Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Jenis & Keuntungan Punya Blog

0
353

Teman-teman tentu sudah sering mendengar tentang istilah atau profesi blogger. Ya, ini adalah salah satu profesi millenial yang paling banyak diincar. Tentu saja selain kemudahan dan waktu yang fleksibel ternyata menjadi seorang blogger juga bisa membuat kaya. Namun ada banyak hal yang harus dipahami sebelum menjadi seorang blogger.

Pada dasarnya Anda harus tahu dulu apa itu blog dan berbagai seluk beluk di dalamnya. Tidak usah bingung atau takut ketinggalan zaman. Sekarang Anda bisa membaca dulu semua hal tentang pengertian apa itu blog melalui informasi dibawah ini.

Apa Itu Blog ?

Berbicara tentang blog sebenarnya satu kata yang singkat dan mudah diucapkan ini ternyata berasal dari dua suku kata yaitu web dan log atau weblog. Jika diartikan maka weblog sendiri memiliki makna sebagai catatan harian online. Ya, sama seperti kita menulis buku catatan atau buku harian, hanya saja ini ditayangkan secara online seperti sebuah website.

Blog juga diartikan sebagai sebuah website atau situs yang berisi konten pribadi. Anda bisa mengisi konten dalam bentuk foto, tulisan atau artikel, video, tutorial dan berbagai jenis media lain termasuk link ke website atau blog lain.

Blog sebagai catatan pribadi juga bisa diartikan sebagai salah satu media pribadi yang ditulis oleh pemilik blog atau penulis tamu yang diundang mengenai pengalaman pribadi, pendapat, kritikan, review atau bahkan sebuah hasil observasi. Blog akan menjadi lebih menarik setelah dilengkapi dengan tampilan link, foto atau video.

Nah jika kita artikel secara singkat sebenarnya blog juga termasuk salah satu jenis situs atau website yang memiliki isi atau tulisan singkat atau panjang secara urut. Artinya semua pembaca atau pengunjung blog Anda bisa melihat setiap konten dari konten baru sampai konten yang paling lama.

Sejarah Blog Dari Tahun Ke Tahun

Tentu saja munculnya blog atau weblog juga mengikuti alur perkembangan teknologi. Kita sekarang bisa membuat blog dengan mudah, dengan layanan gratis atau berbayar.sejarah blog

Awalnya tampilan blog sangat sederhana dan klasik. Ini juga mengikuti perkembangan dari sejarah blog dari tahun ke tahun. Berikut gambaran perkembangan sejarah blog dari tahun ke tahun.

  1. Justin Hall (Personal Blog – Tahun 1994)

Melihat sejarah blog rasanya semua setuju jika kita harus mengakui Justin Hall sebagai bapak penemu blogger. Bahkan dengan perannya dalam bidang blog ternyata The New York Times Magazine telah menetapkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger pada tahun 2004.

Apa yang telah dilakukan Justin Hall? Ternyata Justin Hall membuat sebuah halaman personal blog atau blog pribadi dengan tampilan halaman putih yang diisi dengan berbagai macam tulisan. Tentu dibandingkan dengan model blog saat ini memang ini tampilan yang klasik. Ini juga dibuat oleh Justin Hall sebagai jurnal yang bersifar pribadi namun bisa dibuka secara umum.

  1. Jorn Barger (Keluarnya Weblog – Tahun 1997)

Kemudian seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian blog sebagai gabungan kata web dan log, maka istilah ini baru muncul pada tahun 1997. Jorn Barger mengenalkan istilah ini yang merujuk pada pengertian bahwa ketika akan masuk ke sebuah web maka membutuhkan logging. Seperti yang sekarang berkembang dengan sistem User dan Pasword ketika akan masuk ke sebuah blog.

Menandai munculnya istilah ini ternyata juga muncul sebuah ide untuk membuat isi blog berdasarkan urutan kejadian. Akhirnya inilah yang bertahan sampai sekarang dalam sebuah blog dimana Anda bisa melihat tampilan isi blog dari tulisan terbaru sampai yang paling lama secara berurutan.

  1. Peter Merholz (Weblog Menjadi Blog – Tahun 1999)

Dari tahun ke tahun banyak ahli yang menggeluti dalam bidang desain website. Salah satunya adalah Peter Merholz yang mulai mengenalkan istilah weblog menjadi blog saja. Awal mulanya Peter Merholz hanya menyukai menulis pada sebuah platform online dan ternyata berkembang pesat sampai sekarang.

