Mengenal Apa Itu Website? Pengertian, Jenis dan Contohnya

0
95

Jika Anda membuka sebuah halaman informasi melalui browser maka mungkin Anda sedang membuka sebuah website. Tampilan website serupa situs tertentu yang memiliki desain beragam sesuai dengan jenisnya.

Saat ini semua orang bisa menemukan sebuah website lewat browser dengan mudah. Sebuah website memiliki nama domain yang berfungsi sebagai alamat. Dengan begitu Anda tidak perlu mengetik nomor IP sebuah wesite. Bahkan jika Anda salah dalam mengetik alamat website maka mesin pencari seperti Google akan berusaha menampilkan daftar situs dengan nama yang hampir serupa.

Tapi berbicara tentang website memang ini sangat membingungkan. Tampilan berupa halaman website memang berbeda-beda. Sekarang juga pastinya sudah banyak ditemukan website dengan berbagai tujuan.

Namun arti website itu apa dan bagaimana cara kerja sebuah website? Berikut akan kami jelaskan mengenai apa itu website, jenis dan contohnya.

Pengertian: Apa Itu Website?

Jika Anda membuka sebuah halaman situs yang berisi berbagai macam informasi, tulisan, teks, angka, gambar, video, foto, gambar  bergerak, animasi, dan gabungan dari berbagai unsur tersebut maka itulah yang dinamakan dengan website.

Nah ini juga berarti bahwa website terdiri dari berbagai macam bentuk informasi tersebut yang terdiri dari rangkaian berbagai halaman yang akan dibuka secara langsung.

Sebuah website bisa memiliki dua jenis sifat yaitu website statis dan website dinamis. Apa bedanya? Mari kita simak.

  • Website statis : adalah sebuah website yang isinya selalu sama dari waktu ke waktu, jika ada perubahan itu hanya sedikit, informasi yang tertera dalam website bersumber langsung atau dibuat oleh pemilik website. Misalnya seperti: website perusahaan atau website profil bisnis.
  • Website dinamis : adalah jenis website yang isi di dalamnya selalu berubah-ubah, isi bisa bersumber dari pemilik website maupun pengunjung website. Model website seperti ini bisa diedit atau isinya bisa dirubah oleh pemilik website dan pengguna website. Contohnya seperti Facebook.

Nah dari pengertian tersebut ternyata website memang sangat luas. Macamnya website sendiri ada yang digunakan untuk kepentingan bisnis, bisnis online, website milik pribadi dan berbagai website untuk kepentingan lain. Untuk bisa membentuk atau memiliki website maka Anda harus memiliki domain dan hosting. Tapi ada juga website gratisan seperti blog dari blogger.

Cara Menggunakan Website

Dalam dunia internet ternyata memang semua memiliki fungsi yang sangat beragam dan saling mendukung satu dengan yang lain. Misalnya saja alamat domain yang berfungsi sebagai alamat, lalu hosting yang menjadi bangunan dan web server yang menjadi tanah untuk menempatkan bangunan. Dengan begitu baru ada sebuah website yang bisa dibuka lewat mesin pencari.

Baca juga: Manfaat Website Dalam Perkembangan Bisnis

Nah untuk menggunakan website maka ada sebuah platform halaman pencari atau browser yang sudah dikembangkan beberapa perusahaan. Setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Kemudian browser juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan lain. Nah beberapa contoh browser untuk membuat website seperti Chrome, Opera, Firefox, Safari, Chromium, Edge dan browser yang lain.

Nah untuk membuka sebuah website maka Anda harus mengetik nama domain dari website tersebut pada kolom pencarian. Selanjutnya Anda bisa menggunakan berbagai fungsi tool dalam website kategori, pencarian, beranda dan fungsi yang lain.

Macam – Macam Website

Jika kita simpulkan maka sebenarnya website adalah sebuah tempat untuk menampilkan informasi tanpa batas. Sebuah informasi bisa ditampilkan dengan cepat dan lengkap hanya berdasarkan kata kunci pada halaman browser saja. Dan sesuai dengan fungsinya maka Anda bisa menemukan mana website yang Anda cari. Lalu apa saja macam-macam website? Berikut beberapa jenis website yang ada sekarang.

