Arti Afiliasi : Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungan

0
59
arti afiliasi

Apakah Anda akan memasuki dunia internet marketing? Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah bisnis afiliasi atau affiliate. Afiliasi sendiri sebenarnya adalah salah satu bentuk marketing yang menggunakan internet sebagai alat utama.

Nah, jika begitu sama dengan sistem jualan online ya? Tentu saja tidak, karena afiliasi melibatkan pihak ketiga dan Anda sama sekali tidak perlu modal untuk berjualan. Artinya afiliasi bisa membuat Anda menjadi lebih cepat kaya hanya dari berjualan lewat internet. Masih bingung? Daripada bingung lebih baik menyimak penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi adalah sebuah bisnis lewat internet yang menggunakan fasilitas web afiliasi dengan melibatkan pihak kedua sebagai merchant. Bisnis ini sepenuhnya di jalankan lewat internet dan Anda bisa bekerja secara aktif maupun pasif.

Bisnis afiliasi bisa mendatangkan keuntungan karena Anda akan mendapatkan komisi dari pihak penjual. Besarnya komisi berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Saat Anda tidak bisa melakukan penjualan maka Anda tidak akan mendapatkan komisi. Karena itu bisnis ini mungkin kurang tepat jika dilakukan hanya dengan cara pasif saja.

Baca juga: Pengertian Reseller, Cara Kerja, Keuntungan & Tips Jadi Reseller Sukses

Bisnis ini mirip makelar namun bedanya hanya dijalankan secara online. Anda juga tidak perlu menawarkan barang atau produk secara langsung, tapi melalui website yang sudah dirancang untuk program afiliasi Anda. Untuk bisa masuk ke dalam bisnis afiliasi maka Anda juga harus mendaftar pada bisnis tersebut.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi bisa dijalankan dengan komputer, tablet atau ponsel Anda. Singkatnya bisnis afiliasi bisa berjalan jika Anda memiliki internet dan sudah mendaftar pada merchant yang menawarkan bisnis afiliasi. Bisnia ini dijalankan secara digital sehingga Anda benar-benar tidak perlu keluar atau bertemu dengan calon pembeli. Produk yang dijual bisa termasuk produk digital atau produk fisik.

Jadi pertama Anda harus mendaftar pada merchant atau produsen yang ingin memasarkan produk. Anda tidak bisa disebut sebagai pembeli atau reseller, tapi Anda hanya makelar dan jika berhasil menjual maka menerima keuntungan sebagai komisi. Jika tidak ada penjualan maka Anda juga tidak akan menerima hasil apapun. Berikut ini langkah singkat untuk menjalankan bisnis afiliasi.

Mendaftar ke websita afiliasi. Anda harus mendaftarkan diri ke website merchant. Untuk itu Anda sudah harus membangun website yang kuat dan bisa dipercaya oleh merchant.
Setelah itu proses pendaftaran Anda akan diseleksi dengan ketat untuk melihat apakah website Anda punya potensi untuk menjadi rekan bisnis merchant.

Setelah disetujui maka Anda bisa memasang tautan secara online di artikel dalam website Anda. Anda bisa berbagi tautan lewat posting blog atau artikel dan media lain. Anda juga bisa berpromosi lewat sosial media.

Baca juga: Pengertian Paypal, Cara Daftar & Keuntungan Menggunakan Paypal

Jika terjadi penjualan dari website Anda maka Anda bisa mendapatkan komisi dengan berbagai nominal yang berbeda sesuai peraturan dari merchant.

Keuntungan Bisnis Afiliasi / Affiliate

Modal Yang Tidak Terlalu Besar

Banyak orang yang ingin masuk ke dalam bidang bisnis afiliasi karena bisnis ini sering dikatakan tidak membutuhkan modal. Namun ternyata itu salah besar karena bisnis ini tetap membutuhkan modal, hanya saja memang tidak terlalu besar.

Amunisi utama untuk menjalankan bisnis ini adalah sebuah website yang akan menjadi pasar bisnis afiliasi. Anda juga membutuhkan modal lain seperti laptop atau komputer dan internet. Nah jika diperhitungkan dengan bisnis lain maka bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar bukan?

Peluang mendapatkan dollar

Hampir semua merchant yang menawarkan bisnis afiliasi memang memberikan komisi dalam bentuk dollar. Jika dikurskan maka dollar memiliki nilai yang lebih besar. Dengan bergerak aktif melalui artikel, sosial media dan langkah lain secara aktif maka Anda bisa mendapatkan dollar yang cepat.

Namun bisnis ini bukan bisnis yang pasif sehingga Anda tidak bisa diam saja. Anda harus tetap bergerak dengan membuat konten yang menarik untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda. Anda juga harus membuat artikel atau konten yang berpengaruh sehingga bisa membuat keuntungan semakin besar.

Bisa Menjual Semua Jenis Produk

Ketika Anda sudah menjadi rekanan dari bisnis afiliasi maka Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli langsung. Justru Anda seperti pemilik toko atau pusat grosir karena Anda bisa menjual semua jenis produk. Seperti yang Anda ketahui, saat ini pasar digital memang sedang berkembang pesat sehingga memang baik untuk bisnis afiliasi.

Namun untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka disarankan untuk fokus pada minat. Misalnya jika Anda menyukai pada buku maka lebih baik menjual buku-buku seperti dari Amazon atau Barnes & Noble.

Tidak Perlu Membayar Ongkos Karyawan

Bisnis afiliasi adalah jenis bisnis yang bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar karyawan, seperti ketika Anda berjualan di toko. Bisnis ini akan membuat Anda menerima keuntungan penuh, karena Anda yang bekerja sendiri dan Anda yang menerima untung sendiri.

