Mengenal Apa Itu ClickBait? Berikut Contoh dan Bahayanya

0
115

Apakah Anda pernah merasa tertipu ketika sedang mencari informasi penting lewat internet?

Mungkin Anda pernah melihat judul sebuah artikel atau informasi yang sesuai dengan keyword yang diketikkan pada kolom browser. Tapi ketika Anda mengklik judul informasi tersebut, ternyata hasilnya menipu, mengecewakan dan tidak sesuai dengan judul.

Nah inilah yang dinamakan dengan Clickbait. Tentu ini hal yang sangat menjengkelkan karena Anda pasti merasa tertipu. Bahkan dengan mengklik pada judul tersebut ternyata sudah menjadi tipuan yang membuang waktu saja.

Terlebih ketika informasi yang Anda cari memang masih terbatas dan jumlahnya sangat sedikit. Sebaiknya memang tidak mengklik judul yang menipu ini. Agar Anda memahami sepenuhnya, maka akan Kami informasi mengenai apa itu ClickBait.

Arti ClickBait

ClickBait adalah sebuah cara untuk mengarahkan pembaca agar mau membuka judul artikel atau informasi dalam bentuk lain melalui sebuah website namun isi dari judul tersebut memang tidak sesuai.

Ini adalah sebuah trik yang sering digunakan untuk mendatangkan pengunjung yang banyak ke sebuah website. Namun karena ini dianggap menipu maka sebenarnya tehnik ini tidak sesuai dengan aturan jurnalisme.

Akhirnya berita yang dibuat dalam bentuk Clickbait ini akan menjadi sampah elektronik saja. Bahkan dalam dunia jurnalisme, tehnik ini dianggap sebagai cara yang paling kotor dan rendah untuk menarik pembaca.

Contoh ClickBait

Dengan melihat isi dan arti dari Clikbait maka kita paham bahwa sebenarnya informasi yang disampaikan dalam Clickbait memang sangat menipu dan tidak sesuai. Lalu bagaimana cara mengenali bahwa sebuah informasi itu bisa dikatakan sebagai Clikbait? Agar Anda memahami sepenuhnya, maka lihat contoh berikut ini.

Judul : Cara Mudah dan Sehat Untuk Langsing Hanya Dalam 10 Hari

Mungkin jika Anda membayangkan judul artikel tersebut maka seharusnya isinya mengenai tips-tips ampuh cara untuk langsing sesuai dengan uraian judul. Tapi ternyata setelah diketik hasilnya adalah artikel promo produk pelangsing dengan obat yang belum tentu benar. Nah inilah yang membuat korban Clickbait dalam dunia internet lebih banyak lagi.

Clickbait sendiri memang bukan tehnik baru karena kita sudah akrab dengan model ini dalam penyiaran berita atau dalam sebuah acara televisi. Misalnya dalam sebuah acara hiburan saat akan mundul jeda iklan maka sang pembawa acara akan mengatakan “Kita tunggu setelah yang satu ini” nah inilah tehnik yang sama dengan Clickbait.

Hanya saja untuk menghindari informasi seperti Clickbait memang sangat sulit. Hampir semua tehnik artikel sering dibuat dengan cara seperti ini. Bagi pengunjung yang cerdas biasanya mereka sudah tidak akan mengklik halaman ini.

Tujuan ClickBait

√ Meningkatkan jumlah pengunjung

Saat ini ternyata budaya untuk membuat artikel dengan model Clickbait memang sudah banyak dilakukan oleh berbagai digital media. Banyak penulis artikel yang membuat judul artikel dengan melebih-lebihkan. Akhirnya pembaca akan terus mengikuti informasi itu padahal hasilnya tidak sesuai dengan judul.

Tujuan utama dari artikel ditulis dengan konsep Clickbait adalah untuk mempengaruhi pembaca agar mau mengklik dan membaca artikel tersebut. Padahal jika dilihat lagi dari tandanya seperti judul yang terlihat berlebihan, kata-kata yang menipu dan terkesan heboh, maka artikel itu sudah pasti Clickbait.

Jadi memang budaya untuk mengajak pembaca mau mengklik judul Clickbait ini memang sudah sangat umum. Hanya sedikit media yang menggunakan judul normal.

