Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Penerapannya?

0
261

Bagi blogger atau internet marketer yang sudah berpengalaman, pasti sudah mengenal arti dari SEO? Ini adalah tiga huruf ajaib yang bisa membuat blog atau pemasaran digital mencapai target dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Namun bagi blogger pemula, maka SEO menjadi hal yang sangat memusingkan dan sulit untuk dipelajari. Tapi tahukah Anda bahwa seorang yang sudah ahli SEO saja pasti pernah mengalami menjadi pemula.

Jadi jangan malu untuk mempelajari SEO dari tingkat pemula. Berikut ini akan kami jelaskan lengkap mengenai apa itu SEO dan semua seluk beluk SEO.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia maka bisa dikatakan sebagai Optimisasi Mesin Pencari. Ini adalah salah satu cara untuk membuat sebuah halaman website bisa terlihat baik pada mesin pencari. Tujuan dari SEO pasti bisa membuat sebuah halaman masuk ke dalam halamam pertama mesin pencari seperti pada halaman pertama Google.

Ketika sebuah website atau informasi masuk ke dalam halaman pertama dan memiliki rangking atas maka tingkat kunjungan pada website itu pasti akan meningkat. Akhirnya Anda bisa mendapatkan pengunjung yang banyak dalam waktu singkat serta tidak perlu mengeluarkan modal atau membayar program-program lain.

Cara kerjanya begini, ketika Anda mengetikkan sebuah kata kunci maka akan muncul halaman yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Jika sebuah halaman bisa masuk dalam rangking antara 1 sampai 4 maka bisa berpeluang mendapatkan kunjungan yang lebih banyak. Hanya saja sebenarnya SEO sangat penting untuk mendapatkan kunjung organik ke sebuah halaman dan bukan berdasarkan tujuan pemasangan iklan.

Sejarah Singkat SEO

Sebuah pesan spam awalnya di publish di Usenet dan itulah awal kata munculnya SEO pada tahun 1997. Sebenarnya pada masa itu memang sistem algoritma pada mesin pencari memang belum lengkap sehingga tidak terlalu rumit dan mudah ditembus.

Perlu Anda ketahui bahwa pada awalnya algoritma untuk pencarian informasi hanya bergantung pada meta tag dari kode HTML pada situs. Kemudian meta tag akan menyediakan konten yang mengandung informasi mengenai sebuah halaman web dengan adanya kata kunci atau keyword.

Anehnya saat itu kata kunci yang sering dituliskan tidak berhubungan dengan konten yang sebenarnya, sehingga terjadi kesalahan dalam menempatkan peringkat situs. Pembaca informasi akhirnya kecewa karena tidak sesuai dengan harapan. Namun sekarang sistem ini sudah dirubah dengan SEO yang berkualitas sehingga keyword dan isi konten harus berhubungan.

Manfaat SEO Untuk Bisnis

Untuk perusahaan yang mengembangkan bisnis atau pemasaran online, ternyata SEO memiliki peran yang sangat penting. SEO akan menjadi cara untuk bisa meningkatkan peluang keuntungan yang cukup besar. Berikut ini semua penjelasan tentang manfaat SEO untuk mengembangkan bisnis.

  1. Meningkatkan Lalulintas Kunjungan

Jika sebuah halaman website bisnis memiliki kunjungan lalu lintas yang potensial maka ini sangat menguntungkan untuk pemilik bisnis. Peluang untuk mendapatkan kunjungan ke website bisnis akan semakin tinggi dan ini juga meningkatkan keuntungan secara finansial.

Misalnya sebuah bisnis online yang menggunakan SEO maka angka untuk kunjungan ke toko online melalui website bisa sangat tinggi. Inilah yang akan membuat peluang konsumen bisa meningkat secara alami. Misalnya saja jika halaman website bisnis Anda masuk di halaman pertama dan rangking pertama maka meningkatkan peluang konsumen yang lebih besar.

Tehnik ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan kata kunci yang tepat untuk optimasi SEO. Dengan adanya kondisi ini maka jumlah pelanggan bisnis akan meningkat dan keuntungan bisa jadi lebih besar. Cara ini juga bisa digunakan untuk website informasi atau portal yang bisa mendapatkan keuntungan dari Google misalnya Ads Google.

