Apa Itu Dropship? Dan Bagaimana Cara Kerja Sistem Dropship?

3
939
Pengertian-Dropship

Pengertian-Dropship

Pengertian Dropship

 

Apa Sobat pernah mendengar istilah Dropship? Istilah ini sudah tak asing lagi dalam dunia bisnis online atau jual beli online. Nah, kira-kira apa itu dropship? Drophip adalah sistem jual beli online, dimana seorang dropshiper memasarkan dan menjualkan barang/produk dari (supplier) dan jika ada yang order, maka dropshiper ini akan meneruskan pesanan pembeli ke supplier atau distributor, agar supplier tersebut mengirimkan barang yang sudah dipesan pada customer (pembeli).

Seorang dropshiper dalam hal ini hanya sebagai perantara. Karena mereka hanya meneruskan pesanan yang dilakukan oleh pembelinya pada supplier atau distributor yang sebelumnya sudah ada kerjasama.

 

Agar lebih mudah memahami tentang arti Dropship, maka sobat bisa mengetahui dari cara kerja sistem dropship.

Cara Melakukan Dropship

1# Mencari Supplier Atau Distributor

Untuk menjadi dropshiper, langkah yang pertama harus sobat lakukan adalah dengan cara mencari supplier/agen atau distributor. Agar sobat diizinkan untuk memasarkan dan menjual produk atau barang mereka. Caranya cukup mudah, sobat bisa mencari supplier atau agen melalui grup jual beli di facebook atau bisa juga mencarinya di situs jual beli online (marketplace). Biasanya supplier atau agen besar, melampirkan informasi bahwa mereka menerima dropshiper, dengan beberapa syarat yang sudah mereka tentukan.

Baca juga : Cara Mudah Mencari Supplier Di Tokopedia

Syarat ini meliputi harga dan laba yang diberikan oleh dropshiper dan tata cara untuk menjadi dropshiper mereka. Untuk pembagian laba, biasanya ada dua macam cara;

Cara Pertama adalah sobat akan mendapat harga khusus dari supplier yang berbeda dengan harga asli dari produk atau barang mereka. Biasanya harga yang diberikan pada sobat lebih murah dari harga yang mereka berikan di pasaran. Selisih inilah yang nantinya akan menjadi keuntungan buat sobat. Biasanya untuk cara pertama ini si supplier akan memberlakukan minimal pembelian diawal. Contoh: Sobat harus membeli terlebih dahulu beberapa item atau dalam nominal tertentu, baru setelah itu pesanan selanjutnya sobat akan mendapatkan harga yang sama (lebih murah).

Cara Kedua adalah, supplier memberikan harga yang sama dengan harga di pasaran, kemudian sobat bebas menjual (mark up harga) produk atau barang tersebut dengan harga yang sobat inginkan, tentunya sobat harus menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, agar sobat bisa mendapatkan untung.

Cara-kerja-sistem-dropship

2# Melakukan Promosi

Jika sobat sudah mencapai kesepakatan dengan supplier/agen atau distributor, sekarang saatnya sobat melakukan promosi dengan memposting produk atau barang yang sobat jual. Untuk konten produk (gambar dan deskripsi) kadang sudah disiapkan oleh si supplier atau sobat bisa searching sendiri dari google dengan catatan produk harus sama dengan yang supplier sobat punya. Untuk promosinya sobat bisa menggunakan handphone atau laptop dengan promosi online misal ke sosial media; mulai dari facebook, twitter, instagram, pinterest dan lain sebagainya. ataupun bisa melalui website atau toko online sendiri, pun bisa melalu situs jual beli online marketplace semisal tokopedia, bukalapak, lazada, olx dan lain sebagainya sobat bisa memilih yang menurut sobat mudah dan pontensinya bagus.

3# Menerima Pesanan

Setelah sobat melakukan promosi ke berbagai media ataupun teman dan sanak saudara, maka sobat akan mendapatkan pesanan atas produk atau barang yang sobat promosikan. Kok yakin banget!

Harus yakin, yakin jualannya akan laris. Asalkan tetap berusaha dan jangan lupa berdoa juga perbanyak sedekah. ^_^ 

4# Menerima Pembayaran

Dalam jualan online biasanya prinsipnya, ketika customer memesan suatu produk dan sudah deal maka customer terlebih dahulu melakukan pembayaran setelah itu barang pesanan dikirimkan. Begitupun dengan ini, sobat akan mendapat pembayaran dari customer sobat yang memesan produk tersebut.

5# Melakukan Pemesanan

Jika sobat berhasil mendapatkan pesanan / orderan dan customerpun sudah membayarkan uangnya pada sobat, maka waktunya sobat meneruskan pesanan dengan melakukan pesanan ke supplier atau distributor sesuai dengan yang dipesan oleh customer. Disini sobat harus melakukannya dengan cepat dan segera membayar pesanan sobat ke supplier agar pesanan tersebut segera diproses dan dikirimkan ke customer sobat.

Dari selisih penjualan tersebut sobat akan mendapatkan keuntungan/laba bersih tanpa dikurangi biaya packing ataupun biaya embel-embel lainnya.