  1. Munculnya Blogger, LiveJournal dan Xanga – Tahun 1999

Sepertinya mengembangkan blog memang menjadi banyak incaran ahli desain web. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai macam platform blog yang bertujuan untuk mencari pasar dan mengembangkan profesi blogger.

Semua perkembangan ini muncul pada tahun 1999 dimana Brad Fitzpatrick meluncurkan platform LiveJournal. Kemudian pada tahun ini juga LiveJournal berubah menjadi Blogger yang diluncurkan oleh Meg Hourihan dan Evan Williams.

Nah tidak mau ketinggalan juga Xanga yang keberadaannya tidak terlalu dikenal luas.

  1. Google Merubah Blogger Menjadi WordPress ( Tahun 2003)

Lalu salah satu platform yang dikenal sangat luas saat ini adalah WordPress. Lahirnya WordPress juga tidak lepas dari Blogger pada tahun 2003. Perkembangan bisnis blog semakin besar sampai akhirnya Google melakukan akuisisi Pyra Labs yang menelurkan Blogger. Inilah akhirnya dunia blog terus berkembang sampai saat ini.

Pada tahun ini juga WordPress mulai resmi dikenalkan ke pasar dan berhasil menguasai pasar blog sampai saat ini. WordPress menyediakan layanan gratis dan berbayar yang mulai dikembangkan untuk tujuan pribadi dan bisnis.

  1. WordPress Sebagai Raja Platform Blog ( Tahun 2018)

Sekarang semua orang tidak ada yang tidak mengenal WordPres. Inilah perjalanan WordPress yang harus diakui sebagai salah satu bagian dari sejarah perkembangan blog di dunia. Semua orang akan mengenal WordPress karena WordPress menjadi CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Mengapa Harus Punya Blog ?

Sebagai kaum millenial menjadi seorang influencer memang menjadi keuntungan yang sangat besar. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang influencer. Salah satunya adalah menonjolkan kemampuan diri dan minat melalui blog. Nah ini hanya salah satu manfaat dan alasan harus memiliki blog. Masih ada banyak keuntungan lain dengan memiliki blog, seperti dibawah ini.

√ Menuangkan hobi menulis

Pada jaman dahulu menjadi penulis sering menjadi bahan cibiran. Hal ini karena dilihat profesi penulis tidak akan menghasilkan uang. Tapi sekarang justru banyak kaum muda yang ingin menjadi penulis. Nah dimana harus menulis? Jika jawabannya hanya di buku atau catatan, maka hasilnya memang tidak terlalu memuaskan.

Coba saja menulis di blog dan lihat apa saja reaksi sosial yang Anda dapatkan. Blog akan menjadi sarana untuk menulis. Anda bisa menulis apa saja dan kapan saja. Bahkan Anda bisa menulis sesuai tema yang disukai seperti makanan, traveling, kesehatan sampai tema-tema yang unik.

√ Sebagai portofolio

Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan sesuai profesi memang lebih sulit karena begitu banyak pesaing. Namun ada cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kelebihan dan kemampuan yang Anda miliki. Salah satunya dengan memiliki blog yang akan menjadi portfolio. Dalam sebuah blog yang dirancang untuk portfolio maka Anda bisa mengeluarkan dan menuliskan semua hasil karya.

Dan tentu saja ini juga bisa menjadi langkah untuk menentukan profesionalitas dalam bidang yang Anda minati.

√ Sebagai media terbuka

Saat ini blog juga bisa digunakan sebagai sumber media terbuka. Anda bisa menentukan tema yang disukai kemudian membuka blog untuk umum. Anda bisa merekrut penulis dan membuat mereka menulis dengan akun nama mereka sendiri. Nah akhirnya blog menjadi sebuah media yang sangat terbuka.

√ Untuk mencari penghasilan

Nah jika blog digunakan sebagai salah satu sarana untuk mencari penghasilan, maka inilah tujuan banyak pemilik blog. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari tulisan atau media yang ditulis pada sebuah blog.

Jika Anda memiliki banyak pengikut pada sosial media maka penting untuk mengembangkan review dalam blog. Kemudian Anda juga bisa mendapatkan uang dari Google Ads, dimana keuntungan didapatkan dari iklan yang masuk ke blog dengan traffic yang tinggi.

