Apa Itu Email Marketing? : Pengertian, Keuntungan & Langkah Membangun Email Marketing

0
411

Saat ini sebuah bisnis yang dijalankan dengan internet memang sudah menjadi keharusan. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis lewat internet. Lihat saja dengan munculnya berbagai marketplace yang bisa digunakan semua orang. Semua penjual bahkan dengan modal kecil saja bisa meraih keuntungan dengan pasar online.

Namun jika Anda membangun bisnis pada skala yang lebih besar maka penggunaan sosial media dan toko online saja tidak cukup. Jadi apa yang dibutuhkan? Jawabannya adalah email marketing. Ya, ini seperti email biasa yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Email sendiri salah satu bentuk surat elektronik yang sangat aman dimana kemungkinan data hilang memang sangat sedikit.

Jika Anda kurang paham dengan ulasan tersebut, jangan menyerah! Berikut kami sampaikan mengenai apa itu email marketing dan seluk beluk di dalamnya.

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah salah satu sarana untuk berhubungan dengan calon konsumen atau pelanggan lama atau untuk mempertahankan pelanggan lama agar selalu menjadi pelanggan bisnis Anda. Dengan kata lain email marketing akan mengikat secara halus semua pelanggan bisnis Anda namun tidak berkesan kasar atau memaksa.

Dengan adanya email marketing maka bisnis Anda dan perubahan atau pembaruan dalam bisnis Anda bisa disampaikan ke calon pelanggan dan pelanggan dengan mudah.

Bayangkan saja jika Anda menawarkan promosi atau diskon maka pelanggan tetap atau calon pelanggan Anda pasti akan sangat terkesan. Terlebih dengan adanya perkembangan akses teknologi seperti ponsel pintar maka email lebih mudah dijangkau.

Alasan Kuat Menggunakan Email Marketing

  1. Sangat Bermanfaat

Tehnik pemasaran dengan email marketing ternyata sudah terbukti sangat efektif. Pemilik bisnis bisa menawarkan promo produk, produk terlaris, diskon dan promosi lain dengan cepat kepala pelanggan. Cara ini juga sangat tepat sasaran karena email yang masuk ke inbox pelanggan pasti akan dibaca.

Pelanggan bisa melihat notifikasi email marketing dan dengan kata-kata yang mengarahkan pembaca untuk mengunjungi toko maka angka penjualan akan meningkat.

  1. Promosi yang Sangat Murah

Kemudian email marketing juga menjadi sarana untuk membangun pasar dengan cara yang sangat murah. Anda cukup menggunakan tool kemudian satu kali buat dan sudah tersebar dengan cara yang sangat mudah.

Bayangkan jika Anda harus promosi dengan SPG atau sarana promosi yang lain. Dengan email marketing maka bisa menghemat ongkos promosi termasuk cetak pamflet, cetak brosur dan tenaga kerja untuk promosi.

  1. Hasil Laporan yang Akurat

Semua bisnis yang menggunakan email marketing juga bisa mendapatkan kemudahan dalam menganalisa sistem promosi dan pemasaran. Semua karena ada sistem khusus yang akan melacak jumlah penerima email yang membuka email marketing tersebut.

Kemudian Anda juga bisa mendapatkan data mengenai jumlah email yang sudah di forward ke alamat email yang lain dan berbagai data yang lain. Hasil laporan ini tentunya sangat penting untuk menganalisa sistem pemasaran dalam bisnis Anda.

  1. Dekat dengan Pelanggan

Email marketing juga menjadi sarana untuk dekat dengan pelanggan. Ini karena email bekerja secara pribadi ke penerima email. Penerima email akan menerima notifikasi, membuka sendiri, membaca sendiri dan bahkan membuat keputusan sendiri.

Jika pelanggan masih ingin terhubung ke bisnis Anda maka link tertentu juga diciptakan sehingga pelanggan tidak perlu takut terlacak oleh orang lain.

  1. Sangat Mudah

Untuk bisa mengoperasikan email marketing ternyata caranya juga sangat mudah. Bisnis Anda bisa menggunakan model website yang dilengkapi dengan template ini sehingga cukup di instal langsung.

Memang dalam sistem ini ada yang berbayar dan ada yang gratis sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Langkah Membangun Email Marketing

Setelah melihat berbagai uraian dan informasi diatas mungkin Anda bisa langsung berpikir untuk membangun sebuah email marketing.Langkah Menggunakan Email Marketing

Sebenarnya caranya juga tidak sulit sehingga mudah untuk dikerjakan. Baiklah berikut ini akan kami berikan mengenai tata cara membangun email marketing dari awal sampai akhir.

  1. Gunakan Platform yang Sesuai

Untuk bisa menggunakan email marketing maka Anda membutuhkan sebuah platform yang sesuai dan tepat dengan konsep bisnis Anda.

Cara untuk membangun email marketing memang bisa menggunakan Gmail atau yahoo mail. Tapi kedua cara ini dianggap kurang efektif, kuno dan kurang maju. Karena apa? Karena jumlah email yang dikirimkan ke banyaknya pelanggan.

Nah untuk memilih platform yang sesuai maka Anda bisa menilai beberapa contohnya, seperti:

  • MailChimp
  • Vertical Response
  • BenchMark
  • Zoho Campaigns
  • Kirim.Email (Recomended)
  • Dan masih banyak lagi.
  1. Membangun Mailing List

Setelah Anda memilih platform yang tepat maka Anda juga harus memikirkan email list. Email list ini terdiri dari orang-orang atau instansi yang memang setuju untuk menerima email marketing dari Anda.

Setiap pengunjung yang mau menerima email marketing harus setuju sehingga email Anda tidak termasuk dalam spam.

