Apa Itu Marketplace? Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

0
125
Arti Marketplace

Apa itu Marketplace?

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia memang sangat pesat. Indonesia juga termasuk salah satu negara berkembang yang memiliki pasar online paling tinggi.

Kemajuan internet dan penggunaan internet untuk bisnis memang sudah dijadikan tumpuan utama. Karena itu bebeberapa toko besar offline mulai tutup karena tidak mampu mengikuti persaingan pasar digital. Kemudian disusul dengan adanya marketplace yang lebih banyak disukai oleh pelaku pasar dan konsumen.

Ada beberapa hal yang sangat menarik dari marketplace, yaitu sistem yang dijalankan dalam marketplace itu sendiri. Lantas apa itu marketplace? Dibawah ini akan dijelaskan semua hal yang berkaitan dengan marketplace.

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah sebuah tempat yang berada didunia digital melalui web atau situs yang kemudian memberikan fasilitas jual beli secara online. Sistem ini akan dijalankan dengan berbagai sumber yang bisa menjadi pelaku pasar termasuk penjual dan pembeli. Bahkan sekarang juga tidak hanya berkepentingan untuk menjual produk saja tapi juga jasa.

Hal yang paling ampuh dari sistem marketplace adalah bahwa pelaku atau pemilik marketplace sama sekali tidak memiliki produk atau jasa yang diperjualbelikan. Pemilik marketplace hanya memberikan fasilitas untuk penjual dan pembeli saja dengan memberikan sistem yang sesuai dan benar-benar bisa berjalan dengan aman.

Pekerjaan dari marketplace memang terlihat sederhana, tapi sebenarnya tidak. Ada beberapa aturan yang sering dilakukan oleh marketplace seperti:
Menyajikan fasilitas rekening bersama untuk menampung semua transaksi yang aman untuk penjual dan pembeli.

mengenal sistem marketplace

Membantu proses promosi dengan menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan penjual dan pembeli, misalnya menerapkan diskon untuk acara besar tertentu.
Menyediakan fasilitas yang bisa membantu penjual dan pembeli berhubungan secara langsung lewat digital seperti dengan adanya fitur chat.
Menjamin bahwa semua data transaksi aman untuk penjual dan pembeli.

Tipe Marketplace

Meskipun marketplace memiliki tujuan yang sama yaitu mulai menawarkan sebuah sistem untuk transaksi antara penjual dan pembeli, ternyata memang sangat berbeda. Setiap marketplace yang terlihat sama pada dasarnya tidak. Berikut ini tipe marketplace yang juga ada atau diterapkan oleh pelaku bisnis di Indonesia.

Marketplace Vertikal

Tipe marketplace ini sebenarnya memiliki gerakan ekonomi yang sama seperti namanya. Marketplace ini hanya bertujuan untuk menyediakan satu tipe produk namun melibatkan banyak penjual dan retailer. Tentu saja dengan banyaknya penjual dan retailer serta produk yang sama maka persaingan bisa terjadi besar-besaran.

Persaingan tidak hanya bertumpu pada kualitas atau kondisi produk, tapi juga untuk pelayanan termasuk bonus-bonus transaksi.

Marketplace Horizontal

Sementara itu marketplace horizontal adalah jenis marketplace yang benar – benar menjual berbagai jenis produk dari banyak reseller atau penjual, namun pada dasarnya produk memiliki sifat atau ciri yang sama. Persaingan dalam marketplace ini memang besar tapi tidak terjadi secara besar seperti pada tipe vertikal.

Marketplace Global

Kemudian marketplace global adalah jenis marketplace yang menyediakan fasilitas untuk berbagai jenis barang, dari berbagai jenis reseller dan karakteristik produk tidak harus sama. Artinya dalam marketplace ini memang menyediakan ruang pertemuan antara penjual dan pembeli dengan langkah yang lebih besar.

Pembeli bebas memilih mana saja yang akan dibeli atau memilih penjual berdasarkan wilayah dan berbagai pertimbangan lain. Jenis marketplace ini yang banyak dibangun di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoppe dan lain-lainnya.

Siapa yang Terlibat dalam Marketplace?

Pada dasarnya jika Anda melihat lebih dalam lagi dengan dunia marketplace maka Anda bisa menemukan beberapa hal. Dalam dunia ekonomi digital ada beberapa kelompok yang terlibat dalam marketplace, yaitu:

⇒ C2C

C2C adalah singkatan dari customer to customer : dimana dalam sistem ini maka yang terlibat dalam marketplace adalah orang-orang yang bergerak atas nama pribadi, yang menawarkan produk kemudian membuatkan pesanana. Jadi dalam kelompok ini sama sekali tidak melibatkan produsen.
Contoh: OLX, Etsy, SkillShare, dll.

⇒ B2C

B2C sendiri adalah singkatan dari Business to Customer. Jika dilihat lagi maka dalam kelompok ini yang terlibat adalah pemiliki bisnis kepada klien. Klien ini bisa berupa reseller atau grosir yang kemudian akan menjual lagi dari produk yang sudah dibeli.
Contoh : Booking.com, AliExpress, Amazon, dll.

