5 Alasan Logis Mengapa Bisnis Online Anda Tidak Juga Berkembang

0
146
Tantangan Bisnis Online Di Zaman Now

Internet menawarkan peluang pasar yang sangat luas untuk Anda manfaatkan dengan optimal. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah berbisnis online.

Hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang mampu berhasil untuk mengembangkan bisnis online yang mereka rintis.
Apa alasannya?
Berikut ini 5 alasan logis mengapa bisnis online yang Anda miliki tidak juga berkembang.

1.Tidak Memperbarui Strategi

Pentingnya memperbarui strategi marketing

Strategi bisnis selalu bergerak dinamis dan senantiasa mengalami perubahan. Mungkin saja strategi yang dilakukan saat ini tidak memberikan hasil yang optimal pada 3 bulan selanjutnya.

Baca juga:
4 Tips Pemasaran Instagram Untuk Membantu Perkembangan Bisnis Online Anda

Oleh karena itu, jangan terlalu mengandalkan strategi bisnis yang lama. Tidak ada salahnya untuk menggunakan strategi bisnis dan mencoba peluang pasar yang baru.

2. Anda Meniru Strategi Pemimpin Pasar

Ikut-ikutan-tanpa-tahu-caranya

Merupakan hal yang sangat wajar, jika Anda mencoba untuk meniru strategi yang dilakukan oleh pemimpin pasar. Hal yang jarang disadari adalah apa yang berhasil untuk orang lain belum tentu berfungsi dengan baik saat Anda terapkan.
Buatlah strategi bisnis yang asli saat Anda menjalankan sebuah bisnis online.

3. Anda Tidak Fokus Membangun Pengunjung

followup-pengunjung-menjadi-calon-buyer

Saat akan memulai bisnis online, jangan terlalu berfokus pada tampilan website yang Anda miliki. Bisnis online yang dimiliki akan perlahan mati, jika Anda tidak fokus membangun lalu lintas pengunjung di dalamnya.

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun lebih banyak pengunjung masuk ke dalam website Anda. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan membuat tulisan yang bermanfaat untuk para pembaca.

4. Anda Terlalu Bergantung Pada Media Sosial

Selain media sosial anda perlu mengembangkan platform lain

Media sosial memang bisa menjadi salah satu platform yang akan mendukung perkembangan bisnis Anda. Hanya saja, jika Anda terlalu bergantung pada platform ini, maka Anda kehilangan pelanggan potensial yang ada di berbagai platform yang lainnya.

Gunakan berbagai platform yang akan mendukung perkembangan bisnis online yang sedang Anda jalankan.

Misalnya Anda ikut berjualan di Marketplace yang saat ini lagi trending, selain itu Anda juga punya rencana jangka panjang yaitu dengan membuat website bisnis Anda, terserah mau seperti apa bentuknya yang pasti sebagai identitas dari bisnis Anda untuk melakukan branding, pun bisa digunakan untuk sarana penjualan (toko online).

5. Anda Tidak Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Bangun hubungan baik dengan customer

Agar Anda bisa mengubah pengunjung untuk menjadi seorang pelanggan, maka Anda harus bisa berhubungan dan memberikan pesan yang bermanfaat untuk mereka.

Baca juga: 10 Digital Marketing Tools Untuk Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Bangunlah sebuah hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda. Misalnya saja, Anda bisa membalas setiap pesan saat mereka bertanya, memberikan bonus untuk pembelian yang kedua, menawarkan diskon tertentu, dan membangun kepercayaan mereka dengan memberikan informasi yang tepat.

Jika Anda hanya berfokus pada penjualan dan tidak berusaha untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Maka bisa dipastikan bisnis online yang Anda rintis perlahan-lahan akan menurun dan kehilangan pelanggan.

5 alasan di atas merupakan faktor-faktor yang bisa membuat bisnis online kehilangan pelanggan dan akhirnya tidak berkembang di masa depan.
Semoga bisa Anda jadikan motivasi untuk membuat bisnis online yang lebih baik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here