√ Tehnik palsu untuk mendapatkan uang

Ketika berbicara masalah media maka tidak mungkin ada media yang tidak ingin uang. Uang menjadi salah satu faktor media terutama media digital bisa terus bergerak.

Nah Clickbait sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan cara SEO namun tidak sesuai dengan aturan. Akibatnya banyak pengunjung yang mengklik sebuah halaman namun ternyata mendapatkan informasi palsu.

Kemudian jika sebuah media digital menggantungkan penghasilan dari iklan atau jumlah pengunjung, tentu Clickbait akan meningkatkan keuntungan. Namun tehnik ini sangat rendah dan tidak berkualitas sehingga lebih baik tidak digunakan.

Cara Menerapkan ClickBait

bagaimana cara penerapan clickbait

1. Lewat Judul

Judul sebuah artikel akan dibuat sangat heboh, penuh dengan kata-kata yang mengajak pembaca untuk mengklik dan membuat pembaca penasaran dengan judul tersebut. Bahkan terkadang tehnik ini dibuat dengan membuat judul yang berkesan ambigu atau arti yang tidak sesuai atau lebih dari satu arti.

2. Melalui Iklan Media

Kemudian cara lain yang sering dilakukan untuk membuat Clickbait adalah dengan menggunakan media. Iklan atau cuplikan sebuah media dibuat untuk memberi kesan provokatif sehingga pengunjung mau membukanya. Kemudian setelah dibuka ternyata isi dari konten tersebut tidak sesuai dan sangat mengecewakan.

Bahaya ClikBait untuk Pembuat

  1. Merusak nama media. Jika sebuah media sering melakukan ini maka pengguna bisa melihat bahwa media tersebut tidak bisa dipercaya. Artinya Clikbait akan merusak nilai, kinerja dan kredibilitas media yang sudah sering mengeluarkan artikel atau informasi Clikbait.
  2. Ditinggalkan responden. Sebuah media yang sering membuat Clikbait biasanya tidak akan bisa bertahan lama. Hal ini karena pelanggan yang sudah biasa membaca atau mencari informasi dari media tersebut sudah tidak percaya.
  3. Jadi sampah elektronik. Pembuat clikbait sebenarnya akan merugikan diri sendiri. Hal ini karena media yang dibuat untuk menyebarkan informasi tersebut hanya akan menjadi sampah elektronik.
  4. Artikel mudah tertindih. Dalam dunia pencarian di sebuah mesin pencari maka artikel sampah secara otomatis mudah tertindih yang akhirnya artikel tidak akan bertahan lama dalam sebuah halaman pencarian.
  5. Citra penulis yang buruk. Nah untuk penulis yang sering membuat artikel Clickbait maka sebenarnya tehnik ini akan merusak citra penulis itu sendiri. Dalam sebuah artikel maka nama penulis akan dicantumkan dan pembaca bisa melihat hasil tulisan dari penulis itu apa saja. Dan akhirnya dengan banyaknya Clikbait yang dibuat maka pengunjung tidak akan percaya dengan penulis itu sendiri.

Bahaya ClickBait untuk Pengunjung

  1. Pembaca yang mengklik halaman judul Clickbait berarti sudah tertipu dengan artikel tersebut. Pembaca tidak akan menemukan artikel yang diinginkan sehingga jelas informasi tersebut palsu.
  2. Waktu yang terbuang sia – sia. Jika Anda membuka halaman Clickbait maka sebenarnya halaman yang terbuka hanya akan sia-sia saja. Anda akan membuang banyak waktu dan ini sangat menjengkelkan.
  3. Jika membuat sebuah halaman dengan judul Clickbait maka bisa menyebabkan Anda merasa sedih, kesal dan sangat stres. Ini tidak baik terutama jika Anda sedang mencari informasi yang sangat penting dimana informasi tersebut masih terbatas.
  4. Nah inilah salah satu masalah yang sering terjadi saat ini. Banyak artikel dengan informasi tidak benar atau bersifat hoax. Akhirnya jika tidak cerdas dalam menyikapi isinya dan hanya membaca judulnya saja maka bisa terprovokasi, emosi dan ikut menyebarkan berita yang tidak tepat.

Jadi itulah pengertian dari apa itu ClickBait. Setelah membaca informasi yang sangat lengkap itu maka bisa disimpulkan bahwa semua pembaca bisa menghindari atau mengartikan CLickBait dengan cara yang tepat dan bijaksana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here