanyakan garansi, apakah barang bisa diretur jika tidak sesuai dengan yang diinginkan atau cacat.

Transaksi

Sejauh ini transaksi yang paling aman adalah dengan sistem COD. Apabila mengharuskan dengan mengirim lewat rekening, pastikan bahwa itu merupakan penjual asli. Tanyakan apakah ada websitenya, tempat usahanya beradan dimana, dan lain – lain.

Selain itu, Anda juga bisa melihat apakah si penjual sudah berjualan lama di OLX dan apakah ia sudah terverifikasi oleh pihak OLX. Jika Anda sudah merasa yakin, maka jangan ragu lagi untuk mentransferkan sejumlah uang.

Rekening Bersama

Apakah Anda mengetahui apa itu rekening bersama? Adalah rekening yang dibuat sebagai perantara antara pmbeli dan penjual dengan syarat ada kesepakatan yang telah dibuat terlebih dahulu. Cara kerja sistem ini adalah uang yang Anda transferkan akan tertahan dalam rekening bersama sebelum barang sampai.
Apabila barang sudah ada di tangan Anda, maka pihak bank akan memberitahukannya dan baru setelah itu memberikannya pada penjual. Jika barang tidak sampai, maka uang bisa dikembalikan secara utuh kepada Anda. Bagaimana? Sangat aman dan mudah bukan?

Nomor Resi

Untuk Anda yang memilih menggunakan sistem pengiriman melalui jasa pengiriman barang seperti POS, jangan lupa tanyakan nomor resi pengiriman. Hal ini juga akan membantu Anda dalam mengontrol sampai mana barang yang telah Anda beli.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here