1. Website Pribadi

Nah salah satu jenis website yang banyak ditemukan dalam mesin pencari adalah sebuah website pribadi. Website ini bisa disediakan atau dibuat dengan fasilitas berbayar dan gratis. Anda bisa memilihnya sesuai dengan fitur yang dibutuhkan.

Jika Anda ingin memiliki website pribadi yang berbayar maka Anda bisa membuat nama website sendiri sesuai kebutuhan,misalnya www.namadomain.com. Tapi jika menggunakan layanan gratis maka bisa menggunakan blogger dengan nama www.namadomain.blogspot.com atau wordpress dengan nama www.namadomain.wordpress.com

Nah biasanya untuk jenis website pribadi memang sangat jarang masuk ke dalam persaingan pencarian atau mesin pencari. Website pribadi biasanya akan disebarkan dengan tujuan tertentu seperti untuk portfolio dan fungsi lain. Website seperti ini biasanya banyak digunakan oleh pemula yang sedang belajar membuat website.

2. Website Bisnis Online

Berkembangnya online shop atau toko online memang memberi pengaruh yang sangat besar untuk perkembangan website di Indonesia. Saat ini kita juga bisa menemukan banyak sekali website yang berfungsi untuk bisnis atau berjualan. Model website seperti ini sama seperti jenis toko online dan semuanya bisa Anda kendalikan.

Website akan dilengkapi dengan berbagai fitur tool seperti munculnya gambar produk dengan ukuran tertentu, tampilan halaman penawaran, halaman pemesanan dan pembayaran dan juga fitur lain. Contohnya seperti website bisnis dua arah seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain.

3. Blog

Nah jenis lain dari website juga termasuk seperti blog. Blog awalnya sebagai weblog yang kemudian hanya disebut dengan nama blog. Salah satu platform blog yang sangat terkenal seperti WordPress. Namun blog memiliki tujuan yang lebih luas seperti mengenalkan berbagai macam pengetahuan, ide, bisnis dan kepentingan lain.

Sebuah blog bisa dibuat dengan berbagai kepentingan seperti blog motivasi, bisnis, toko online dan blog pribadi. Dalam blog ini informasi yang ditampilkan akan berurutan sehingga sejarah sebuah informasi bisa ditemukan dengan mudah oleh pembaca.

Tampilan keyword dalam sebuah blog bisa disesuaikan sesuai dengan tujuan atau fungsi dari blog.

Manfaat Website Sesuai Jenis Website

arti-website-dan-macamnyaWebsite pada dasarnya memiliki kepentingan untuk berbagi informasi dengan mudah dan nyaman. Namun melihat berbagai jenis website tersebut maka tentu ada manfaatnya sendiri-sendiri. Berikut ini kami sampaikan mengenai manfaat website sesuai dengan jenis website.

Website Pribadi

1. Identitas dalam Dunia Maya

Jika Anda orang yang ingin menunjukkan sikap profesional atau ingin memiliki identitas khusus dalam dunia maya, maka website bisa jadi jawaban yang tepat. Ketika Anda memiliki website pribadi maka nama Anda bisa muncul dalam halaman pencarian.

Terlebih jika Anda menggunakan domain berbayar dimana nama Anda bisa menjadi nama alamat domain. Contoh yang paling mudah seperti www.srikusenidesain.com , nah akhirnya nama Anda menjadi identitas dalam dunia maya.

2. Menulis Informasi

Salah satu tujuan lain dari website pribadi adalah untuk menunjukkan sisi informasi dari Anda dan kegiatan yang Anda lakukan. Anda bisa menulis tentang berbagai tema yang Anda alami sendiri.

Tujuannya adalah tetap untuk berbagi informasi denga pengguna internet. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan hobi Anda ke jalur yang lebih luas. Misalnya Anda memiliki website pribadi dengan tema parenting, berkebun, musik dan lain-lain.