Nah jika Anda pintar dalam mendapatkan atensi publik maka Anda bisa menggunakan blog untuk mendapatkan endorsment sebuah produk. Saat ini banyak sekali produk yang mencari blogger untuk menulis atau mengulas tentang produk mereka.

Lalu cara yang lain adalah dengan membuka jasa penulisan, fotografi, ilustrasi dan cara lain dari blog Anda. Tentu saja Anda harus membuat blog sesuai keahlian Anda.

Macam – Macam Blog

Setelah Anda mengetahui apa itu blog, sejarah blog, dan manfaat blog maka Anda juga harus tahu tentang macam-macam blog. Setiap jenis blog memiliki fungsi sendiri. Jika Anda berniat untuk masuk ke dalam dunia blogger maka lihat dulu jenis blog dibawah ini, sehingga Anda bisa membuat keputusan.

1. Personal Blog Atau Blog Pribadi

Jika Anda memang baru mencoba masuk ke dalam dunia blog maka ini adalah jenis blog yang sangat sesuai. Karena ini bersifat pribadi maka Anda bisa menulis atau mengisi blog sesuai yang Anda inginkan. Apakah itu tentang catatan perjalanan, makanan dan berbagai topik yang Anda ingin bagi dengan pengguna internet.

Tujuan dari blog ini untuk menikmati blog sebagai media tulis. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog ini memang peluangnya tidak terlalu besar, tapi tetap ada kesempatan.

2. Authority Blog

Lalu ada juga blog otoritas yang biasanya dibuat oleh blogger penuh waktu. Mengapa ? karena blog ini membutuhkan ahli dari setiap topik yang diangkat dalam blog. Model blog ini cenderung bergerak dengan niche atau ceruk yang sama atau berkaitan.

Blog ini bisa mendapatkan lalu lintas yang tinggi dari keuntungan sosial media. Misalnya menyebar isi blog melalui Twitter, Facebook, Pinterest dan berbagai sosial media yang lain. Meskipun model blog ini menggunakan SEO tapi biasanya isi materi blog tidak bergantung dengan keyword. Blog model ini biasanya juga mengembangkan berbagai topik yang sangat luas sehingga memiliki banyak penggemar.

3. Niche Blog

Nah berbeda dengan blog otoritas maka jenis blog ini sangat bergantung dengan kata kunci pada setiap artikel yang di publish. Hal ini karena blog bekerja penuh untuk mendapatkan angka pencarian tertinggi pada sebuah mesin pencari. Pemilik blog atau freelancer yang bekerja untuk blog akan melakukan riset tentang kata kunci melalui mesin pencari dan tool dari mesin pencari seperti Google.

Ketika satu kata kunci sudah ditetapkan maka mesin pencari akan mencari backlink sehingga artikel bisa muncul pada halaman pertama. Blog seperti ini biasanya memiliki satu bidang dalam satu blog misalnya blog kesehatan, parenting, kehamilan dan jenis tema lain yang sering banyak dicari dalam mesin pencari.

Tujuan utama dari blog ini juga untuk mendapatkan penghasilan baik itu dari iklan, Google Ads maupun cara yang lain.

4. Blog Bisnis atau Perusahaan

Mengikuti perkembangan zaman ternyata semua bisnis atau perusahaan atau  bahkan usaha kecil juga ingin masuk ke dalam mesin pencari. Ini karena konsumen atau klien selalu berusaha mencari informasi sebelum menghubungi atau menggunakan sebuah produk dari perusahaan tertentu.

Akhirnya munculah blog perusahaan yang biasanya berisi informasi tentang sejarah, visi misi, produk dan berbagai informasi lain. Blog ini tidak berfungsi untuk mencari uang tapi untuk mengenalkan perusahaan itu sendiri dan juga sebagai lambang profesionalitas perusahaan.

5. Spam Blog

Lalu ada juga istilah Spam Blog. Sesuai dengan namanya blog ini biasanya tidak memiliki kualitas seperti empat blog diatas. Blog diberdayakan dengan software khusus sehingga isi dari blog bisa didapatkan dari web lain. Tentu saja dalam hal ini memang melanggar hak cipta karena itu memang sering dihapus oleh mesin pencari seperti Google.

Nah setelah mengerti apa itu blog? Apakah Anda ingin membuat sebuah blog? Sebelumnya tetap lihat ya, pengertian blog dan tujuan blog sehingga bisa menentukan jenis blog yang akan dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here