Cara Bayar Shopee di Indomaret Ternyata Lebih Mudah

0
98

Sama halnya dengan marketplace lain. Cara bayar shopee juga bisa lewat indomaret, alfamart dan toko retail yang perpilih lainnya. Pembayaran via indomaret/alfamart ini memudahkan untuk yang pertama kali belanja online.

Saat ini perkembangan teknologi memang diikuti dengan perkembangan ekonomi global. Hal inilah yang membuat perekonomian masyarakat juga meningkat. Peluang ini tidak disia-siakan oleh pengembang. Akhirnya munculah berbagai jenis e-commerce yang melayani pelanggan tanpa pernah libur.

Salah satu e-commerce yang menjadi kesukaan banyak pelanggan adalah Shopee. Lewat Shopee maka Anda bisa menemukan berbagai jenis produk. Dan tentu saja harga yang sangat bersaing sehingga Anda bisa membandingkan harga dengan mudah saat mencari produk.

Shopee membuat Anda bisa menemukan berbagai macam penjual barang mulai dari produk UKM sampai produk bermerek yang biasanya hanya dijual di toko resmi. Dengan adanya Shopee maka banyak pelanggan yang menemukan produk tanpa harus susah.

Setelah melakukan pembelian maka cukup ditunggu di rumah saja. Tapi barang atau produk yang Anda beli hanya dikirimkan setelah Anda melunasi biaya pembelian. Jadi sebenarnya tidak ada bedanya dengan toko fisik, hanya saja Anda tidak perlu keluar rumah.

Nah bagi Anda yang belum paham bagaimana cara membayar di Shopee, apakah harus memiliki rekening? Jawabannya adalah tidak. Saat ini pihak Shopee sudah bekerjasama dengan merchant terkenal seperti Indomaret. Jadi Anda bisa membayar biaya pembelian produk lewat Indomaret.

Keberadaan Indomaret sendiri juga sudah banyak. Bisa ditemukan di perkotaan maupun wilayah perbatasan. Dengan layanan yang mudah ini akhirnya Anda bisa belanja di Shopee dengan cara yang sangat praktis. Lalu bagaimana caranya?

Nah jangan ragu, ikuti dulu cara bayar Shopee di Indomaret, berikut ini.

1. Miliki Akun Shopee (Wajib)

Sebelum Anda melakukan pembayaran, maka tentu saja Anda harus memiliki akun Shopee dan melakukan transaksi pembelian di Shopee.

Baca Juga  Tips Ampuh Cara Jualan Cepat Laku & Laris Di Shopee Untuk Pemula

Jangan khawatir karena satu akun Anda di Shopee maka bisa digunakan untuk membuka toko atau membeli produk. Jadi tidak ada ruginya kok memiliki akun di Shopee.

Langkah untuk membuat akun di Shopee bisa dilakukan lewat komputer, Android atau iOS. Anda bisa memilih menggunakan tampilan Dekstop atau dengan aplikasi. Berikut ini cara singkat membuat akun di Shopee.

  • Buka website resmi Shopee dari browser Anda.
  • Klik pada bagian tulisan Register.
  • Kemudian masukkan nomer ponsel yang masih aktif, lalu klik “lanjut” (Anda juga bisa membuat akun lewat Email atau Facebook)
  • Lalu input kode verifikasi yang dikirimkan ke sms Anda.
  • Setelah kode verifikasi sesuai maka klik “Lanjut
  • Atur username dan kata kunci (sebaiknya yang paling Anda ingat), kemudian klik “Lanjut”
  • Edit pada bagian pengaturan sesuai data asli Anda. Ingat, sebaiknya Anda mengisi data yang sebenarnya agar di kemudian hari mudah untuk digunakan transaksi atau membuka toko di Shopee.
  • Lengkapi semua data di profil Anda termasuk foto, rekening bank, alamat, dan data yang lain.

2. Lakukan Transaksi Pembelian

Setelah memiliki akun maka Anda bisa melakukan transaksi pembelian. Sama seperti e-commerce yang lain maka membeli produk di Shopee sebenarnya sangat mudah dan praktis.

Namun jika Anda baru mencoba pertama kali, maka bisa mengikuti langkah dibawah ini agar tidak salah membeli barang. Ingat bahwa Anda harus melihat produk dengan detail sebelum melakukan transaksi.

Karena jika terjadi kesalahan pembelian maka itu adalah kesalahan pembeli, bukan penjual sehingga sulit dilakukan komplain. Langsung saja, berikut ini caranya.

