Daftar Browser Terbaik Untuk Desktop dan Smartphone

1
489

Setiap masuk ke awal tahun tentu kita sudah melewati berbagai perkembangan teknologi informasi di tahun sebelumnya. Sekarang kita sudah memasuki tahun 2019 dan kita telah melihat begitu majunya dunia sistem informasi. Hampir semua orang telah mengikuti perkembangan internet dan isinya. Bahkan tanpa internet kemungkinan dunia ini tidak bekerja seperti yang diinginkan manusia.

Semua membutuhkan informasi dan berbagai hal dengan cepat dan praktis. Solusinya hanya internet yang menyediakan halaman browser yang mudah digunakan. Dari tahun ke tahun pengembang browser terus bekerja keras untuk menyediakan layanan yang terbaik dan lebih cepat. Browser yang tidak bekerja efektif dan lemah akan ditinggalkan oleh para penggunanya.

Nah tentunya dengan memasuki tahun 2019 maka kita sudah mencoba berbagai macam browser di tahun 2018. Apa saja browser yang masih layak kita gunakan di tahun ini? Simak informasi tentang daftar browser terbaik untuk desktop dan smartphone dibawah ini.

1Google Chrome ( Platform : Windows, Android, Linux, iOS, Macos dan Chrome OS)

Sejak Chrome dikenalkan pada tahun 2009 memang Chrome sudah menjadi idola semua pengguna internet di seluruh dunia. Saat itu Chrome masih menjadi browser yang paling cepat dan meskipun sekarang sedikit lambat tapi masih menjadi favorit semua orang. Google sebagai developer browser ini memang bekerja untuk menyediakan fitur dan meningkatkan kecepatan untuk menanggapi pesaing yang terus berkembang.

Baca juga : Cara Melihat Password Yang Tersimpan di Google Chrome

Hal yang paling menarik dari Chrome memang sangat banyak seperti pengaturan profil, bookmark, ekstensi, tema, mode penyamaran dan kelebihan lain. Dengan beberapa kelebihan ini maka pengguna bisa mendapatkan data yang lebih cepat tanpa terpengaruh oleh riwayat halaman peramban dan berbagai data lain.

Bahkan sekarang juga lebih nyaman karena pelanggan bisa menggunakan Chrome tanpa terganggu oleh iklan karena dilengkapi dengan tool untuk memblokir iklan.

Kelebihan lain termasuk seperti:

  • Bisa mengirimkan data dengan cepat melalui perangkat Chromefast yang bekerja dengan WiFi.
  • Lalu lintas perangkat yang cepat.
  • Bisa melakukan sinkronisasi terhadap riwayat web, bookmark, tab,pasword.

2Mozilla Firefox (Platform : Windows, Macos,Linux, Android, iOS, BSD)

Sebenarnya Mozilla Firefox bisa dikatakan sebagai pesaing Chrome yang masih sulit untuk dikalahkan. Setelah meluncurkan seri Quantum atau Firefox 57, memang Firefox bekerja lebi cepat dan menunjukkan sebagai halaman browser yang lebih besar.

Kemudian dengan desain UI yang terbaru memang membuat pengguna Firefox meningkat dengan cepat. Kelebihan lain selain itu adalah adanya tool khusus untuk screenshot sehingga memudahkan pengguna untuk mencetak atau menggandakan isi halaman. Lalu juga dilengkapi dengan Tracking Protection yang bisa membuat pengguna melacak permintaan halaman domain yang sudah didaftarkan sehingga bisa ditampilkan dengan lebih cepat.

3Opera (platform : MacOS , Windows, iOS, Linux, Android)

Nah untuk selanjutnya adalah Opera yang dulu kita kenal dengan Operas Mini pada ponsel. Opera Mini bekerja dengan sistem Java script dan sekarang terus dikembangkan dengan berbagai macam fitur baru.

Jika Anda menggunakan Operas untuk desktop maka tampilan Opera sudah dilengkapi dengan mode kompresi data dan fitur lain. Kemudian juga dikembangkan dengan beberapa fitur lain seperti built-in blocker, WhatsApp, konversi mata uang, Screenshot, VPN, Facebook Messenger, Telegram dan fitur lain.

Kemudian jika Anda ingin selalu up to date maka bisa menikmati siaran berita pribadi yang bisa disetting dari berbagai halaman pilihan. Dan tentu saja Opera juga dilengkapi dengan sinkronisasi lalu lintas perangkat dan terhubung dengan akun Anda. Anda juga bisa menikmati halaman browser dengan sistem ekstensi yang sangat banyak dan lebih dari yang tersedia di Chrome atau Firefox.

4Microsoft Edge (Platform : X box One, Windows 10, Android dan iOS)

Microsoft Edge bisa dikatakan sebagai salah satu browser terbaik untuk Windows 10. Namun pengembang memang tahu bahwa tidak semua orang mengenal baik Microsoft Edge dibandingkan dengan Opera, Firefox atau Chrome.