Nah untuk bisa mendapatkan alamat email dari calon pelanggan atau pelanggan Anda ikuti tips berikut ini:

  • Informasi penawaran diskon. Dengan cara ini maka toko atau bisnis Anda bisa memberikan penawaran rutin ke email list yang terdaftar dalam email marketing Anda. Semua informasi ini akan disampaikan melalui email.
  • Membuat sebuah kontes. Anda juga bisa membuat sebuah kontes untuk menarik calon pelanggan. Kontes ini harus berhubungan dengan promosi bisnis Anda dan pelanggan bersedia memberikan alamat email mereka.
  • Memberikan konten bernilai secara gratis. Langkah lain juga bisa dilakukan dengan memberikan konten bermanfaat seperti cara membangun bisnis dalam waktu singkat, e-book, template dan produk lain. Syarat untuk mendapatkan konten tersebut adalah dengan mendaftar email langganan. Nah akhirnya Anda juga bisa mendapatkan data email pelanggan.
  1. Menilai Tipe Konsumen

Langkah lain setelah mendapatkan email list konsumen adalah dengan mengelompokkan setiap konsumen. Cara ini untuk membantu email menjadi tepat sasaran dan bukan pekerjaan yang sia-sia. Cara untuk mengelompokkan pelanggan adalah:

  • Jenis konsumen. Anda bisa menilai sendiri mana konsumen yang loyal, konsumen yang potensial, konsumen baru dan bahkan konsumen yang tidak pernah aktif. Konsumen aktif dan loyal adalah mereka yang berhak menerima diskon dan penawaran ekskutif, kemudian konsumen yang tidak aktif bisa diarahkan untuk membaca program bisnis Anda sehingga mereka tertarik.
  • Tahu apa minat konsumen. Kemudian Anda juga harus tahu dulu apa yang menarik buat konsumen. Setiap konsumen bisa menginginkan berbagai produk dan program yang berbeda. Karena itu Anda harus tahu agar email tepat ke tipe konsumen.
  • Dimana lokasi konsumen. Cara lain adalah dengan menawarkan sebuah program khusus yang memang hanya tersedia di lokasi tertentu. Cara ini sangat tepat untuk mendapatkan konsumen yang loyal dan berusaha menarik konsumen yang belum aktif.
  • Tepat sasaran. Mengikat konsumen juga menjadi salah satu tujuan email marketing. Jika Anda memiliki konsumen yang tidak pernah membuka email, maka ini menjadi tujuan yang tepat untuk mengikat mereka. Berikan penawaran khusus agar mereka tertarik dengan toko atau bisnis Anda.
  1. Ciptakan Konten yang Menarik Pelanggan

Setelah Anda membuat email marketing maka sekarang saatnya untuk membuat isi email tersebut. Hal yang paling penting adalah membuat email marketing semenarik mungkin dan bisa membuat calon pelanggan terkesima.

Nah detail penting untuk membuat marketing sebaiknya memenuhi beberapa unsur seperti:

  • Tipe format yang sesuai. Anda sebaiknya membuat email dengan format yang bisa dibaca dengan versi dekstop dan mobile. Ini sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Untuk membuat email seperti ini bisa menggunakan software khusus.
  • Kata subject email yang menarik. Kemudian Anda juga harus memikirkan mengenai subjek yang menarik, singat dan sangat mengundang rasa ingin tahu. Misalnya “diskon 10 % pengiriman gratis”
  • Isi email. Kemudian pikirkan juga mengenai isi email yang sesuai. Pertimbangkan apakah isi itu sudah menggunakan kata-kata yang tepat, singkat dan bisa dimengerti.
  • Letakkan CTA. Kemudian untuk menarik tindakan konsumen maka letakkan CTA pada bagian akhir. Dengan konsep ini maka akses ke halaman toko atau profile web Anda langsung berhubungan.
  1. Selalu Berkomunikasi dengan Konsumen

Setelah mencapai beberapa langkah email marketing di atas maka hal yang penting lain adalah berusaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Cara ini tidak hanya dilakukan dengan mengirimkan email marketing ke pelanggan tapi juga berbagai macam informasi yang penting. Berikut beberapa contohnya:

  • Informasi mengenai produk baru. Anda bisa mengirimkan daftar produk baru dan semua keterangannya yang mungkin menarik pelanggan Anda.
  • Layanan terbaru. Anda bisa menawarkan sebuah layanan yang memang baru dan belum diketahui banyak orang sehingga Anda bisa menawarkan pelanggan menjadi pelanggan pertama.
  • Manfaatkan hari spesial. Kemudian Anda juga bisa memberikan informasi layanan produk dan jasa pada hari tertentu. Salah satunya adalah dengan menggunakan hari spesial seperti hari raya, Black Friday, Harbolnas dan berbagai acara perayaan yang lain, termasuk ulang tahun bisnis dan pelanggan Anda.
  1. Penilaian Email Marketing

Setelah menerapkan email marketing maka Anda harus tahu seberapa efektif model promosi ini. Untuk melakukan penilaian ini maka Anda bisa melakukan evaluasi pada bagian:

  • Jumlah pelanggan yang membuka email marketing.
  • Email yang tidak masuk ke inbox email pelanggan.
  • Jumlah eror server sampai email gagal.
  • Pelanggan yang mengklik link penawaran dalam email marketing.
  • Konsumen yang sudah tidak mengikuti email marketing atau unsubscribe email marketing Anda.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu email marketing dan berbagai langkah untuk membangun email marketing.

Mengingat email marketing sangat penting untuk bisnis jadi memang alangkah lebih baiknya jika email marketing menjadi strategi pemasaran yang ampuh untuk bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here