  • Masuk ke akun Shopee Anda. Anda bisa mengunakan Shopee lewat komputer atau aplikasi Shopee yang sudah terinstal di Android atau iOS Anda.
  • Kemudian carilah produk pada kolom pencarian.
  • Setelah menemukan produk maka klik pada bagian produk itu.
  • Anda bisa melakukan pencarian dengan melakukan klik pada produk-produk yang ditampilkan. Proses ini masih gratis karena Anda belum melakukan transaksi.
  • Setelah Anda menemukan produk yang sesuai, maka baca deskripsi produk dengan hati-hati. Jika masih kurang jelas dengan produk tersebut bisa bertanya ke penjual dengan chat penjual.
  • Setelah yakin maka klik “Beli Sekarang”
  • Lihat pada detail jumlah produk yang ingin dibeli. Anda bisa mengurasi dan menambahkan pada bagian ini.
  • Lalu periksa lagi alamat lewat pengaturan alamat rumah. Jika sudah benar maka klik OK pada box deskripsi.
  • Lihat dan periksa lagi detail transaksi Anda mulai dari Nama, nomer telepon, Provinsi, Kota/kabupaten, Kecamatan, Kode pos, dan alamat lengkap.
  • Setelah detail tersebut sesuai maka klik “Kirim”
  • Jika Anda membeli berbagai macam produk dari toko yang sama maka Anda bisa melihat detail belanjaan pada “Keranjang Belanja” kemudian “Checkout”, lalu ikuti langkah seperti diatas.
Baca Juga  Apakah Benar ? Jualan Di Lazada Harus Nyimpan Deposit Dulu!

3. Metode Pembayaran

Setelah proses diatas selesai dan detail belanjaan Anda selesai semua maka klik pada bagian “Metode Pembayaran”. Sampai disini ada beberapa pilihan metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, Indomaret dan beberapa merchant lain.

Nah karena Anda ingin menggunakan Indomaret maka pilih pada “Indomaret” kemudian “Konfirmasi”.

4. Buat Pesanan

Setelah Anda melakukan konfirmasi, maka selanjutnya akan keluar detail belanjaan dan biaya belanja yang harus Anda bayarkan. Pada bagian ini lihat informasi dengan teliti, terutama pada bagian : gambar produk, proses pengiriman, pesanan (termasuk jumlah dan jenis), metode pembayaran (Indomaret), sub total untuk produk, sub total pengiriman, dan total pembayaran.

Pada bagian bawahnya jika Anda menjual kembali produk dan bertindak sebagai dropshipper, maka pilih “kirim sebagai dropshipper”

Setelah selesai memeriksa detail tersebut maka klik “Buat Pesanan”

5. Verifikasi Nomer Telepon

  • Setelah Anda membuat pesanan diatas, maka akan ada dialog box yang meminta Anda untuk melakukan verifikasi nomer telepon. Jadi klik saja “OK” pada kotak dialog box.
  • Lalu masukkan nomer telepon yang bisa dihubungi atau masih aktif, lalu “lanjutkan”
  • Setelah itu dalam waktu beberapa saat Anda akan menerima kode verifikasi lewat SMS, kemudian klik tombol Verifikasi.
  • Jika sudah benar semua, maka Anda bisa memeriksa sekali lagi alamat pengiriman dan jumlah harga produk. Kemudian baru klik “Buat Pesanan”

6. Dapatkan Kode Pembayaran dan Pergi ke Indomaret

Setelah semua proses diatas selesai maka Anda akan mendapatkan kode pembayaran. Kode ini biasanya berupa kombinasi huruf kapital dan angka. Anda tidak perlu menghafal kode pembayaran ini. Cukup screenshot dan simpan di ponsel Anda. Atau catat di kertas dan teliti agar benar. Kemudian sampaikan kode pembayaran ini kepada kasir Indomaret.

Baca Juga  Cara Daftar Jualan Di Lazada Dengan Mudah & Cepat Diapprove

Kasir Indomaret akan memeriksa dengan komputer setelah Anda menyerahkan kode pembayaran. Lalu serahkan sejumlah uang sesuai dengan tagihan yang tertera di halaman Kode Pembayaran. Anda tidak perlu memberi uang lebih ke Indomaret.

Setelah selesai maka Anda akan mendapatkan bukti transaksi jika transaksi berhasil. Simpan bukti transaksi ini sampai Anda menerima produk.

Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran lagi karena sistem Indomaret dan Shopee akan terverifikasi secara otomatis. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu sampai penjual memproses dan mengirim produk pesanan Anda.

7. Lacak Kiriman dan Produk Datang Ke Rumah Anda

Setelah proses verifikasi selesai maka Anda hanya perlu menunggu produk datang ke rumah atau alamat yang sudah Anda masukkan di Shopee. Anda tidak perlu takut kalau terkena penipuan, karena uang Anda akan ditahan di Shopee sampai produk sampai ke alamat Anda.

Anda hanya perlu mengikuti atau memeriksa halaman notifikasi dari pesanan Anda di akun Shopee. Kemudian sesuai dengan paket ekspedisi yang sudah Anda pilih, maka produk akan datang ke rumah Anda. Setelah paket sampai maka proses verifikasi juga akan secara otomatis dari ekspedisi sampai Shopee.

Nah selesai sudah proses belanja di Shopee dengan pembayaran lewat Indomaret. Mudah bukan? Pastinya memang sangat mudah dan praktis. Jadi coba saja cara bayar Shopee di Indomaret.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here