Jika Anda mengeluarkan uang maka kemungkinan hanya untuk membayar internet, biaya listrik dan juga penulis konten. Tapi tetap saja biaya ini tidak besar dibandingkan dengan keuntungan yang bisa Anda terima.

Tidak Bikin Repot

Bisnis afiliasi adalah jenis bisnis yang mudah dan tidak merepotkan. Anda tidak perlu memeriksa stok barang, tidak perlu memeriksa barang, tidak perlu mengemas dan tidak perlu mengirim. Semua pekerjaan itu akan dilakukan oleh merchant Anda.

Anda hanya bekerja dengan cara mencari pembeli yang potensial dengan sistem promosi yang menarik dan mencari jangkauan pasar yang lebih besar. Dengan begitu keuntungan Anda juga akan lebih besar.

Keuntungan Berulang

Dalam bisnis afiliasi ada istilah ketika Anda tidak bekerja saja maka uang akan tetap masuk rekening. Ini adalah istilah yang menggambarkan betapa nikmatnya bisnis afiliasi. Mengapa bisa seperti ini? Karena pada dasarnya bisnis ini akan berjalan sendiri lewat internet dan jaringan.

Ketika Anda memasang iklan maka konsumen bisa meng-klik iklan itu kapan saja dan dimana saja. Jika terjadi penjualan terus menerus maka untung akan masuk ke rekening Anda.

Pasar Yang Terbuka Luas

Bisnis afiliasi adalah bisnis yang terbuka dengan sangat luas. Anda tidak hanya bisa menjangkau pasar dalam negeri tapi juga pasar luar negeri. Jika Anda sudah memiliki tujuan ini maka lebih baik untuk tetap membuat website dengan konten berbahasa Inggris. Namun jika Anda terbatas pada pasar dalam negeri maka coba dengan konten berbahasa Indonesia. Jadi pertimbangkan aspek persaingan dalam hal ini.

Tipe Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi ternyata dibentuk dengan berbagai jenis yang berbeda. Setiap jenis bisa memiliki aturan kerja dan keuntungan yang berbeda. Berikut ini tipe bisnis afiliasi yang perlu Anda ketahui.

PCT (Paid to Click)

Ini adalah salah satu bisnis afiliasi yang paling mudah dan menguntungkan untuk pemula. Sesuai dengan namanya maka bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan jika Anda melakukan klik pada iklan yang Anda pasang sendiri.

Nah aneh bukan? Ini sebenarnya bukan yang aneh karena tujuan dari pemasang iklan adalah untuk membantu agar pemilik merchant bisa muncul di halaman pertama Google. Nah tujuan yang lain adalah agar Anda juga bisa masuk dalam progam yang ditawarkan.

Keuntungan PTC
Proses pendaftaran yang sangat mudah dan gratis.
Anda tidak harus memiliki website
Jika Anda ingin memiliki komisi maka klik saja iklan Anda sendiri

Kekurangan PTC
Karena cara yang mudah maka komisi yang Anda terima juga kecil.
Karena terlihat menggiurkan tapi ternyata banyak yang menipu.

PPC (Pay Per Click)

Berbeda dengan PCT maka bisnis PPC ini hanya akan memberikan komisi jika ada orang yang meng-klik pada iklan yang Anda pasang, termasuk iklan dari merchant. Jika Anda sering mendengar istilah Google Adsense maka ini salah satu dari bentuk PPC. Selain dari Google maka merchant lain yang menawarkan iklan ini termasuk seperti infolinks, chitika dan media.net.

Keuntungan PPC
Anda tidak perlu bekerja keras untuk membuat pengunjung melakukan klik pada iklan jadi lebih alami.
Tidak ada hubungan wajib follow atau follow back
Anda hanya perlu menarik pengunjung yang lebih banyak ke web

Kekurangan PPC
Proses pendaftaran yang lebih sulit karena seleksi lebih ketat dan membutuhkan lebih dari 1 web atau blog.
Aturan yang ketat sering membuat Anda terblokir tanpa pemberitahuan
Komisi terhitung kecil

PPS (Pay Per Sale)

Ini adalah salah satu program afiliasi yang dilakukan secara online namun bedanya adalah Anda baru menerima komisi setelah terjadi penjualan. Program ini terlihat sangat sulit karena bekerja lebih banyak.

Anda harus membuat konten yang menarik agar banyak pengunjung kemudian membuat pengunjung mau melakukan pembelian. Namun karena usaha yang keras ini maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar yaitu sekitar 40 sampai 70 % dari setiap penjualan. Contohnya adalah seperti Amazon.

Keuntungan
Pendaftaran gratis dan mudah
Komisi yang lebih besar

Kekurangan
Anda membutuhkan konten berkualitas untuk mempengaruhi calon pembeli
Terus memantau perkembangan data yang diberikan oleh merchant
Aturan di blokir yang ketat terutama jika dalam waktu tertentu tidak terjadi penjualan.

CPA (Cost Per Action)

Program afiliasi ini memberikan komisi jika ada orang yang mengklik iklan yang Anda pasang kemudian melakukan tindakan lain seperti download dan kelanjutan lain. Tindakan ini misalnya seperti mengikuti survei, mengiri formulir pendaftaran, mendaftarkan alamat email, menguntung file instal software tertentu dan lain-lain.

Kelebihan
Proses pendaftaran yang lebih mudah
Tidak ada kewajiban follow kepada konsumen
Komisi lebih besar

Kekurangan
Membutuhkan konten yang berkualitas
Mendatangkan banyak pengunjung
Penawaran masih terbatas

Nah itulah semua informasi mengenai bisnis afiliasi yang bisa Anda pelajari. Jika Anda memang ingin memiliki bisnis ini maka cobalah untuk mempertimbangkan apa kelebihan dan kekuranan dari setiap tipe bisnis afiliasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here