Tapi untuk kecanggihan fitur memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Bookmark, sistem download, dan riwayat penggunaan internet serta masih banyak fitur lain.

Dan tentu saja browser ini juga dirancang untuk memudahkan penyampaian informasi melalui Skype, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk membaca artikel dari berbagai situs maka Anda tidak perlu terganggu dengan banyak iklan jadi memang lebih nyaman.

5Vivaldi (Platform : Windows, Linux dan macOS)

Lalu dibandingkan dengan halaman peramban lain memang Vivaldi tergolong masih baru dan hanya bisa digunakan untuk platform seperti Windows, macOS dan Linux. Namun keunggulan Vivaldi layak diperhitungkan dengan akses desain UI yang sangat responsif dan adaptif sesuai situs yang Anda buka.

Jika dilihat lagi Vivaldi juga memiliki beberapa persamaan dengan Opera yaitu sidebar pada sisi kiri. Lalu untuk addres bar dan tab bar memang Vivaldi termasuk browser yang sangat mudah digunakan.

Pada bagian panel web maka Anda bisa menambahkan daftar situs web yang paling sering Anda kunjungi. Jadi jika dinilai secara menyeluruh, browser ini memang layak untuk diperhitungkan.

6Chromium (Platform : Windows, macOS, Linux, Android dan BSD)

Ini adalah salah satu browser alternatif untuk pengguna Google Chrome. Mengapa? Karena tampilan Chromium memang sama seperti Chrome.

Jika Anda bosan menggunakan Chrome maka cukup masuk ke Chromium dan memasukkan sinkronisasi data, akun Google, dan berbagai fungsi lain. Anda juga bisa memasang Chrome dan Chromium pada satu perangkat yang sama.

Kelebihan lain dari Chromium adalah sudah dilengkapi dengan pembaruan otomatis, tersedia codec vidio, tersedia coced eksklusif dan berbagai sistem lain.

7Safari (Platform : iOS dan MacOS)

Bisa dikatakan bahwa Safari memang salah satu browser unggulan untuk semua pemakai Apple. Ini juga bisa dijadikan browser alternatif untuk semua pemakai Firefox dan Chrome. Keunggulan dari browser ini termasuk seperti beberapa toolbar yang bisa disesuaikan, cara untuk menyimpan dan mendapatkan gambar dari browser yang mudah, halaman tampilan yang menarik dan juga sinkronisasi iCloud dan masih banyak lagi.

Tapi memang Safari hanya bisa digunakan untuk ekstensi khusus dan terbatas tidak seperti ekstensi untuk Firefox dan Chrome.

8Torch Browser (Platform : Windows)

Jika dibandingkan dengan browser lain memang Torch tidak terlalu unggul. Tapi jika dibandingkan dari beberapa layanan fitur memang ini browser yang sangat layak untuk diperhitungkan. Contohnya seperti fitur downloader built-in yang mudah untuk penggemar BitTorrent.

Kemudian juga dilengkapi dengan media grabber yang bisa digunakan untuk streaming audio dan video dengan mudah.  Bahkan ada akselerator download yang sangat tepat untuk Anda penyuka download rutin.

Tapi juga ada beberapa kelemahan yang mengecewakan seperti tidak adanya setelan desain yang cukup lemah.

9Waterfox (Platform : Windows, MacOs, Android dan Linux)

Ini adalah salah satu browser yang memiliki label yang sama dengan Firefox, jadi jangan heran jika tampilannya memang mirip dengan Firefox. Browser ini juga hanya kompatibel dengan OS 64 bit sehingga tidak bisa digunakan dengan mudah untuk pengguna perangkat lain.

Selain untuk browser ponsel, ternyata Waterfox juga sangat nyaman untuk pengguna PC karena spek yang sudah disesuaikan untuk pemakaian PC. Dan tentu saja browser ini juga bisa digunakan dengan mudah.

10Flock (Platform : Android, Windows)

Kemudian jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak bisa lepas dari sosial media, maka ini browser yang sangat sesuai untuk kebutuhan Anda. Mengapa? karena aplikasi browser nii memang dikhususkan untuk pengguna berbagai sosial media. Anda bisa mengakses Twitter, Instagram, Facebook, MySpace, Flickr dan berbagai sosial media yang lain.

Pengalaman menggunakan sosial media dengan browser ini pasti akan lebih menyenangkan, praktis dan cepat.

Nah itulah berbagai daftar browser terbaik untuk dekstop dan Android. Jika Anda bosan menggunakan browser yang itu-itu saja coba saja browser lain yang kompatibel dengan perangkat Anda. Jangan ragu untuk menilai kelebihan dan kekurangannya karena itu akan menambah kemudahan Anda saat menggunakan browser dalam dunia internet.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here