Itulah sekilas penjelesan tentang cara kerja sistem drophip. Jadi bisa dibilang dropship ini hanya menyalurkan barang dari agen atau distributor untuk kemudian dijual dipromosikan sebagai barang dagangannya.

Baca Juga : Tips Ampuh Cara Jualan Cepat Laku & Laris Di Shopee

Setelah sobat mengetahui sistem kerja dropship, mungkin terlintas dibenak sobat ingin mencoba bagaimana rasanya mengambil peluang jualan online dengan sistem dropship karena sepertinya dropship ini sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu sobat perlu mengetahui tentang kelebihan dan juga kekurangan dari dropship.

Plus Minus Jualan Online Dengan Sistem Dropship

Kelebihan

  1. Dengan menjual barang melalui dropship, sobat tidak harus punya modal sama sekali untuk memulai bisnis online. karena uang untuk membeli produk ke supplier adalah uang pembayaran dari customer. Kecuali ingin prosesnya lebih cepat maka sobat bisa menaruh deposit terlebih dulu di supplier sehingga tidak harus nunggu pembayaran untuk segera proses pesanan.
  2. Tidak harus stok barang/produk sehingga tidak gelisah tidak ada yang pesan karena stok menumpuk.
  3. Tidak perlu capek dan lelah untuk packing paket pesanan

Kekurangan

  1. Dengan sistem dropship ini, sobat hanya menyalurkan barang yang dijual oleh supplier atau agen, sehingga sobat tidak mengetahui kualitas barang yang sobat jual karena tidak melihat secara langsung barang yang sobat jual. Sehingga kemungkinan kualitas barang rendah bisa terjadi.
  2. Manakal terjadi kesalahan supplier tidak menuliskan nama toko dropshiper tapi menggunakan nama toko dan nomer telepon supplier dia sendiri, maka akan berakibat buruk jika customer sobat mengetahui. Karena nantinya customer sobat akan langsung membeli ke supplier atau agen sobat langsung, kemungkinan buruknya customer sambil maki – maki. uhh jangan sampai deh.

Tips Sukses Berjualan Online Dengan Dropship

Setiap orang punya peluang yang sama dan kesempatan yang sama yang membedakan adalah kerja keras dan konsistensi. Bisnis online saat ini sedang naik daun karena dampak dari perkembangan dunia teknologi dan informasi. Tentunya ini adalah peluang untuk kita bisa ambil peran mendapatkan rupiah. Salah satunya cara untuk memulai jika belum punya produk sendiri atau belum mampu atau belum berani stok produk, Dropship bisa jadi alternatif.

Cara-berjualan-online-dengan-dropship

Awalnya saya (penulis artikel ini) pun adalah seorang full dropshipper, saat masih belum punya stok produk dan masih status coba coba jualan online karena saat itu selain belum punya modal besar juga masih ragu jika sekaligus stok produk banyak. Nah berikut ini adalah beberapa tips dari saya untuk sobat yang mau memulai jualan online dengan dropship.

Cari supplier/agen/distributor yang terpercaya, murah dan amanah. Ini penting sekali karena supplier sobat yang akan menghandle pesanan sobat, dan bila perlu cari supplier yang tangan pertama biar harganya jauh lebih murah.

Pastikan sobat sudah mengetahui produk yang dijual dan baiknya sudah melihat secara langsung kondisi, kualitas dan bentuk aslinya. Jadi ada baiknya sobat membeli dulu sebelum menjualnya ke orang lain.

Penekanan Kerjasama. tekankan lagi dalam hal kerjasama ini bahwa sobat akan menjualkan produk dari supplier secara dropship sehingga nanti jika ada pemesanan pengirim dalam paket harus diganti dengan nama atau toko serta nomer hp sobat. Tapi biasanya kalau supplier yang sudah besar dan trusted dia sudah mengerti menyiapkan hal itu.

Diusahakan sobat memiliki internet banking atau mobile banking. Apa gunanya? untuk ngecek pembayaran dari customer dan pembayaran pesanan ke supplier agar lebih cepat dan tidak bolak balik atm sehingga pesanan sobat nanti cepat diproses oleh supplier. jika tidak alternatifnya sobat bisa menyimpan deposit terlebih dahulu di supplier jika memiliki dana lebih buat modal.Berikan best service dan jaminan kualitas. Walaupun dropship, berikanlah pelayanan terbaik kepada konsumen dengan fast respon dan sabar dan solutif. Dan jangan lupa berikan jaminan kualitas atas produk dan paket sampai hingga ke tangan konsumen.

Itulah sekilas penjelasan singkat dari Ainoru tentang pengertian dropship dan cara kerja sistem dropship yang bisa sobat gunakan sebagai alternatif memulai jualan online tanpa biaya besar dan hanya bermodalkan gadget.

Semoga bermanfaat, silakan share ke teman sobat dan tinggalkan komentar jika ada yang kurang jelas, menambahkan ataupun memberikan masukkan.

Salam Keren ^_^

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here