⇒ B2B

Kemudian yang terakhir adalah hubungan antara Business to business. Ini artinya adalah ada sebuah produsen atau pemilik bisnis yang kemudian juga membeli dari pemilik bisnis yang lain.
Contoh: Alibaba.com, dll.

Kelebihan Marketplace

Marketplace adalah sebuah inovasi pasar digital yang didorong untuk maju terus. Akibatnya persaingan dalam dunia ini memang sangat luar biasa. Tidak hanya besar tapi juga sangat luas.

keunggulan marketplace

Masyarakat atau konsumen bisa menemukan berbagai produk dalam dan luar negeri dengan cara yang sangat mudah dengan harga yang bisa dipilih sendiri. Lantas selain itu apa saja kelebihan marketplace?

⇒ Prospek Pembeli Yang Lebih Luas

Jika dilihat lagi maka sebenarnya marketplace menyediakan banyak ruangan untuk bertemu pembeli dalam jumlah yang sangat besar. Di dalam marketplace pembeli bisa bertemu dengan pembeli kemudian juga penjual.

Ini hal yang sangat baik untuk pihak penjual karena akhirnya penjual bisa bertemu dengan pembeli yang potensial. Akhirnya dengan cara ini maka pembeli bisa menemukan barang dengan mudah dan penjual mendapatkan potensi pasar yang lebih besar.

⇒ Penyebaran Informasi Yang Cepat

Karena dalam marketplace menjadi tempat untuk pertemuan pembeli dan penjual maka semua informasi bisa meluas dengan cepat. Pembeli boleh saling bertukar informasi dengan pembeli lain. Bahkan penjual juga memiliki kesempatan yang sama. Setelah itu bisa digunakan untuk ajang membuka bisnis yang lebih besar.

⇒ Sistem Keuangan Yang Aman dan Jelas

Jika Anda terlibat dengan marketplace maka mereka selalu menyediakan fasilits rekening bersana. Ada banyak nama-nama yang berbeda misalnya go pay dari gojek dan jenis lainnya. Manfaat rekening bersama adalah untuk memudahkan agar pembayaran bisa sampai ke penjual, dan pembeli juga benar-benar menerima barang online tersebut.

⇒ Promosi Secara Gratis

Marketplace juga layak untuk pasar yang besar seperti di Indonesia. Ini karena pasar menyediakan cara promosi yang sangat potensial. Pada hari-hari tertentu marketplace menawarkan sebuah sistem promo yang mungkin bisa menarik pelanggan Anda. Cara ini sangat efektif, misalnya promo hari kemerdekaan dan lainnya.

⇒ Ragam Produk Yang Lebih Banyak

Marketplace sebenarnya menawarkan pencarian produk yang sangat luas kepada konsumen. Pembeli bisa memilih produk yang sama berdasarkan harga yang sesuai dengan anggaran. Ini yang akan membuat pembeli benar-benar nyaman untuk membeli produk dari pedagang.

Kekurangan Marketplace

Kelemahan marketplace

⇒ Persaingan Iklan

Setiap marketplace menawarkan sistem iklan yang berbeda. Misalnya dengan push promoted. Ini iklan yang akan dipasang oleh penjual. Namun ketika penjual memasang iklan maka saat pembeli melihat iklan tersebut maka kadang ada iklan barang sejenis yang masuk.

Dampaknya akan membuat pembeli langsung bisa menemukan barang yang diiklankan dengan harga yang rendah. dan kerugian untuk penjual adalah persaingan harga yang sangat mudah untuk dilihat oleh pembeli.

⇒ Persaingan Antar Penjual

Karena marketplace menyediakan sistem yang lebih luas maka banyak penjual yang terlibat. Akhirnya setiap penjual bisa menawarkan harga yang berbeda-beda. Ini yang akan menyebabkan harga di marketplace rusak dan tidak bisa sehat. Terkadang ini yang akan menyebabkan penjual tidak bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

⇒ Jaminan Kelangsungan Yang Rendah

Jaminan untuk masa hidup marketplace memang tidak bisa dilihat sejak awal. Semakin banyak persaingan maka semakin banyak tekanan yang dihadapi. Ini yang akan membuat situs yang menjadi marketplace terkadang tutup sendiri. Hanya marketplace yang bermodal besar saja yang biasanya akan bertahan lebih lama.

⇒ Pencarian Produk Terlalu Luas

Untuk memudahkan pembeli maka biasanya dalam marketplace dilengkapi dengan sistem pencarian. Sistem ini ternyata membaca produk dengan cara yang sangat luas. Akibatnya ketika Anda misalnya mencari buku dengan mengetikkan judul, maka semua judul yang Anda cari akan terlihat. Ini yang akan merugikan penjual karena pembeli bisa langsung memilih dengan harga yang paling murah.

Nah inilah semua informasi yang berhubungan dengan marketplace. Marketplace memang salah satu bentuk perkembangan pasar yang sangat besar. Dan marketplace yang akan merubah cara ekonomi digital berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here