  1. Meyakinkan Konsumen atau Calon Pelanggan

SEO yang digunakan untuk sebuah halaman website bisnis bisa meningkaykan Brand Awareness dari bisnis yang Anda bangun. Ini hal yang sangat penting karena konsumen selalu melihat perusahaan dari masalah Branding. Semakin terkenal perusahaan Anda di internet maka peluang keuntungan juga semakin besar. Dan langkah ini hanya bisa dilakukan dengan SEO.

Kemudian jika konsumen menemukan halamam website di peringkat pertama maka kemungkinan konsumen akan mengingat halaman website Anda. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengingat bisnis Anda dengan mudah.

  1. Bisa Membantu Mendapatkan Data Konsumen dengan Mudah dan Gratis

Sebenarnya SEO juga akan memudahkan bisnis untuk mendapatkan data konsumen dengan mudah dan gratis. Langkah ini sangat penting sekali mengingat besarnya biaya promosi untuk mengenalkan sebuah bisnis. Jika sebuah halaman website bisa muncul di halaman pertama maka kemungkinan ada banyak calon pelanggan yang mau berlangganan untuk mendapatkan email marketing.

Ini juga sangat menguntungkan karena sebuah bisnis bisa mengembangkan promosi dengan sangat mudah. Konsumen bisa mendapatkan penawaran dengan mudah dan tidak perlu membayar banyak. Pemilik bisnis bisa mendapatkan data kontak ini untuk banyak hal termasuk mengenalkan produk baru.

  1. Mempengaruhi Daya Saing

Dengan adanya SEO maka sangat baik sekali untuk meningkatkan persaingan. Bagi sebuah bisnis persaingan menjadi hal yang sangat penting karena ini bisa mendatangkan konsumen yang cukup besar. SEO sama seperti model promo lain karena bersaing dengan SEO akan mendatangkan peluang keuntungan yang cukup besar.

Cara Membangun SEO

Untuk bisa membangun SEO maka memang tidak mudah. Namun bagi yang sudah ahli SEO tentu menjadi sangat mudah. Untuk menghilangkan stigma SEO itu sulit maka sebenarnya harus belajar cara untuk membangun SEO itu sendiri. Berikut ini langkah untuk membangun SEO.

  1. SEO On Page

SEO On Page adalah cara untuk mengoptimasi sebuah website yang hanya dilakukan pada website itu sendiri. Artinya yang membangun SEO adalah si pemilik website itu sendiri baik dilakukan sendiri atau jasa SEO.

Nah, cara untuk bisa membangun SEO On Page adalah dengan:

  • Meneliti kata kunci dengan menggunakan Keyword Planner dari Google atau tools yang lain.
  • Kata kunci yang digunakan harus sesuai dengan niche konten.
  • Website yang digunakan harus memiliki struktur yang baik, responsif, tampilan yang menarik dan sistem loading yang cepat.
  • Melengkapi penulisan untuk Title Tag untuk judul konten dan homepage.
  • Menuliskan meta deskripsi yang sesuai dengan konten dan kata kunci.
  • Menuliskan konten yang bermanfaat untuk pembaca umum.
  • Menggunakan URL dengan SEO Friendly.
  • Tulisan harus menggunakan heading yang tepat seperti H1, H2, H3, dan H4.
  • Membuat sistem navigasi dalam website lebih baik.
  • Melengkapi konten dengan internal links.
  • Melengkapi tulisan dengan gambar dan termasuk ada keyword didalamnya.
  1. SEO Off Page

SEO Off Page adalah sebuah cara untuk mengoptimasi website dengan cara dari luar website itu. Cara ini bisa dilakukan dengan mengembangkan links atau backlinks dari situs lain yang kemudian sampai ke website Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan menyebarkan link melalui sosial media, forum online, blogwalking, guest blogger dan lain-lain.

Nah itulah pengertian dari apa itu SEO dan cara-cara untuk mengembangkan SEO. Jika Anda masih pemula maka jangan takut untuk mencoba SEO untuk website bisnis atau informasi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here