Saat ini penggunaan internet berkembang dengan pesatnya. Keberadaan Internetpun sudah menjangkau hingga daerah yang terpencil. Dengan adanya internet ini tentunya memberikan banyak sekali keuntungan yang didapat khususnya dalam berbagai bidang kehidupan.

Bahkan, untuk sebagian orang internet telah memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan bisnis yang mereka kelola. Belum lagi ditambah para konsumen yang mulai beralih dari belanja secara offline ke online. Tentu saja keuntungan yang didapat akan berkali-kali lipat kan?

Internet Marketing

Pemasaran produk lewat internet memang telah menjadi trend saat ini. Istilah kerennya adalah internet marketing yang merupakan salah satu ilmu bisnis berbasis internet yang harus Anda miliki terutama bagi Anda yang akan menjual produk secara online.
Internet marketer atau sebutan untuk pelaku pemasaran, membutuhkan pengalaman dan proses yang tidak instan tentunya untuk menjadi marketer handal. Khususnya untuk pemula pasti akan bingung untuk menentukan mana dulu yang harus didahulukan.

Nah, untuk Anda yang berminat menjadi salah satu internet marketer, Anda bisa mempelajari step by step belajar marketing dasar untuk pemula berikut ini:

1. Melakukan riset produk

Bagi yang masih newbie atau pemula, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melakukan riset produk. Karena bisnis yang berbasis internet jelas sekali Anda harus memahami apa itu keinginan dari pasar.

Riset Produk Secara Tepat

Makanya, untuk anda yang ingin menjual produk dengan system online sebaiknya Anda menjual produk yang memang sedang trend saat ini. Karena bisnis anda tentunya akan diuntungkan sekali dan akan mendapatkan profit yang lebih.

Untuk mendapatkan produk yang sedang trend anda bisa melakukan riset produk menggunakan Google Trends. Langkah-langkahnya bisa anda simak dibawah ini:

Bukalah Google Trends di mesin pencarian google, dan pastikan juga akun gmail anda telah terlogin dengan baik.
Setelah itu pada kotak pencarian, masukkan keywords sebuah produk yang ingin anda jual. Misalnya anda ingin menjual fashion wanita, maka tinggal ketikkan saja di pencarian “fashion wanita” kemudian tekan enter.
Dan anda akan ditunjukan oleh sebuah grafik dari keywords yang telah anda ketikkan tadi.
Amati grafiknya dengan seksama, jika dalam grafik tersebut terlihat stabil, itu mengindikasikan bahwa produk tersebut memang memiliki nilai jual yang stabil untuk setiap bulannya. Namun, bila grafiknya terdapat penurunan, maka lebih baik anda mencari produk lainnya saja.

2. Melakukan Riset Persaingan

Jika anda telah selesai menentukan jenis produk yang dijual, maka langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah melakukan riset persaingan yang berguna untuk mengetahui para pesaing yang akan anda hadapi dalam bisnis anda.

Kenali Kompetitor Dapatkan Peluangnya

Dengan melakukan riset ini, tentunya anda akan memiliki gambaran mengenai lawan bisnis anda. Jadi nantinya produk anda akan memenangkan persaingan tersebut atau mengimbanginya.

Caranya bagaimana? Mungkin bagi anda yang masih pemula akan bingung untuk mengetahui bagaimana cara melakukan riset tersebut. Tapi, tenang saja caranya tidak sesulit yang anda pikirkan. Anda bisa mengecek produk yang akan anda jual di marketplace.

Selain itu, dalam hal penentuan harga, anda bisa menggunakan sebuah system yang bernama Leader Pricing. Leader pricing adalah system yang menentukan dimana harga memiliki nilai jual lebih rendah dari harga pasaran tentunya dengan benefit yang sedikit. Ini bertujuan agar menggaet para konsumen untuk beralih ke produk yang anda jual.

Dengan system leader pricing tentu saja akan mengimprove profit penjualan produk anda. Tentunya akan berdampak pada perolehan benefit yang sangat besar.

3. Melakukan marketing

Setelah melakukan riset persaingan, maka langkah terakhir yang anda tempuh adalah melakukan marketing atau pemasaran. Dalam marketing akan ada banyak pilihan strategi pemasaran produk yang bisa anda pilih salah satunya untuk memasarkan produk anda. Untuk detailnya bisa anda simak pada ulasan berikut ini:

  • Youtube

Merupakan salah satu site khusus video yang paling banyak dikunjungi. Anda bisa memanfaatkkan situs ini untuk marketing place produk anda. Caranya pun terbilang gampang karena anda hanya perlu membuat channel khusus yang berisikan video mengenai ulasan produk anda.

  • Facebook

Salah satu social media yang paling digemari oleh masyarakat dunia dan tentunya anda bisa menggunakan situs satu ini untuk mendongkrak penjualan anda.

Caranya dengan membuat Facebook Fans Page yang nantinya diisi konten yang menarik untuk dikonsumsi para konsumen. Ini bertujuan agar profit penjualan anda juga mengalami peningkatan.

  • Website

Selain youtube dan facebook, anda bisa juga menggunakan media website untuk memasarkan produk anda. Website yang dikelola dengan baik tentunya akan berdampak pada peningkatan profit terhadap anda.

Karena konsumen yang berkunjung pada website anda akan menilai produk berdasarkan tampilan website tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya anda harus mengelolanya secara professional.

  • Content Marketing

Menjual produk menggunakan cara content marketing bisa diaplikasikan dengan artikel, presentasi, dan video. Tentu saja kontennya bisa berisi tentang manfaat dan kegunaan produk yang anda jual.

  • SEO

Mungkin anda sudah tidak merasa asing lagi yah dengan istilah SEO. Dalam dunia pemasaran SEO adalah salah satu teknik pada website yang anda kelola dapat menempati posisi teratas pada mesin pencarian di Internet yang berdampak dengan banyaknya pengunjung yang berkunjung ke situs website anda.

Bagi anda yang tertarik menggunakan cara pemasaran ini, anda bisa melakukannya dengan riset pada keyword, on page, dan off page optimization.

Itulah tadi mengenai langkah-langkah belajar internet marketing untuk pemula. Bila anda melakukannya dengan strategi yang tepat tentu saja produk anda akan diterima dan bersaing dipasaran.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare yah..
Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here