3. Portfolio

Jika Anda mengembangkan sebuah website pribadi dengan tema tertentu maka ini juga bisa jadi cara untuk membuat website sebagai portfolio. Misalnya jika Anda menekuni dunia fotografi maka Anda bisa mengenalkan hasil karya Anda lewat website. Dengan begini maka perusahaan atau orang yang tertarik dengan karya Anda bisa merekrut kemampuan Anda.

4. Tempat Mendapatkan Uang

Saat ini banyak orang yang berusaha ingin mendapatkan uang dengan membuat sebuah website. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dengan cara rajin berbagi informasi dan karya lewat website. Bahkan jika Anda terlibat atau dilirik menjadi seorang influencer maka Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Website Bisnis

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Jika Anda bergerak dalam bidang bisnis dan jasa maka membuat website untuk perusahaan memang sangat penting sekali. Mengapa? karena semua orang berusaha untuk mencari informasi melalui internet.

Ketika para pencari produk dan jasa mengetik kata kunci maka itu bisa merujuk pada halaman situs Anda. Akhirnya dengan cara ini bisnis berkembang pesat.

2. Bisnis Terpercaya

Memiliki sebuah website bisnis juga bisa menjadi identitas bisnis Anda di dunia maya. Ada banyak rekan bisnis yang akan membuka halaman website dan menelusuri semua informasi di dalamnya. Dengan cara ini maka bisnis mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Bahkan konsumen biasanya jauh lebih percaya pada bisnis yang memiliki alamat situs.

3. Sebagai Toko Online

Sebuah situs bisnis juga bisa menjadi toko online yang dijadikan tempat untuk melakukan pemesanan, transaksi sampai komunikasi dengan pelanggan. Biasanya situs seperti ini menjadi pusat rujukan setelah sebuah produk dipasarkan lewat sosial media. Dengan adanya toko mandiri dalam situs maka ini sangat baik untuk mendapatkan pelanggan yang lebih besar lagi.

4. Membuat Email dan Domain Bisnis

Keuntungan sebuah perusahaan memiliki website adalah untuk mendapatkan email dan domain dengan nama perusahaan itu sendiri. Ini artinya bisnis Anda bisa mendapatkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari konsumen. Fitur seperti ini juga sangat penting untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis sehingga memudahkan cara untuk menjalankan bisnis.

5. Sebagai Media Bisnis

Situs sebuah bisnis juga berfungsi sebagai media bisnis. Ini artinya konsumen atau pelanggan bisa membaca pengumuman bisnis Anda di situs tersebut. Bahkan bisa digunakan untuk menyebar informasi mengenai kegiatan perusahaan, program bisnis dan artikel yang berhubungan dengan produk perusahaan.

Website Umum

1. Untuk Menyebarkan Informasi

Kemudian jenis website umum yang memuat berbagai macam informasi sesuai dengan tema website maka website bisa berfungsi untuk menyebarkan informasi dengan luas dan mudah. Kita tahu bahwa sekarang hampir semua orang ingin mendapatkan informasi dengan akurat dan cepat melalui internet. Nah inilah yang akhirnya membuat website umum berkembang dan sering disebut dengan istilah media digital.

2. Untuk Kepentingan Publik

Saat ini pemerintah juga mengikuti semua perkembangan teknologi informasi. Karena itulah website umum milik pemerintah bisa digunakan untuk meningkatkan performa pelayanan publik. Misalnya saja untuk mendaftar paspor, KTP, SIM dan berbagai layanan publik lain. Akhirnya sudah sangat umum semua departemen pemerintahan memiliki website sendiri.

3. Kepentingan Sosial

Website yang bersifat umum juga bisa digunakan untuk kepentingan sosial. Ini sangat penting sekali karena sekarang banyak kegiatan sosial yang diumumkan lewat situs seperti misalnya situs penggalangan dana kitabisa.com.

Jadi seperti itulah pengertian website dan berbagai manfaat serta contohnya. Nah Anda bisa mencoba untuk mengetikkan sebuah nama atau alamat website di browser dan lihat informasi seperti apa yang keluar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here